fbpx
BerandaKesehatan KulitApa Perbedaan Biang Keringat dan Jerawat pada Wajah?

Biang keringat dan jerawat sekilas memang terlihat mirip, tapi sebenarnya merupakan kondisi kulit yang sangat berbeda. Terlebih jika muncul di area wajah, tampilannya yang mirip bisa buat kamu bingung mengenai perbedaannya.

biang-keringat-di-wajah

Nah, di artikel berikut ini Jovee akan menjelaskan secara lengkap mengenai perbedaan biang keringat dan jerawat pada wajah. Yuk, simak selengkapnya!

Perbedaan biang keringat dan jerawat pada wajah

Sama-sama terlihat seperti bentol kecil berwarna merah, banyak orang salah mengira mengenai biang keringat dan jerawat. Bahkan, keduanya juga sama-sama dapat muncul di banyak area tubuh, termasuk wajah.

Penanganan yang salah dapat sebabkan biang keringat maupun jerawat bertambah parah loh. Nah, berikut ini sejumlah perbedaan biang keringat dan jerawat di wajah yang bisa kamu jadikan acuan.

1. Tampilan luar

Sekilas memang mirip, tapi jika diperhatikan lebih jelas, jerawat dan biang keringat punya tampilan yang cukup berbeda loh! Menurut Mens Health, jerawat biasanya tidak muncul dalam jumlah banyak dan berisi cairan nanah putih di tengahnya.

Selain di wajah, jerawat juga umum untuk muncul di area punggung dan dada. Sementara, biang keringat lebih terlihat seperti ruam dengan benjolan kemerahan. Tak hanya itu, biang keringat juga berukuran lebih kecil dari jerawat, menyebar dan tidak mengandung nanah di dalamnya.

2. Pemicu

Pemicu jerawat dan biang keringat di wajah itu sama, yakni tersumbatnya pori-pori. Hanya saja pada jerawat, kelenjar minyak tersumbat oleh bakteri, kuman, dan sel-sel kulit mati. Bakteri ini kemudian menyebabkan infeksi, yang pada akhirnya memicu jerawat.

Berbeda dengan jerawat, biang keringat disebabkan oleh tersumbatnya kelenjar keringat oleh bakteri ataupun sel kulit mati. Aliran oksigen dari luar ke kulit yang tidak lancar, memicu bejolan kecil kemerahan. Inilah mengapa aktivitas olahraga dan cuaca panas menjadikan seseorang rentan terkena biang keringat.

3. Gejala

Mengetahui perbedaan gejala dapat membuat kamu lebih mudah membedakan jerawat dan biang keringat di wajah. Jerawat biasanya terasa sakit dan gatal di bagian jerawat karena radang yang ditimbulkan. Sementara, biang keringat terasa perih dan gatal yang hebat dan terkadang juga disertai demam.

Selain itu, biang keringat tidak menyisakan bekas seperti jerawat. Selain itu, biang keringat umumnya sembuh dalam 2 hingga 3 hari.

4. Cara mencegah dan mengatasi

Ada banyak produk OTC yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat dan biang keringat. Umumnya, biang keringat diatasi dengan bedak atau losion khusus.

Untuk mengatasi jerawat, kamu bisa gunakan salep khusus jerawat ataupun skincare yang mengandung benzoil peroksida, asam salisilat, asam alfa-hidroksi, retinol, tea tree oil, dan sulfur.

Hanya saja, cara mencegah kedua kondisi ini cukup berbeda. Karena biang keringat disebabkan oleh tersmbatnya kelenjar keringat oleh bakteri ataupun sel kulit mati, kamu bisa mulai biasakan hal berikut.

  • Gunakan baju yang tipis dan menyerap keringat saat cuaca sedang panas. Dengan cara ini, keringat tidak terjebak di dalam pori-pori sehingga kulit dapat bernapas dengan baik.
  • Hindari aktivitas berat di cuaca panas.
  • Segera keringkan badan dan ganti baju usai berolahraga ataupun aktivitas berat lainnya.
  • Pastikan sirkulasi udara di area rumah lancar dan baik
  • Hindari penggunaan losion atau krim yang menyumbat pori-pori
  • Perbanyak konsumsi air putih

Sementara untuk menghindari munculnya jerawat, kamu bisa lakukan langkah-langkah berikut ini.

  • Rutin cuci wajah dua kali sehari, dengan pencuci wajah yang lembut
  • Kenali tipe kulitmu. Gunakan skincare sesuai jenis kulit.
  • Konsumsi makanan bergizi seimbang, hindari makanan terlalu manis dan juga berminyak
  • Lakukan double cleansing usai menggunakan make up

Bila diperlukan, kamu juga bisa menjaga kulit dari dalam dengan mengonsumsi vitamin kulit seperti Konimex Ever E250. Mengandung vitamin E 250 IU, yang membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulitmu. Demikianlah perbedaan jerawat dan biang keringat di wajah. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 7 Cara Mencegah dan Mengobati Jerawat

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

panthenol-untuk-wajah

Mengenal 5 Manfaat Panthenol untuk Kulit Wajah

Kesehatan Kulit   07/10/2022
wajah-cerah

7 Tips untuk Dapatkan Kulit Wajah Cerah Alami

Kesehatan Kulit   06/10/2022
contoh-makanan-vegetarian

7 Contoh Makanan Vegetarian untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Makanan Sehat   04/10/2022
jus-buah-untuk-kesehatan-kulit-wajah

5 Jus Buah untuk Kesehatan Kulit Wajah

Kesehatan Kulit   30/09/2022
kacang-kacangan-yang-bagus-untuk-kesehatan-kulit

Tak Bikin Jerawat, Ini 5 Jenis Kacang yang Baik bagi Kulitmu

Kesehatan Kulit   29/09/2022