fbpx
BerandaKesehatan LainnyaAnus Terasa Gatal, Apa Penyebabnya?

Gejala anus gatal dapat disebabkan oleh banyak hal. Selain rasa gatal, terkadang kondisi ini juga bisa disertai dengan rasa perih, kemerahan, dan mati rasa di area sekitar anus. Lalu, apa sih yang menjadi penyebab anus gatal dan cara mengatasinya? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

gejala-anus-gatal

Penyebab Anus Gatal

Umum terjadi, biasanya anus yang terasa gatal tidak mengindikasikan hal yang serius dan dapat ditangani tanpa harus konsultasi dokter.

Gejala anus gatal ini lebih sering terjadi pada pria usia antara 40 hingga 60 tahun. Ada banyak hal yang menjadi penyebab anus gatal, yang diantaranya adalah infeksi, alergi, dan lainnya.

1. Kontaminasi Tinja

Inilah mengapa kebersihan usai buang air besar sangat penting ya, Jovians. Kulit yang bersentuhan dengan feses, baik dalam jumlah besar maupun kecil dapat memicu iritasi atau alergi. Diare, mengonsumsi kopi dalam jumlah besar memiliki risiko lebih tinggi terkontaminasi tinja.

Ubah pola makan jadi lebih sehat, dapat memperbaiki gejala anus gatal. Perbanyak makanan berserat dan kurangi asupan kopi deh!

2. Infeksi

Infeksi juga akibat cacing, infeksi jamur, dan infeksi bakteri juga dapat menjadi penyebab anus gatal. Pengobatan pada infeksi bergantung pada penyebab, oleh sebab itu pastikan untuk rutin minum obat cacing setiap enam bulan sekali.

3. Dermatitis

Dermatitis pada daerah anus juga bisa sebabkan anus gatal. Dermatitis pada area anus bisa terjadi akibat pewangi pada tisu toilet, celana dalam, sabun, detergen, dan obat topikal apa pun yang bergesekan pada anus.

4. Makanan dan Obat-obatan

Berbagai makanan dapat menyebabkan atau memperparah gejala anus gatal, terutama jika makanan yang dikonsumsi meningkatkan jumlah frekuensi buang air besar. Contohnya, makanan berkafein, alkohol, toma, cokelat, produk susu, makanan pedas, hingga buah jeruk.

Sebagian besar reaksi ini bukanlah reaksi alergi ya, namun mengonsumsi makanan di atas dalam jumlah seimbang dapat mencegah gejala anus gatal. Selain makanan, obat-obatan seperti obat pencahar juga dapat meningkatkan risiko anus terasa gatal (feses yang encer/peningkatan frekuensi buang air besar).

5. Penyakit Kolorektal dan Kondisi Dermatologis

Sejumlah kondisi medis, seperti wasir dapat memperburuk gejala anus gatal. Meski umumnya tidak berbahaya, anus yang terasa gatal juga dapat disebabkan oleh kanker dubur dan kolorektal. Hanya saja, gejala anus gatal bukan satu-satunya gejala yang muncul pada kanker jenis ini ya, Jovians. Periksakan diri jika anus gatal berlangsung dalam waktu lama, dan disertai kulit bersisik, darah, atau gejala tidak biasa lainnya.

6. Menderita Penyakit Tertentu

Pada penderita diabetes mellitus, penyakit hati, penyakit ginjal, leukemia, limfoma, anemia, dan hipertiroidisme dapat memicu gejala anus gatal. Faktor psikologis seperti gangguan kecemasan dan stres juga dapat menjadi pemicu.

Seperti Apa Gejala Tambahan Anus Gatal?

Saat anus terasa gatal, kamu mungkin juga akan alami sejumlah hal berikut:

  • Sensasi panas atau perih
  • Kemerahan
  • Pembengkakan di area anus
  • Bisul

Jika gejala tidak mereda atau bertambah parah dalam beberapa hari, periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut mengenai pengobatan.

Perawatan di Rumah

Gejala anus gatal ringan dapat diobati di rumah. Dilansir dari Healthline, kamu bisa coba beberapa cara ini untuk mengurangi rasa gatal yang muncul.

  • Oleskan petroleum jelly ke area yang terasa gatal
  • Bersihkan anus dengan air dan usap lembut, satu arah dari depan ke belakang saat mandi
  • Keringkan area anus secara menyeluruh setelah buang air kecil maupun besar
  • Hindari menggaruk area anus
  • Perhatikan kandungan produk mandi atau mencuci yang digunakan, pewangi atau pewarna dapat menyebabkan reaksi alergi
  • Gunakan tisu toilet yang tidak mengandung pewarna atau pemutih
  • Gunakan pakaian dalam berbahan katun yang tidak ketat
  • Saat anus terasa sangat gatal, metode sitz bath dapat dicoba untuk mengurangi rasa gatal
  • Gunakan obat otc sesuai dengan keluhan, namun sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar pemberian obat tepat dan efisien

Jika anus yang gatal disertai pendarahan atau tidak kunjung reda dalam jangka waktu lama, segera periksakan diri ke dokter ya, Jovians! Demikianlah penjelasan lengkap mengenai gejala anus gatal.

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

KB yang Bagus untuk Ibu Menyusui dan Tidak Bikin Gemuk

Kesehatan Lainnya   26/02/2023

Penyakit Kulit di Tangan Bernanah, Apa Penyebabnya?

Kesehatan Kulit   26/01/2023

Urutan Pemakaian Shampo, Conditioner, dan Hair Mask yang Tepat Agar Rambut Sehat Terawat

Kesehatan Lainnya   17/01/2023
lipstik transferproof

Mengenal Lipstik Transferproof dan Tips Awet Menggunakannya

Kesehatan Lainnya   12/01/2023
letak-jerawat-dan-penyebabnya

4 Arti Letak Jerawat dan Penyebabnya

Kesehatan Lainnya   11/01/2023