fbpx
BerandaMakanan SehatApa yang Sebenarnya Didapat dari Minum Air Putih?

Tak sedikit orang yang menyepelekan minum air putih sampai-sampai mereka lupa tubuhnya sedang kekurangan air atau dehidrasi. Berbagai kondisi kesehatan pun akan muncul kalau kita tak sadar akan pentingnya manfaat air putih.

Dalam pembahasan kali ini, kita akan mengenal betapa besarnya keuntungan yang dapat kita peroleh dari air putih. Ketahui pula waktu dan takaran minum air putih yang sesuai di artikel berikut.

Berbagai Manfaat Minum Air Putih

Bagi kebanyakan orang, khususnya para pekerja kantoran, lebih memilih mengonsumsi kopi atau minuman manis ketika sedang beraktivitas. Di sisi lain, ada juga orang yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya sampai dia lupa minum dalam waktu yang lama.

Padahal, minum air putih itu penting dan lebih baik dari jenis minuman lainnya. Kalorinya yang sangat sedikit, bebas dari gula, dan perannya dalam membuang racun di tubuh jadi nilai penting selain aksesnya yang sangat mudah. Manfaat air putih pun tidak sampai disitu saja, berikut manfaat lain yang perlu Anda ketahui dari rajin minum air putih.

1. Membantu Melumasi Sendi

Ternyata, air putih punya andil yang besar dalam kesehatan sendi tulang kita. Menurut Griselda, dokter umum dari Primecare, sendi memiliki bagian tulang rawan yang sebagian besarnya terbuat dari air.

Jadi bayangkan bila tubuh kekurangan air. Tulang rawan yang seharusnya disuplai air putih malah akan menurunkan kinerja pergerakan sendinya.

Karenanya, orang yang kekurangan asupan air putih bisa terlihat dari cara berjalannya yang terganggu, sebab otot-ototnya tidak terlumasi dengan baik. Ia pun jadi rentan pegal dan linu. Seseorang yang mengalami kondisi ini biasanya kekurangan cairan tubuhnya hingga yang tersisa hanya 12 persen atau di bawahnya.

2. Untuk Kesehatan Rongga Mulut

Mulut merupakan bagian tubuh pertama yang terkena kontak dengan air putih. Bagian ini pula yang langsung memperoleh manfaat air putih. Air putih membantu dalam pembentukan air liur. Keberadaan air liur itu penting untuk mencegah mulut yang kering.

Menurut dr. Griselda, minum air putih juga penting untuk menjaga kesehatan rongga mulut. Ia berperan sebagai pembersih rongga mulut dan karang gigi yang alami. Dengan air putih juga mulut jadi tidak gampang bau.

3. Mendukung Peredaran Oksigen ke Seluruh Tubuh

Air putih juga ikut berperan dalam proses mengalirkan oksigen yang ada di dalam pembuluh darah ke seluruh tubuh. Ini dikarenakan darah manusia mengandung 91-92 persen air.

Jadi kalau misalnya asupan cairan tubuh mencukupi, peredaran darah pun akan semakin lancar. Sebaliknya. bila asupan air kurang, darah akan mudah mengental. Hal ini akan membuat jantung memompa darah lebih keras serta menyebabkan tensi darah yang meningkat dan berdampak pada kondisi kesehatan yang lebih serius.

4. Membantu Proses Menurunkan Berat Badan

Minum air putih yang cukup juga dapat membantu mereka yang sedang dalam diet menurunkan berat badan. Sebab, air putih sangatlah baik untuk memperlancar pencernaan. Karena itu, kotoran yang berada di dalam pencernaan atau usus bisa lebih mudah dikeluarkan.

Saran dari dr. Griselda dalam hal ini adalah agar minum air putih 30 menit sebelum makan berat. Hal ini akan membuat enzim lambung bekerja dengan maksimal dan proses pencernaan pun bisa lebih baik lagi nantinya. Minum air putih sebelum makan juga memberikan perasaan perut terisi sebagian. Jadi, kita bisa lebih bisa menahan makanan masuk lebih banyak.

Selain itu, dr. Griselda juga memberikan tips seputar keefektifan air putih dingin. Konsumsi air dingin ternyata dapat mempercepat reaksi metabolisme untuk menyesuaikannya dengan suhu tubuh. Secara tak langsung, proses ini membuat tubuh membakar lemak dalam jumlah yang besar.

