fbpx
BerandaVitamin & SuplemenAmankah Redoxon untuk Ibu Hamil?

Pemenuhan nutrisi bagi ibu hamil dirasa penting. Sebab, apa yang ibu masukkan ke tubuh juga berdampak pada kesehatan anaknya. Karenanya, tak jarang para ibu mencoba berbagai tambahan nutrisi dalam bentuk vitamin atau suplemen.

redoxon untuk ibu hamil

Meski begitu, tak semua alternatif sumber nutrisi itu sesuai ekspektasi para ibu. Mereka bisa saja mendapat sebagian manfaatnya atau malah tidak sama sekali. Bahkan, salah makanan bisa berakibat buruk bagi ibu dan janinnya.

Salah satu vitamin yang sering dipertanyakan untuk ibu hamil adalah Redoxon. Pertanyaannya pun berputar soal amankah Redoxon untuk ibu hamil?

Seputar Vitamin C di Dalam Redoxon

Kandungan utama dari berbagai produk Redoxon adalah vitamin C. Nutrisi yang satu ini umum dijual di pasaran dalam bentuk suplemen. Ia pun berbeda dengan vitamin lainnya dalam hal permintaan yang lebih tinggi.

Permintaan masyarakat akan vitamin C bukan tanpa sebab. Di balik kepopuleran vitamin ini terdapat beberapa alasan yang menelatarbelakanginya.

1. Alasan Perlu Mengonsumsi Vitamin C

Antioksidan dalam vitamin C merupakan faktor utama kenapa vitamin ini lebih sering dicari ketimbang vitamin lainnya. Sifat vitamin ini dapat membantu tubuh dari radikal bebas yang dikenal dapat merusak sel dalam tubuh. Makanya, kemampuan antioksidan ini dapat mengatasi serangan radikal bebas sehingga tubuh menjadi kebal terhadap berbagai penyakit, termasuk virus.

Vitamin C juga memiliki manfaat lain dalam hal peningkatan penyerapan zat besi. Peranan ini cukup penting dalam mendukung perkembangan dan fungsi seluruh tubuh.

vitamin c

Kekurangan vitamin C dapat menimbulkan serangkaian penyakit bahkan yang paling mengerikan seperti scurvy atau skorbut. Sebaliknya, mengonsumsi terlalu banyak vitamin C juga dapat menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

Untuk mengetahui apakah vitamin ini aman dikonsumsi ibu hamil, ada baiknya kita melihat dulu takaran yang ditawarkan produk tersebut.

2. Jumlah Vitamin C Dalam Redoxon

Redoxon memiliki dua produk untuk dewasa: Triple Action dan Immune Support. Masing-masing produk memiliki jumlah takaran vitamin C yang sama, yaitu 1000 mg.

3. Rekomendasi Takaran Vitamin C untuk Tiap Usia

Lalu apakah 1000 mg itu aman untuk takaran vitamin C? Dilansir dari National Institutes of Health, asupan vitamin C (dalam satuan mg) yang direkomendasikan untuk tiap usia, dari usia muda hingga usia tua:

  • Bayi baru lahir hingga usia 6 bulan: 40 mg
  • Bayi 7-12 bulan: 50 mg
  • Anak-anak usia 1-3 tahun: 15 mg
  • Anak-anak usia 4-8 tahun: 25 mg
  • Anak-anak usia 9–13 tahun: 45 mg
  • Remaja 14–18 tahun (laki-laki): 75 mg
  • Remaja 14–18 tahun (perempuan): 65 mg
  • Dewasa (pria): 90 mg
  • Dewasa (wanita): 75 mg
  • Remaja hamil: 80 mg
  • Wanita hamil: 85 mg
  • Remaja menyusui: 115 mg
  • Wanita menyusui: 120 mg

4. Perbedaan Takaran Tiap Orang

Bila dilihat dari data di atas, ada kenaikan jumlah takaran tiap pertambahan umur. Wanita hamil dan remaja juga memiliki perbedaan sebesar 5 mg. Begitu juga dengan yang hamil dan yang menyusui. Walau begitu, ada perbedaan besar antara rekomendasi takaran berikut dengan takaran Redoxon.

