fbpx
BerandaKesehatan LainnyaApa Saja Hal yang Perlu Dilakukan Selama Persiapan Melahirkan?

Bagi perempuan, kehamilan hingga melahirkan adalah momen yang menakjubkan dalam hidup. Bagaimana tidak, selama kurang lebih sembilan bulan ibu mengandung sang Buah Hati tercinta mengalami berbagai perubahan dalam dirinya, entah itu perubahan tubuh dan tentunya perubahan hidupnya secara umum.

persiapan melahirkan

Jelang hari perkiraan lahir, ibu maupun ayah tentunya wajib melakukan serangkaian persiapan melahirkan untuk menyambut hadirnya si Kecil di dunia. Lalu, apa saja sih hal-hal yang perlu dilakukan selama persiapan melahirkan? Benda-benda apa yang harus dipersiapkan sebelum melahirkan?

Mendengar “persiapan melahirkan” mungkin sebagian besar orang merujuk kepada benda-benda yang perlu dibeli dan dibawa saat akan melahirkan. Namun, sebetulnya istilah ini juga meliputi hal-hal seperti mendapatkan informasi tentang perkembangan janin dan pemeriksaan kesehatan, aspek psikologis selama kehamilan, persalinan dan masa nifas, apa yang terjadi saat melahirkan, bagaimana teknik menyusui yang benar, hingga apa yang harus dilakukan jika sang Ibu merasakan gangguan kesehatan pasca kehamilan.

Penting untuk menjalani persiapan melahirkan sebaik-baiknya, karena bukan hanya tubuh ibu yang perlu dipersiapkan untuk proses persalinan, tetapi juga pikiran dan kesiapan mental ibu dan seluruh anggota keluarga.

Persiapan melahirkan bukan hanya untuk para calon orangtua yang akan menyambut anak pertamanya, tetapi juga untuk seluruh calon orangtua.

Berikut ini Jovee merangkum persiapan apa saja sebelum melahirkan yang penting untuk disimak para calon orangtua:

Apa Saja Hal yang Perlu Dilakukan Selama Persiapan Melahirkan?

Ikut kelas persiapan melahirkan

Ini adalah salah satu hal penting yang dapat menjadi “investasi” bagi para calon orangtua. Pilihan kelas persiapan melahirkan cukup beragam, tetapi sebagian besar kelas ini mengajarkan bagaimana teknik relaksasi, cara bernapas, berbagai posisi persalinan, berbagai pilihan obat pereda nyeri yang aman dikonsumsi ibu hamil, hingga tips-tips terkait perawatan dasar bayi yang baru lahir.

Di kelas persiapan melahirkan ini para calon orangtua juga dapat bertemu dengan orang-orang baru, lebih terkoneksi dengan pasangan, dan dapat mengajukan pertanyaan apapun tentang hari persalinan yang akan datang.

Istirahat yang cukup

Menghadapi hari persalinan bisa jadi sangat menegangkan bagi para ibu hamil, terutama bagi mereka yang baru pertama kali menjalaninya. Biasanya para ibu akan mengalami ketegangan yang teramat sangat sehingga sulit tidur di malam hari.

Pastikan ibu hamil beristirahat dengan cukup, terutama pada trimester ketiga. Istirahat yang cukup akan membantu ibu hamil merasa bugar dan nyaman. Karena itulah, cobalah istirahat lebih awal dan ambil waktu untuk tidur siang jika dibutuhkan.

Memenuhi kebutuhan nutrisi

Bukan hanya kenyang, saat hamil, ibu juga perlu memenuhi kebutuhan nutrisi yang lengkap dan tepat. Konsumsi makanan yang sehat adalah wajib. Menjelang akhir kehamilan, konsumsi makanan yang padat nutrisi, seperti daging tanpa lemak, kacang-kacangan, yogurt, ikan-ikanan, sayuran, dan biji-bijian.

Perbanyak bergerak

Proses melahirkan adalah proses yang melelahkan. Itulah sebabnya, ibu hamil disarankan untuk berolahraga dan bergerak aktif secara teratur selama kehamilan agar tubuhnya siap menghadapi tantangan ini. Ibu hamil bisa melakukan olahraga yang ringan, seperti berjalan kaki dan berenang.

Fokus pada relaksasi

Melatih mindfulness melalui meditasi, yoga, atau latihan pernapasan dalam dapat membantu melatih pikiran agar tetap fokus dan rileks di hari persalinan. Peregangan, teknik visualisasi, atau hipnosis dapat digunakan untuk meredakan rasa takut dan kecemasan.

Pra registrasi dan tur rumah sakit

Isilah dokumen rumah sakit yang harus Anda serahkan sebelum Anda tiba di rumah sakit. Hal kecil ini dapat membantu Anda agar tidak kerepotan di hari persalinan.

Scan dan simpan di e-mail atau masukkan dokumen cetak ke dalam tas yang akan Anda bawa ke rumah sakit.

Ada baiknya juga untuk melakukan tur ke rumah sakit atau rumah bersalin, baik secara langsung atau virtual, sehingga Anda dapat membayangkan di mana Anda akan melahirkan dan mempelajari situasinya.

Siapkan hospital bag

Tugas lain yang mudah dilakukan adalah mengemasi hospital bag agar siap dibawa sewaktu-waktu tanda-tanda melahirkan terlihat. Bawalah barang-barang Anda, pasangan, dan bayi baru lahir secukupnya untuk setidaknya dua hari, antara lain: baju ganti, perlengkapan mandi dan pembalut untuk ibu setelah melahirkan karena nifas, gurita untuk membalut perut ibu, kain bedong dan baju untuk bayi.

Kumpulkan support system

Ciptakan support system sebelum Anda melahirkan dengan beberapa teman dan keluarga yang siap membantu. Support system ini bisa keluarga dan teman terdekat yang bisa stand by sewaktu-waktu Anda membutuhkan bantuan.

Anda mungkin juga mempertimbangkan untuk menyewa seorang doula, baik untuk kenyamanan dan dukungan selama persalinan atau sebagai penolong pascapersalinan.

Demikianlah hal-hal terkait persiapan melahirkan yang wajib diketahui dan disiapkan para calon orangtua sebaik-baiknya. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, dan Tokopedia. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

hatha yoga untuk kecantikan

Manfaat Hatha Yoga untuk Kecantikan dan Kesehatan Perempuan

Kesehatan Lainnya   18/12/2023
cara cepat hamil setelah menikah

Cara Cepat Hamil Setelah Menikah

Kesehatan Lainnya   14/12/2023

Penyebab Menguap dan Fakta-fakta yang Menarik Diketahui

Kesehatan Lainnya   11/12/2023
manfaat daun binahong merah untuk wajah

Mengenal Manfaat Daun Binahong Merah untuk Wajah dan Kesehatan Tubuh

Kesehatan Lainnya   28/11/2023
efek bleaching rambut

Hal-hal yang Perlu Kamu Tahu Seputar Efek Bleaching Rambut

Kesehatan Lainnya   26/11/2023