fbpx
BerandaMakanan SehatApa Saja Manfaat Beta Karoten bagi Kesehatan?

Beberapa dari kalian mungkin belum tahu apa itu beta karoten. B-carotene atau beta karoten merupakan bentuk awal dari vitamin A. Zat ini banyak ditemukan di sayuran dan buah-buahan. Karena akan diubah menjadi vitamin A, beta karoten memiliki peran yang sangat penting bagi kesehatan tubuh terutama yang berkaitan dengan imunitas, kesehatan mata serta kulit.

manfaat-beta-karoten-antioksidan

Sebagai antioksidan, beta karoten berperan dalam melindungi sel tubuh dari efek radikal bebas. Karena itulah asupan beta karoten harus terpenuhi setiap hari entah dengan mengkonsumsi makanan sehat ataupun suplemen.

Sumber Antioksidan Beta Karoten Ternyata Mudah Didapatkan

Sangat jarang ditemui kasus kekurangan B-carotene. Ini karena sumber dari zat ini sangat banyak dan mudah ditemukan. Tanpa disadari, makanan yang kita konsumsi setiap hari juga banyak mengandung beta karoten. Namun ada juga beberapa orang yang lebih suka mengkonsumsi suplemen beta karoten karena dianggap dosisnya lebih tepat.

Dengan begitu tubuh tidak akan mengalami kekurangan maupun kelebihan zat tersebut. Adapun jenis makanan yang menjadi sumber B-carotene diantaranya adalah:

  1. Sayuran dengan warna hijau gelap seperti bayam, kangkung, dan kale, brokoli, selada serta romaine
  2. Sayuran dan umbi berwarna oranye terang seperti wortel, labu oranye, paprika
  3. Buah-buahan berwarna oranye, kuning tua seperti blewah, tomat, dan sebagainya
  4. Cabai
  5. Parsley
  6. Ubi jalar berwarna merah-oranye

Pada umumnya makanan yang sehat banyak mengandung B-carotene. Misalnya saja dengan mengkonsumsi 99 gram wortel mentah, maka beta karoten yang didapatkan sebesar 8,2mg. Kandungan beta karoten akan meningkat jika mengkonsumsi wortel yang sudah dimasak. Ini karena kadar air pada wortel hilang sehingga kandungan beta karoten menjadi naik.

Supaya penyerapan beta karoten lebih maksimal, kombinasikan jenis makanan yang disebutkan diatas dengan lemak sehat seperti alpukat dan minyak zaitun.

Manfaat Beta Karoten (B-carotene) bagi Kesehatan

Banyak yang mengira beta karoten adalah nama lain dari vitamin A. Hal tersebut tentu saja keliru karena B-carotene merupakan zat yang belum diubah menjadi vitamin A. Jenis zat ini banyak dijumpai pada tumbuh-tumbuhan. Karena itu pemenuhan akan asupan beta karoten lebih dianjurkan dengan mengkonsumsi makanan sehat. Ada banyak manfaat yang dimiliki oleh beta carotene, beberapa diantaranya adalah:

1. Menangkal radikal bebas

Salah satu manfaat beta karoten yang sangat vital adalah sebagai molekul antioksidan. Betakaroten dan jenis vitamin A lainnya berfungsi dalam pembentukan dan pemeliharaan membran sel dan sel epitel pada tubuh seperti pada pernapasan, pencernaan, dan reproduksi. Inilah mengapa beta karoten dapat menangkal radikal bebas yang bisa memicu kerusakan sel hingga penyakit kronis.

Sebuah penelitian menunjukkan, seorang yang rutin mengkonsumsi buah dan sayuran, lebih kecil risiko terkena kanker ataupun penyakit jantung.

2. Menjaga kesehatan paru-paru

Mengapa konsumsi buah dan sayuran sangat dianjurkan setiap hari? Ada banyak manfaat yang akan dirasakan jika rutin mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya akan kandungan beta karoten. Salah satunya adalah menjaga kesehatan paru-paru. Memang pemenuhan akan kebutuhan beta karoten bisa dilakukan dengan mengkonsumsi suplemen. Tapi jika dosisnya tinggi, malah akan memicu permasalahan sel epitel pada pernapasan, yang mana sel epitel dapat bertumbuh tidak normal.

3. Menurunkan risiko degenerasi makula

Fungsi beta karoten lain adalah menjaga kesehatan dan fungsi mata. Degenerasi makula merupakan gangguan mata yang disebabkan oleh faktor usia. Dengan mengkonsumsi beta karoten yang dikombinasikan dengan vitamin C, vitamin E, zinc, serta tembaga, dapat menurunkan tingkat keparahan penyakit tersebut hingga 25%.

4. Memperlambat penurunan fungsi otak

Penurunan kemampuan kognitif bisa diatasi dengan rutin mengkonsumsi suplemen beta karoten. Manfaat beta carotene ini bisa dirasakan hingga jangka panjang. Jadi jika ingin fungsi otak tetap maksimal hingga usia lanjut, biasakan mengkonsumsi makanan sehat atau bisa juga dengan menambahkan suplemen beta karoten.