Asupan harian yang dijabarkan di atas sebenarnya bisa dipenuhi dengan konsumsi buah dan sayur. Secangkir penuh stroberi mengandung 85 ml vitamin C. Ini sudah cukup untuk memenuhi asupan harian wanita hamil. Pemenuhan lainnya juga bisa didapat dari dua jeruk medium dengan total vitamin C 140 mg. Dua cangkir penuh brokoli juga cukup memenuhi vitamin C remaja hamil.

Baca juga: Cegah Defisiensi Vitamin C dengan Konsumsi Buah dan Sayur Ini

Selain itu, takaran di atas bisa berbeda pula pada orang yang merokok atau terkena asap rokok. Sebab, paparan asap rokok mengandung radikal bebas yang menyerang tubuh. Agar menyeimbangi radikal bebas yang datang terus-menerus, asupan vitamin C akan meningkat pula jadinya. Sehingga, orang yang merokok ini membutuhkan 35 mg vitamin C tambahan dari orang yang tidak merokok lainnya.

Ada beberapa orang juga yang memerlukan tambahan asupan vitamin C selain perokok. Bayi yang minum susu sapi yang dipanaskan jadi salah satunya. Susu sapi yang akan kehilangan vitamin C, terlebih sekarang banyak susu yang memang tak mengandung banyak vitamin C. Hasilnya, saat dipanaskan, susu tersebut akan kehilangan vitamin C yang terlanjur sedikit tersebut.

Susu sapi sendiri tidak dianjurkan sebagai pengganti ASI bagi bayi di bawah 1 tahun. Sebab, nutrisi vitamin C di dalam ASI lebih terjaga takarannya ketimbang susu sapi. Produk susu formula bisa menjadi alternatif karena punya asupan vitamin C yang dibutuhkan bayi.

Baca juga: Vitamin C untuk Bayi : Keamanan, Khasiat, dan Dosis

Dalam pemenuhan vitamin C harian, orang yang punya variasi makanannya terbatas juga termasuk orang yang mengalami kendala mendapatkan vitamin C yang cukup. Begitu juga mereka yang terkendala kondisi medis tertentu. Misalnya saja orang yang punya penyakit malabsorbsi, beberapa jenis kanker, dan penyakit ginjal yang membutuhkan proses pencucian darah.

5. Batas Maksimal Takaran Vitamin C Tiap Usia

Melihat perbedaan yang signifikan tersebut, ada baiknya kita juga mempelajari ambang batas asupan vitamin C tiap usia. Masih dilansir dari sumber yang sama, batas maksimal vitamin C untuk tiap usia adalah:

  • Bayi baru lahir hingga 12 bulan: Tidak ditentukan
  • Anak-anak 1–3 tahun: 400 mg
  • Anak-anak 4–8 tahun: 650 mg
  • Anak-anak 9–13 tahun: 1,200 mg
  • Remaja 14–18 tahun: 1,800 mg
  • Dewasa: 2,000 mg

Jika melihat data di atas, disimpulkan bahwa kandungan Redoxon masih dalam batas aman bagi remaja dan ibu mengandung. Namun, sesuai dengan data sebelumnya, takaran vitamin C Redoxon untuk ibu hamil lebih dari yang dibutuhkan dosis normalnya, yakni 80 mg untuk remaja hamil dan 85 gram untuk wanita hamil.

Untuk itu, ibu hamil perlu memerhatikan dosis yang sesuai untuknya. Kelebihan vitamin C di atas takaran maksimalnya bisa memicu gangguan seperti di bawah ini.

Efek Samping Kelebihan Vitamin C

1. Dalam Skala Umum

Terlalu banyan mengonsumsi vitamin C bisa mengakibatkan berbagai masalah kesehatan berikut, meski tidak berakibat fatal:

  • Sakit perut
  • Keram
  • Diare
  • Sakit kepala
  • Mual (kemungkinan muntah)
  • Sulit tidur
  • Maag

Berbagai kondisi di atas masih tergolong ringan. Namun, ada masalah kesehatan yang membutuhkan perhatian lebih bila mengonsumsi vitamin dalam dosis yang banyak. Salah satunya adalah Hemokromatosis atau kelebihan zat besi.

