fbpx
BerandaKesehatan LainnyaApa Manfaat Mugwort untuk Wajah?

Ditemukan punya banyak manfaat luar biasa untuk kulit, mugwort kini menjadi bahan skincare yang banyak diminati orang-orang. Awalnya, tren mugwort ini datang dari negri ginseng, Korea Selatan.Sejak zaman dahulu, masyarakat Korea telah menggunakan tanaman herbal ini dalam pengobatan tradisional. Berkat kandungan antiinflamasi yang dimilikinya, kini mugwort juga digunakan sebagai bahan skincare, seperti masker wajah. Apa saja manfaat mugwort untuk wajah? Yuk, simak 7 manfaat mugwort untuk wajah berikut!

manfaat-mugwort-untuk-wajah

Apa itu mugwort?

Mugwort atau Artemisia vulgaris merupakan tanaman dengan bunga kuning yang berasal dari Asia dan Eropa. Meski ada berbagai spesies mugwort yang tumbuh di belahan bumi utara, mugwort yang paling populer saat ini adalah mugwort Korea, yang juga dikenal sebagai yomogi di Jepang.

Sejak zaman dahulu, mugwort telah digunakan sebagai ramuan dalam pengobatan tradisional Korea dan Cina, termasuk produk perawatan kulit dan memasak. Dikenal sebagai bahan penghangat, mugwort juga sering digunakan dalam mandi herbal untuk membantu menenangkan otot dan relaksasi.

Dikenal sebagai ssuk (쑥), legenda Korea menceritakan bahwa mugwort telah muncul sejak penciptaan dinasti Korea pertama, menurut Jenelle Kim, seorang ahli herbal, dilansir dari Allure.

Menurut mitologi Korea, beruang dan harimau ingin menjadi manusia. Sehingga Hwanung, putra ‘Penguasa Surga’ menguji mereka dengan memasukkan mereka ke dalam gua dengan beberapa mugwort dan bawang putih dan menyuruh mereka menunggu di sana selama 100 hari.

Sang beruang merasa cukup setelah 21 hari, namun beruang itu tetap sabar dan berubah menjadi seorang wanita bernama Hwanung yang kemudian melahirkan Dangun, yang mendirikan dinasti pertama Korea. Inilah awal mula mengapa mugwort banyak digunakan dalam makanan dan pengobatan tradisional Korea.

Di sisi lain, mugwort juga dipercaya memiliki hubungan dengan Artemis, dewi kelahiran dan kesuburan Yunani yang dikenal karena melindungi wanita dan anak perempuan. Sudah menjadi kebiasaan bagi wanita Korea untuk minum teh mugwort agar siklus menstruasi lancar dan membantu meredakan gejala kram saat haid.

Kini, mugwort secara khusus telah menjadi bahan yang paling diinginkan dalam produk perawatan kulit untuk membantu menjaga kesehatan kulit. Terutama bagi kamu yang punya kulit sensitif berjerawat, mungkin skincare dengan kandungan utama mugwort tepat untuk bantu atasi masalah kulitmu.

Manfaat mugwort untuk wajah

Mugwort memang punya banyak kesehatan bagi tubuh, tetapi khasiatnya yang paling diakui merupakan kemampuannya untuk merawat dan memperbaiki kulit.

Berkat sifat yang menenangkan dan antiinflamasi, mugwort efektif digunakan pada pemilik kulit kering dan iritasi. Rachel Nazarian, seorang dokter kulit, dilansir dari Alluremengatakan bahwa mugwort merupakan pengobatan yang cocok untuk kondisi kulit seperti eksim, dermatitis atopik, dan psoriasis.

Lebih tepatnya, kandungan vitamin E dalam mugwort inilah yang membantu menjaga kelembapan dan elastisitas kulit. “Mugwort juga dapat membantu meredakan kemerahan pada kulit,” tambahnya.

Selain kandungan antiinflamasi, mugwort juga bertindak sebagai antioksidan, yang membantu mencegah kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet, serta stimulator kolagen yang membantu mengurangi munculnya garis-garis halus tanda penuaan.

Meski uji klinis mugwort pada jerawat belum dilakukan, kandungan yang ada dalam tanaman ini diyakini dapat mengurangi peradangan sekaligus membunuh bakteri jerawat.

Jadi, jika kulitmu alami iritasi dari faktor eksternal (sinar matahari, polusi, atau skincare yang tidak cocok) ataupun pemilik kulit sensitif berjerawat, menggunakan masker mugwort seperti Whitelab Mugwort Pore Clarifying Mask (Rp 71.909) bisa membantu atasi masalah kulitmu.

Dr. Marisa K. Garshick, dilansir dari The Zoe Report, menyetujui hal ini. “Mugwort bersifat menenangkan, sehingga dapat membantu merawat kulit kering dan iritasi. Selain itu, mugwort juga telah terbukti dapat memperbaiki kulit kering pada mereka yang menderita dermatitis atopik,” ucapnya.

Ia juga menambahkan, “Ini juga baik untuk mereka yang memiliki kulit berjerawat karena manfaat antibakteri dan antiinflamasi. Adapun manfaat antioksidan di dalamnya juga bisa membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.”

Apa ada efek samping dari mugwort?

Meski mugwort memberi banyak manfaat untuk sebagian besar jenis kulit termasuk kulit sensitif, dr. Garshick tetap menyarankan untuk tetap berhati-hati dalam penggunaan mugwort.

Secara umum, pemilik kulit sensitif perlu untuk selalu berhati-hati dalam memasukkan produk baru ke rangkaian rutinitas skincare harian. Maka dari itu, sebelum menggunakan masker mugwort atau produk perawatan wajah lainnya dengan kandungan yang belum pernah kamu gunakan sebelumnya, sebaiknya lakukan uji tempel kecil terlebih dahulu.

Oleskan sedikit produk ke bagian dalam pergelangan tangan kamu (kulit yang paling lembut) setiap hari selama tiga hingga lima hari. Jika tidak muncul gejala iritasi seperti kemerahan dan gatal, kamu dapat gunakan masker mugwort dengan aman.

Secara keseluruhan, mugwort adalah bahan yang efektif untuk menenangkan kulit yang paling sensitif sekalipun. Mugwort menawarkan manfaat antiinflamasi, antibakteri, anti jamur, dan bahkan melindungi kulit dari efek jahat radikal bebas.

Demikianlah manfaat mugwort untuk wajah yang perlu kamu ketahui. Simak informasi seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat suplemen dan vitamin personalmu. Temukan juga berbagai produk perawatan kulit dengan harga hemat dan gratis ongkir hanya di Jovee.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

eosinofil-tinggi

Mengenal Eosinofil dan Fungsinya Bagi Tubuh

Kesehatan Lainnya   28/06/2022
minyak-esensial

4 Tips Membeli Minyak Esensial

Kesehatan Lainnya   27/06/2022
dna-fragmentation-index

Mengenal DNA Fragmentation Index (DFI)

Kesehatan Lainnya   26/06/2022
bahaya-klorin-di-pembalut

Ketahui Bahaya Klorin pada Pembalut Wanita

Kesehatan Lainnya   25/06/2022
bahaya-lsd

Kenali Bahaya LSD, Narkotika Penyebab Halusinasi

Kesehatan Lainnya   24/06/2022