Seberapa amankah mengkonsumsi suplemen antioksidan beta karoten?

Biasanya, beta karoten dan vitamin A lainnya aman dikonsumsi hingga maksimal 10x jumlah yang dianjurkan dalam pedoman kecukupan gizi. Karena vitamin A merupakan vitamin larut lemak, kelebihan vitamin A akan disimpan dalam jaringan lemak. Masalahnya adalah, kadar vitamin A yang terlampau berlebihan, dapat menjadi racun atau toksik.

Suplemen beta karoten tersedia dalam dua bentuk yaitu tablet dan kapsul. Jenis suplemen ini cenderung aman untuk dikonsumsi selama sesuai dengan takaran. Konsumsi suplemen beta karoten dalam dosis tinggi tidak direkomendasikan untuk ibu hamil dan menyusui. Untuk perokok, pemakaian suplemen beta karoten justru akan meningkatkan risiko gangguan prostat, usus besar, dan paru-paru. Karena itulah bagi perokok, sebaiknya hindari konsumsi suplemen beta karoten.

Menurut Kelvin Halim, tim nutrisionis Jovee, betakaroten merupakan salah satu jenis bentuk awalan vitamin A atau yang sering disebut sebagai provitamin A. Betakaroten sendiri terbentuk dari sumber makanan nabati seperti sayuran berwarna oranye dan berdaun hijau tua. Betakaroten sendiri dapat diserap lebih baik oleh tubuh bila dikonsumsi bersama protein dan lemak karena vitamin A merupakan vitamin larut lemak, sehingga disarankan untuk dimasak terlebih dahulu.

Betakaroten memiliki fungsi seperti vitamin A untuk kesehatan mata. Selain untuk mata, vitamin A menjaga struktur lapisan sel pada beberapa bagian tubuh seperti kulit, pernapasan, dan sistem reproduksi. Sehingga, mengonsumsi betakaroten yang cukup dapat menjaga kulit sehat serta menjaga organ reproduksi kita.Anda dapat menemukan betakaroten di produk Konilife Vision (Rp192.500) di Jovee.

– – – – – –Editorial Pick– – – – – –
Jenis Makanan Mengandung Betakaroten Tinggi
Konsumsi makanan mengandung zat besi untuk Tubuh Lebih Sehat
Makanan Sehat untuk Anda yang Sedang Menjalankan Promil
7 Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan Tubuh
7 Manfaat Toge untuk Kesehatan
Manfaat Putih Telur untuk Kesehatan Tubuh

Efek samping pemakaian suplemen beta karoten

Meski beta karoten termasuk zat yang mudah ditemukan pada buah dan sayuran, tetap saja suplemen beta karoten menjadi produk yang paling dicari. Suplemen lebih praktis dan memiliki kandungan beta karoten yang cukup tinggi. Namun jika pemakaian suplemen beta karoten terlalu tinggi dosisnya, bisa menimbulkan beragam masalah kesehatan. Diantaranya adalah:

  • Susah buang air besar
  • Risiko penyakit jantung koroner
  • Diare
  • Gangguan paru-paru
  • Nyeri otot
  • Nyeri sendi
  • Kolesterol naik
  • Masalah pada perut dan usus
  • Gangguan penglihatan
  • Risiko gangguan ginjal
  • Pusing dan sakit kepala

Beta karoten merupakan zat yang memiliki peran penting bagi kesehatan, salah satunya adalah sebagai antioksidan. Namun konsumsi suplemen antioksidan seperti beta karoten yang terlalu tinggi, bisa menimbulkan efek samping yang bahaya termasuk kematian. Karena itulah sebaiknya konsumsi suplemen dari Jovee. Suplemen yang direkomendasikan oleh Jovee memiliki dosis yang tepat sesuai dengan kebutuhan sehingga tidak memicu masalah kesehatan.

Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee. Untuk mengetahui rekomendasi vitamin harianmu, anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

apakah-pisang-bagus-untuk-diet

Apakah Benar Buah Pisang Bagus untuk Diet?

Makanan Sehat   17/05/2022
apakah-tomat-bisa-menghilangkan-jerawat

Apakah Tomat Bisa Menghilangkan Jerawat?

Makanan Sehat   17/05/2022
jadwal-mpasi-6-bulan

Mulai MPASI, Begini Jadwal Makan Bayi Usia 6 Bulan

Makanan Sehat   10/05/2022
apakah-nanas-bisa-mencegah-kehamilan

Apakah Nanas Bisa Mencegah Kehamilan?

Makanan Sehat   09/05/2022
manfaat-buah-lingonberry

Kaya Antioksidan, Kenali 7 Manfaat Buah Lingonberry bagi Kesehatan

Makanan Sehat   28/04/2022