5. Membuang Toksik dan Racun di Dalam Tubuh

Walaupun minum air putih terlihat sepele, ia sebenarnya penting untuk menyingkirkan racun di dalam tubuh. Itu karena air putih memperlancar proses pembuangan segala zat sisa yang tidak diserap tubuh. Ia membawa segala kotoran dan racun keluar dari tubuh melalui keringat, urine, dan feses. Selain dari air putih, Anda dapat memperlancar pencernaan dengan mengonsumsi minuman powder drink dari Flimty Original (Rp395.000) yang mampu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.

6. Memelihara Kesehatan Kulit

Dengan sering minum air putih dan mencukupi kebutuhan cairan tubuh harian, kulit akan terhindar dari kondisi bibir pecah-pecah dan kekeringan. Lebih jauh lagi, kulit yang kering akan berimbas pada munculnya keriput. Semua itu bisa terhindari hanya dengan rutin minum air putih.

7. Memelihara Kesehatan Paru-paru

Selain melancarkan pencernaan, ternyata ada juga manfaat air putih untuk paru paru. Air putih dapat membuang dan membersihkan racun di tubuh, termasuk paru-paru. Terutama jika kamu punya mobilitas tinggi, di mana semakin sering menghirup racun dari polusi udara dan asap debu kendaraan. Dengan mencukupi kebutuhan air putih, tentunya zat beracun dari paru-paru juga akan larut dan meningkatkan kesehatan paru-paru.

Waktu dan Takaran Air Putih yang Tepat

Kebutuhan air putih bagi setiap orang cukup berbeda. Namun, rata-rata orang perlu menghabiskan delapan gelas air putih per hari atau total 2 liter air putih. Takaran tersebut cocok dipenuhi orang dengan aktivitas monoton dan ringan seperti pegawai kantoran.

Beda halnya dengan mereka yang sering melakukan aktivitas berat, seperti atlet atau orang yang suka berolahraga. Orang sakit pun perlu minum air lebih banyak.

Perhitungan kecukupan cairan tubuh harian bisa diukur dari berat badan seseorang. “Untuk berat badan dikali 30 cc (ml). Misalnya berat badannya 40 dikali 30 cc. Kebutuhan airnya berarti 1200cc,” kata dr. Griselda.

Sebaliknya, orang yang mengidap penyakit jantung, pembengkakan paru-paru, gangguan ginjal, hingga para lansia diatas 65 tahun tidak dianjurkan minum terlalu banyak air. Untuk lansia sendiri hanya diperbolehkan minum 1 liter per hari karena fungsi ginjalnya telah menurun.

Bicara soal waktu, disarankan juga untuk minum segelas air putih sebelum dan sesudah tidur. Saat minum air putih sebelum tidur dapat membantu tubuh meregenerasi sel-selnya. Meminum air setelah tidur dapat menyokong lancarnya pencernaan.

Itu dia beberapa manfaat air putih yang baik untuk Anda ketahui. Setelah mempelajari banyaknya kelebihan air putih ini, kita pun tidak boleh lupa dengan yang namanya minum dan harus membiasakan diri agar selalu mencukupi cairan tubuh.

Baca juga:

Pola Makan Sehat untuk Sistem Imun Lebih Kuat

Sederet Makanan Kaya Nutrisi untuk Diet Sehat

Apa Akibatnya Bila Tubuh Kekurangan Gizi?

Anda bisa mendapatkan info kesehatan lainnya di channel Youtube Jovee. Artikel kesehatan lainnya juga bisa Anda temukan di laman Jovee. Jangan lupa juga untuk terus lengkapi vitamin dengan harga murah di website Jovee.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

manfaat-daun-salam

Ketahui 10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Makanan Sehat   12/06/2022
lidah-gatal-setelah-makan-nanas

Apa Penyebab Lidah Gatal Setelah Makan Nanas?

Makanan Sehat   10/06/2022
apakah-pisang-bagus-untuk-diet

Apakah Benar Buah Pisang Bagus untuk Diet?

Makanan Sehat   17/05/2022
apakah-tomat-bisa-menghilangkan-jerawat

Apakah Tomat Bisa Menghilangkan Jerawat?

Makanan Sehat   17/05/2022
jadwal-mpasi-6-bulan

Mulai MPASI, Begini Jadwal Makan Bayi Usia 6 Bulan

Makanan Sehat   10/05/2022