fbpx
BerandaKesehatan LainnyaApakah Boleh Minum Es Saat Haid?

Masih banyak mitos seputar haid yang kerap kali masih dipercaya banyak wanita di Indonesia. Salah satunya adalah larangan minum es saat haid, yang dipercaya dapat memicu terbentuknya kista di rahim. Apakah hal ini benar atau hanyalah mitos belaka? Yuk, simak jawabannya di artikel berikut ini!

minum-es-saat-haid

Benarkah minum es saat haid berbahaya?

Menstruasi adalah proses adalah proses meluruhnya lapisan rahim wanita (dinding rahim) yang terjadi setiap bulan. Lamanya proses ini berlangsung berbeda-beda pada setiap wanita, yang bergantung pada kondisi psikis dan fisik.

Banyaknya mitos seputar haid yang beredar, sebenarnya mengapa minum es dilarang pada masa haid? Pada mitos yang satu ini, minum es saat haid dipercaya dapat membuat darah haid membeku, sehingga darah yang dikeluarkan jadi tidak bersih (bersisa). Sisa darah haid inilah yang kemudian memicu terbentuknya kista pada rahim.

Lalu, apakah hal ini benar? Nah, perlu diketahui, ternyata anggapan ini sepenuhnya salah ya, Jovians! Menurut UNICEF, mengonsumsi air dingin tidak ada hubungannya dengan siklus menstruasi. Menstruasi berhubungan dengan sistem reproduksi, sementara mengonsumsi air dingin berhubungan dengan sistem pencernaan.

Karena kedua sistem ini terpisah, mengonsumsi air dingin saat masa haid tidak akan membuat darah haid terhenti. Sejumlah faktor yang dapat membuat siklus haid terlambat adalah:

  • Kelelahan
  • Stres
  • Sakit atau sedang alami penyakit tertentu
  • Hormon yang terganggu

Di sisi lain, kista adalah kantung berisi cairan di ovarium, dan pada sebagian besar kasus yang ada tidak berbahaya dan hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan dalam beberapa bulan. Beberapa penyakit reproduksi lainnya seperti PCOS dan penyakit tiroid juga bisa mengganggu siklus menstruasi, yang juga tidak ada hubungannya dengan minum air es saat haid.

Maka dari itu, sudah jelas ya bahwa konsumsi air dingin atau air es pada masa haid tidak membuat haid terhenti ataupun memunculkan kista. Hanya saja, mengonsumsi es pada masa haid dapat memperparah kram perut yang kamu alami. Lebih baik konsumsi minuman atau makanan hangat, untuk memberi rasa nyaman pada perut.

Makanan dan minuman apa yang baik dikonsumsi saat haid?

Menurut Healthline, konsumsi sejumlah makanan ini dapat membantu meredakan sakit atau kram perut yang dialami saat masa haid lho, Jovians!

Buah

Terutama buah yang berair seperti semangka dan timun, sangat baik untuk tetap terhidrasi selama masa haid. Buah-buah ini akan membantu kamu meredakan keinginan untuk konsumsi makanan manis, yang bisa meningkatkan keparahan inflamasi dalam tubuh.

Sayuran hijau

Salah satu gejala menstruasi paling umum adalah pusing, kelelahan, dan nyeri tubuh yang dikarenakan penurunan kadar zat besi terutama jika aliran darah menstruasi sedang deras. Sayuran hijau seperti kangkung dan bayam merupakan jenis makanan tinggi zat besi, sehingga dapat membantu meringankan gejala-gejala ini.

Jahe

Secangkir jahe hangat dapat meredakan gejala menstruasi seperti kram perut. Jahe memiliki efek antiinflamasi, yang dapat menenangkan otot tubuh yang pegal. Selain itu, jahe juga dapat mengurangi mual.

Ayam

Ayam adalah makanan kaya zat besi dan protein lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Makanan protein tinggi dapat membantu kamu untuk merasa kenyang lebih lama, yang dapat mencegah kamu untuk makan berlebihan selama masa haid.

Ikan

Kaya akan zat besi, protein, dan asam lemak omega 3, ikan adalah makanan bergizi yang baik dikonsumsi saat haid. Menurut sebuah studi tahun 2012, omega 3 dapat mengurangi intensitas nyeri haid. Studi dua tahun setelahnya juga menunjukkan omega 3 dapat mengurangi depresi. Sehingga mengonsumsi ikan dapat membantu meredakan nyeri dan mood yang tidak stabil pada masa haid.

Selain dari ikan, kamu juga bisa konsumsi suplemen omega 3 seperti Blackmores Odourless Fish Oil (Rp64.000) untuk membantu mengurangi gejala PMS.

Dark chocolate

Dark chocolate atau cokelat hitam merupakan camilan lezat dan bermanfaat yang kaya akan zat besi dan magnesium. Sebatang cokelat hitam 100 gram dengan kadar cokelat 70 hingga 85 persen mengandung setidaknya 58 persen asupan harian magnesium yang direkomendasikan. Studi tahun 2010 menemukan magnesium mampu mengurangi gejala PMS, sehingga cokelat hitam sangat baik dikonsumsi pada masa haid.

Demikianlah penjelasan mengenai fakta minum es saat haid yang perlu kamu tahu. Simak informasi seputar kesehatan lainnya hanya Jovee, pusat vitamin & suplemen personalmu. Temukan juga berbagai suplemen kesehatan dengan harga lebih hemat dan gratis ongkir hanya di Jovee.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

eosinofil-tinggi

Mengenal Eosinofil dan Fungsinya Bagi Tubuh

Kesehatan Lainnya   28/06/2022
minyak-esensial

4 Tips Membeli Minyak Esensial

Kesehatan Lainnya   27/06/2022
dna-fragmentation-index

Mengenal DNA Fragmentation Index (DFI)

Kesehatan Lainnya   26/06/2022
bahaya-klorin-di-pembalut

Ketahui Bahaya Klorin pada Pembalut Wanita

Kesehatan Lainnya   25/06/2022
bahaya-lsd

Kenali Bahaya LSD, Narkotika Penyebab Halusinasi

Kesehatan Lainnya   24/06/2022