fbpx
BerandaKesehatan LainnyaAlasan Perlu Memakai Sunscreen

Sebagian besar dari kita sudah mengenal apa yang namanya sunscreen atau tabir surya. Akan tetapi, kebanyakan orang tidak mengetahui seberapa pentingnya produk sunscreen untuk kesehatan kulit kita. Bahkan, ada pula orang yang beranggapan kalau penggunaan krim pelindung cahaya matahari ini tidak begitu diperlukan. Nah, berikut ini Tim Jovee akan coba jelaskan alasan mengapa kita sangat membutuhkan perlindungan kulit ini dari sinar matahari.

alasan-perlu-memakai-sunscreen

Pentingnya Menggunakan Sunscreen 

Walaupun sinar matahari adalah sumber vitamin D yang baik, paparan secara langsung, dalam waktu tertentu (antara 10 pagi sampai 4 sore), dan dalam waktu yang lama bisa menyebabkan kerusakan pada kulit. Oleh karena itu, di sinilah peran sunscreen sangat diperlukan. 

Produk sunscreen umumnya dianggap sebagai bagian dari produk kosmetik. Namun, sebenarnya penggunaan tabir surya ditujukan bagi siapa saja, khususnya mereka yang sering terpapar sinar matahari. 

Sekarang ini pun sudah ada banyak sekali merek yang mengeluarkan produk anti-sinar UV tersebut, baik untuk laki-laki ataupun perempuan. Bahkan, kita akan mudah menemukan tabir surya yang dikhususkan untuk anak-anak. Sebelum menggunakannya, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu produk mana yang cocok untuk kulit kita.

Cara Kerja Krim Tabir Surya

Cara kerja dari tabir surya adalah dengan membuat suatu lapisan yang akan menutupi dan melindungi kulit. Lapisan tersebut akan menangkal sengatan langsung sinar UVA dan UVB yang menembus dan masuk ke dalam lapisan kulit. 

Cara kerja lapisan sunscreen tersebut umumnya terdapat pada produk sunscreen berbentuk krim berjenis physical yang memiliki kandungan aktif seperti zinc oxide dan titanium oxide. Sunscreen jenis ini juga sering dikenal sebagai sunblock. Sebab, fungsinya ialah memblokir radiasi dari matahari.

Berbeda dengan cara kerja krim berjenis physical, krim berjenis chemical membuat suatu lapisan yang terserap kulit dan bekerja mengubah sinar UV menjadi panas dan melepasnya dari kulit. 

Perbedaan mencolok dari produk physical dan chemical adalah dari efek pengaplikasiannya ke kulit. Meski jenis physical bisa menghadang lebih banyak ragam sinar UV, aplikasinya ke kulit tidak semudah jenis chemical. Jenis chemical lebih ramah dalam penggunaan sehari-hari karena teksturnya yang tipis dan mudah menyebar di kulit. Berbeda dengan physical yang sulit menyebar ke kulit dan juga perlu penggunaan berulang kali. 

Alasan Memakai Pelindung Sinar UV

Ada beberapa alasan seseorang perlu memakai krim pelindung dari sinar UV. Kebanyakan alasan yang paling utama berhubungan dengan kulit. Sebab, sinar UV itu sudah pasti akan langsung menyerang kulit.

Ada beberapa dampak buruk yang bisa terjadi apabila kita tidak menggunakan krim sunscreen. Berikut ini beberapa dampak buruk yang dapat terjadi dan jadi alasan pula mengapa seseorang perlu memakai tabir surya.

Menghindari Kulit Terbakar Matahari

Salah satu alasan seseorang sebenarnya perlu menggunakan krim tabir surya adalah untuk menghindari kulit yang terbakar. Kulit terbakar matahari itu berdampak buruk karena membuat kulit menjadi rusak dan menghitam. Di samping itu, krim pelindung kulit ini juga berguna untuk melembabkan kulit agar tidak mudah kering. 

Mencegah Kanker Kulit

Selain alasan utama untuk menghindari kulit yang terbakar, penggunaan sunscreen juga ditujukan untuk menghindari penyakit kanker kulit. Sebab, paparan sinar UV dalam jangka panjang dan terlalu sering dapat memperbesar kemungkinan kulit terkena kanker. 

Hal tersebut dikarenakan adanya radikal bebas yang berasal dari radiasi sinar matahari. Partikel berbahaya tersebut bisa langsung masuk ke kulit dan memicu pertumbuhan kanker. Penggunaan sunscreen dapat melindungi kulit agar terhindar dari bahaya tersebut. Selain itu, penggunaan sunscreen juga dapat memperlambat proses penuaan dini karena sunscreen dapat menghalangi sinar UV dari matahari yang dapat merusak kolagen di dalam lapisan kulit. 

SPF dalam Sunscreen Mana yang Terbaik?

SPF merupakan kependekan dari sun protection factor. Istilah yang sering muncul dengan angka dalam sebuah produk ini bertujuan untuk mengukur seberapa baik suatu produk melindungi dari sinar UVB. Penilaian SPF digunakan produsen untuk menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan hingga kulit mulai terbakar dengan pengaplikasian sunscreen, dibandingkan dengan kulit yang tidak memakainya. 

 

Berdasarkan Mayo Clinic, produk dengan SPF 30 sangatlah direkomendasikan ahli. Namun, kamu masih bisa menggunakan SPF di atas 50 meskipun perbedaan efeknya tidak terlalu besar. 

 

Jagalah kesehatan kulit dengan nutrisi yang memang dibutuhkan kulit. Blackmores Radiance Marine Q10 menyediakan beragam nutrisi yang baik untuk kulit seperti kolagen dan biji anggur yang dikenal dapat menjaga kulit dari penuaan dini. Cari tahu juga suplemen kulit lainnya hanya di web jovee.id. 

 

Baca juga: 

9 Nutrisi penting untuk Menjaga Kesehatan Kulit Anda

Jenis Vitamin Kulit Terbaik agar Kulit Halus Sehat

Kenali Kelainan Pigmentasi Pada Kulit, Apa Saja?

Jovee, Pusat Vitamin Personal Terlengkap

Ingin gaya hidup sehat dengan suplemen yang cocok denganmu? Unduh aplikasi Jovee di Play Store atau App Store dan temukan vitamin personalmu! Dengan Jovee, kamu juga bisa mendapatkan rekomendasi suplemen dari tim nutrisionis Jovee. Temukan berbagai vitamin asli dan terbaik, dari A ke Z(inc), hanya di Jovee.

 Penulis: Gabriela Giovanni

Referensi: 

Rostamian M. dan Hopp D. 2021. Natural Isn’t Always Better: What You Don’t Know About Sunscreen.

Mayo Clinic. 2019. Best sunscreen: Understand sunscreen options.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

disleksia

Apa Itu Penyakit Disleksia?

Kesehatan Lainnya   15/06/2021
penyebab telinga sakit sebelah kanan

Ini Diagnosa Sakit Telinga yang Umum Terjadi

Kesehatan Lainnya   23/04/2021

Kenali Ciri-Ciri Anemia dan Gejalanya

Kesehatan Lainnya   22/04/2021
test-pack-yang-bagus

Kenali Ragam Produk Test Pack Guna Mengukur Kehamilan

Kesehatan Lainnya   20/04/2021
tulang-manusia

Kenali 4 Fungsi Sistem Rangka dari Tulang Manusia

Kesehatan Lainnya   19/04/2021