fbpx
BerandaVitamin & SuplemenBantu Atasi Sembelit, Ini 3 Vitamin untuk Anak yang Susah BAB

Susah BAB pada anak seringkali buat orang tua cemas. Tergantung pada tingkat keparahannya, sembelit umumnya tidak membahayakan. Kondisi ini juga merupakan keluhan yang paling sering terjadi pada anak. Gejala umum biasanya ditandai dengan berkurangnya intensitas BAB dan feses yang keras dan perih.

vitamin-untuk-anak-yang-susah-buang-air-besar

Selain makanan kaya serat, memberikan beberapa jenis vitamin seperti vitamin C, vitamin B, vitamin D, hingga magnesium dapat membantu atasi sembelit atau susah buang air besar pada anak. Berikut ini sejumlah rekomendasi vitamin untuk anak yang susah BAB. Yuk, simak sampai akhir!

1. Vegeblend 21 JR

vitamin-untuk-anak-yang-susah-buang-air-besar

Serat membantu merangsang selaput lendir di usus besar untuk mempercepat waktu proses feses di dalamnya, serta meningkatkan kandungan air dalam feses sehingga menjadi lebih lunak. Dengan begitu, mengonsumsi makanan berserat atau suplemen tinggi serat seperti Vegeblend 21 JR (Rp132.404) dapat mempermudah feses untuk dikeluarkan.

Vegeblend 21 JR terbuat dari serat 21 sayuran alami, yang juga bisa dikonsumsi harian untuk memelihara kesehatan tubuh dan meningkatkan nafsu makan anak. Berikan satu kapsul sehari untuk menjaga kesehatan pencernaan. Untuk membantu atasi sembelit anak, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter untuk dapatkan dosis yang tepat.

2. Holisticare Ester C Kids

vitamin-untuk-anak-yang-susah-buang-air-besar

Dilansir dari Medical News Today, sebuah studi tahun 2008 menemukan bahwa anak yang alami susah buang air besar atau konstipasi memiliki kadar vitamin C, folat, dan magnesium yang rendah.

Holisticare Ester C (Rp48.179) mengandung vitamin C yang dirancang khusus untuk anak, dibuat dari kalsium askorbat dan dilengkapi dengan hesperidin yang membantu proses penyerapan. Namun, perlu diingat berikan vitamin C juga dapat sebabkan efek samping seperti sakit perut, mual, hingga diare.

Memberi vitamin harian sesuai anjuran dapat membantu anak terhindar dari susah BAB. Namun, jika hendak menggunakan vitamin pada anak yang susah buang air besar, sebaiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk pengobatan yang lebih tepat.

3. Natures Plus Animal Parade

vitamin-untuk-anak-yang-susah-buang-air-besar

Selain vitamin C, kekurangan vitamin B12 dan vitamin D juga sering dikaitkan dengan sulit buang air besar. Ciri-ciri seseorang kekurangan vitamin B12 di antaranya adalah sembelit, pusing, kelelahan, hingga penurunan berat badan.

Natures Plus Animal Parade (Rp468.000) mengandung vitamin C, vitamin B kompleks, dan vitamin D. Dengan rasa yang enak, multivitamin ini juga dapat membantu tingkatkan imunitas sekaligus tumbuh kembang anak.

Penggunaan vitamin dapat membantu anak terhindar dari susah BAB. Jika anak susah BAB, sebaiknya konsultasikan pada dokter sebelum gunakan vitamin pada anak yang susah buang air besar.

Vitamin yang Perlu Dihindari Saat Anak Sembelit

Perlu diketahui, ada juga sejumlah vitamin yang sebaiknya tidak diberikan pada anak saat anak sedang susah BAB.

1. Kalsium

Kalsium dapat ditemukan dalam makanan seperti produk susu, brokoli, hingga ikan bertulang lunak seperti ikan sarden. Kalsium sangat esensial untuk menjaga kesehatan tulang dan otot. Meski jarang terjadi, terlalu banyak asupan kalsium dapat menyebabkan sembelit.

2. Zat Besi

Zat besi adalah salah satu mineral yang bisa memicu sembelit. Konsumsi terlalu banyak zat besi juga dapat sebabkan mual, muntah, dan sakit perut. Maka dari itu, penting untuk mengonsumsi zat besi sesuai dosis yang dianjurkan.

Kapan Harus Periksakan Anak ke Dokter?

Jika setelah meningkatkan asupan serat dan mengonsumsi obat OTC anak masih kesulitan buang air besar, segera periksakan anak ke dokter untuk dapatkan perawatan dan pengobatan yang lebih tepat.

Dilansir dari Mayo Clinic, ini ciri-ciri anak sedang alami sembelit. Gejala ini dapat bervariasi pada setiap anak, namun umumnya gejala sembelit anak meliputi:

  • Buang air besar kurang dari 3 kali seminggu
  • Feses yang keras, kering, dan sulit dikeluarkan
  • Sakit saat BAB
  • Sakit perut
  • Darah di feses yang keras

Selain kekurangan serat, ada banyak hal yang juga bisa sebabkan sembelit pada anak. Misalnya, perubahan pola makan, alergi susu, hingga riwayat genetik.

Perbanyak konsumsi sayur dan buah pada anak untuk cegah sembelit atau susah buang air besar. Itulah sejumlah rekomendasi vitamin untuk anak yang susah buang air besar. Penuhi kebutuhan cairan tubuh anak juga dapat mencegah sembelit anak. Pastikan anak untuk minum 8 gelas air setiap harinya.

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Pilihan Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Menyusui

Vitamin & Suplemen   27/02/2023
vitamin-untuk-paru-paru

4 Vitamin untuk Memelihara Kesehatan Paru-paru

Vitamin & Suplemen   28/11/2022
vitamin-untuk-anak-telat-bicara

5 Jenis Vitamin untuk Anak Telat Bicara

Vitamin & Suplemen   27/09/2022
vitamin-untuk-anak-terlambat-jalan

4 Rekomendasi Vitamin untuk Anak Terlambat Jalan

Vitamin & Suplemen   23/09/2022
vitamin-untuk-anak-yang-sering-batuk-pilek

7 Vitamin untuk Anak yang Sering Batuk Pilek

Vitamin & Suplemen   12/09/2022