Penderita penyakit ini tidak diperbolehkan mengonsumsi vitamin C dalam jumlah yang besar ataupun melebihi dosis. Overdosis vitamin C akan memperburuk kelebihan zat besi yang berujung pada jaringan tubuh yang rusak.

2. Dampak Kelebihan Vitamin C bagi ibu hamil

Seperti yang disebutkan sebelumnya, vitamin C mengandung antioksidan yang menjadi alasan utama mengapa ia begitu banyak peminat. Bagi ibu hamil, kandungan lain di dalam vitamin C juga penting bagi dirinya dan buah hati.

Vitamin C memiliki peranan dalam membentuk kolagen. Zat ini merupakan dasar komponen struktural dari tulang rawan, urat daging, tulang, dan kulit. Riset yang dilakukan pada binatang pun membuktikan kalau kekurangan vitamin C pada bayi yang baru lahir bisa mengganggu perkembangan mentalnya.

Melihat manfaat yang dikandung vitamin C ini tentu akan membuat ibu ingin mengonsumsi vitamin ini. Namun, perlu ditekankan lagi kalau terlalu banyak asupan vitamin juga tak baik bagi tubuh. Selain masalah yang ditimbulkan di atas, ada dampak kesehatan lainnya yang membuat ibu harus berhati-hati dalam mengonsumsi vitamin C.

Beberapa pendapat muncul terkait konsumsi vitamin C yang berlebih bagi ibu hamil. Salah satunya adalah bayi lahir prematur akibat kebanyakan mengonsumsi suplemen vitamin C. Pendapat lainnya bahkan mengemukakan kalau kelebihan vitamin C bisa menyebabkan keguguran. Ini disebabkan karena vitamin C menstimulasi siklus menstruasi yang berujung pada keguguran. Walau begitu, belum ada bukti kuat terkait hal ini.

Baca juga: Apa Efeknya Jika Tubuh Kelebihan Vitamin C?

Kesimpulan: Amankah Redoxon untuk Ibu Hamil?

Kebutuhan akan vitamin seperti Redoxon untuk ibu hamil bukan menjadi suatu keharusan. Terlebih, dosis vitamin C yang tinggi tidak terlalu dibutuhkan wanita hamil. Sebaliknya, Anda sudah bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian dari sumber makanan alami, seperti buah dan sayur.

Lantas, Redoxon atau suplemen vitamin C lainnya tidak menjadi masalah bagi ibu hamil, baik pada usia muda ataupun tua. Apalagi, manfaat dan penyajian vitamin C bisa diperoleh dengan mudah di dalam suplemen.

Meski begitu, ibu hamil tetap perlu memerhatikan dosis yang diperlukan dan jangan sampai melewati takaran maksimal bila tak ingin memicu masalah kesehatan akibat overdosis vitamin C.

Ingin mulai gaya hidup sehat? Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store sekarang! Dengan Jovee, Anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai kebutuhan personal Anda. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

blackmores untuk kulit

Ini 6 Kandungan Blackmores untuk Kulit yang Perlu Kamu Tahu

Vitamin & Suplemen   20/05/2022
vitamin-caviplex

Mengenal Vitamin Caviplex: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Vitamin & Suplemen   04/05/2022
info-pengiriman-2022

Info Pengiriman Pesanan Selama Lebaran 2022

Vitamin & Suplemen   29/04/2022
vitamin-untuk-daya-tahan-tubuh-saat-puasa

7 Rekomendasi Vitamin Terbaik untuk Daya Tahan Tubuh Saat Puasa

Vitamin & Suplemen   28/03/2022
vitamin-puasa

11 Rekomendasi Vitamin untuk Puasa agar Tetap Sehat & Kuat

Vitamin & Suplemen   24/03/2022