fbpx

Apa Akibatnya Bila Tubuh Kekurangan Gizi?

by | Oct 23, 2020 | Gaya Hidup Sehat | 0 comments

Untuk bisa berfungsi dengan optimal, tubuh memerlukan nutrisi dari makanan. Gizi adalah komponen penting yang menjaga keseimbangan tubuh. Selain itu nutrisi juga mampu menjaga kekebalan tubuh agar kita dapat terhindar dari berbagai macam infeksi. Jika seseorang mengalami kekurangan gizi, tubuh dapat menjadi lebih mudah untuk terjangkit infeksi. Nutrisi membantu tubuh untuk dapat berfungsi dengan baik. Lalu bagaimana jika tubuh kekurangan gizi? Apa saja ciri-ciri yang menandakan bahwa tubuh mengalami kurang gizi?

 

Pentingnya Zat Gizi Bagi Tubuh

Gizi adalah hal yang berperan penting dalam menjaga fungsi tubuh. Ketika Anda mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang, nutrisi yang dibutuhkan tubuh menjadi cukup dan terpenuhi. Bahkan menurut U.S Department of Health and Human Services, kebiasaan pola makan yang buruk berkontribusi pada kejadian obesitas (berat badan berlebih) di Amerika Serikat.

Selain itu, pola makan yang buruk bahkan dikaitkan dengan beberapa penyakit kronis termasuk penyakit jantung, hipertensi (tekanan darah tinggi), diabetes tipe 2, osteoporosis, dan jenis kanker tertentu. Oleh karena itu, dengan memiliki mengonsumsi makanan yang sehat, Anda telah melakukan satu langkah benar dalam mencegah berbagai penyakit.

 

Ciri-Ciri Kurang Gizi Pada Tubuh

Kekurangan gizi atau malnutrisi tentu bukan hal yang dapat dianggap sepele. Jika berlangsung secara terus menerus, hal ini dapat menimbulkan masalah pada kesehatan. Terutama  jika malnutrisi terjadi pada anak-anak, tidak hanya membuat anak lebih rentan terhadap berbagai infeksi, namun juga dapat menghambat tumbuh dan kembang si kecil.

Meski begitu, Anda dapat membuat perubahan pola hidup jika mengalami kurang gizi. Berikut ini ciri-ciri kurang gizi yang dapat terjadi pada Anda atau orang-orang di sekitar Anda.

1. Penurunan Berat Badan

Ciri kurang gizi pertama yang menandakan Anda atau orang-orang di sekitar Anda mengalami malnutrisi adalah penurunan berat badan. Penurunan berat badan umumnya disebabkan oleh turunnya jumlah asupan makanan atau nutrisi. Meski begitu belum tentu semua penurunan berat badan dapat dikaitkan dengan kejadian kekurangan gizi. Beberapa penyakit juga bisa ditandai dengan penurunan berat badan, namun umumnya terjadi secara signifikan.

2. Kesulitan Konsentrasi

Siapa sangka, ternyata kesulitan konsentrasi bisa menjadi tanda bahwa Anda mengalami kekurangan gizi. Ketika Anda kesulitan berkonsentrasi, bisa jadi Anda sedang mengalami gangguan kesehatan akibat malnutrisi. Beberapa masalah kesehatan yang dapat membuat Anda sulit berkonsentrasi adalah anemia dan kekurangan vitamin A (KVA).

3. Kulit Pucat

Kulit pucat ternyata terjadi bukan hanya ketika Anda sakit, namun juga saat Anda mengalami kekurangan gizi atau malnutrisi. Biasanya bagian tubuh yang paling terlihat ketika Anda mengalami malnutrisi  adalah warna bibir yang menjadi pucat.

4. Rambut yang Kering dan Rontok

Ketika Anda mengalami malnutrisi, tidak hanya kulit yang menjadi pucat atau tubuh yang mengalami penurunan berat badan. Tetapi rambut juga bisa menjadi kering dan rontok. Rambut yang kering dan rontok menandakan bahwa Anda mengalami kekurangan nutrisi. Biasanya rambut dapat berubah warna menjadi kecoklatan kering dan rontok.

5. Mudah Lelah

Tubuh yang kekurangan nutrisi, membuat tubuh menjadi lebih mudah lelah. Hal ini karena tubuh jadi tidak menjalankan fungsinya dengan baik. Anda dapat mencegahnya dengan mengonsumsi makanan-makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi.

Itulah ciri kurang gizi atau malnutrisi yang perlu Anda ketahui. Perlu diperhatikan bahwa kondisi malnutrisi bukanlah hal yang sepele karena dapat menimbulkan masalah kesehatan serius di kemudian hari dan bila terjadi pada anak dapat menghambat tumbuh kembang anak.

Ingin tahu apakah gaya hidupmu sudah sehat? Unduh aplikasi Jovee! Dengan Jovee anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Brands