fbpx
BerandaMakanan SehatApakah Nanas Bisa Mencegah Kehamilan?

Mitos seputar kehamilan masih banyak dipercaya di Indonesia, yang kebanyakan terbukti tidak benar dan malah memberi efek yang tidak baik bagi ibu dan kandungan. Salah satu mitos kehamilan yang masih banyak dipercaya hingga saat ini adalah nanas yang dianggap dapat mencegah kehamilan.

apakah-nanas-bisa-mencegah-kehamilan

Lalu, bagaimana fakta yang sebenarnya? Berikut ini penjelasan lengkap mengenai mitos kehamilan yang satu ini. Yuk, simak selengkapnya!

Benarkah nanas bisa cegah kehamilan?

Hal ini tidak benar ya, Jovians. Buah nanas merupakan buah yang kaya akan serat dan vitamin penting, yang sebenarnya merupakan salah satu makanan ideal untuk dikonsumsi selama kehamilan, lho. Menurut Shaista Waheed, seorang profesor dan ginekolog, dilansir dari Very Well Family menjelaskan, “Nanas adalah makanan bergizi, sehat, dan aman untuk dikonsumsi selama kehamilan. Nanas muda menyebabkan keguguran adalah mitos, dan tidak ada bukti ilmiah yang mendukung hal ini.”

Meskipun benar nanas mengandung enzim yang meningkatkan risiko keguguran pada ibu hamil, enzim ini ada dalam jumlah yang sangat kecil sehingga tidak masalah untuk dikonsumsi selama masa kehamilan.

Manfaat konsumsi buah nanas selama kehamilan

Buah nanas aman dikonsumsi dalam jumlah sedang selama kehamilan, dan punya banyak manfaat seperti kaya akan serat, vitamin C, dan vitamin B6. Perlu diketahui, mengonsumsi buah-buahan adalah bagian penting dari pola makan ideal selama kehamilan. Ini karena buah membantu tumbuh kembang janin dengan vitamin dan mineral yang dikandungnya.

Tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan nanas dapat menyebabkan keguguran dan mencegah kehamilan. Mitos ini mungkin muncul dari fakta bahwa nanas mengandung zat bromelain, enzim pencernaan yang terbukti dapat meningkatkan risiko keguguran.

Hanya saja, setiap kehamilan tentunya punya kondisi yang berbeda-beda. Pastikan untuk berkonsultasi dengan bidan atau dokter kandungan kamu jika ingin mengonsumsi nanas saat hamil.

Berikut ini sejumlah manfaat yang bisa diperoleh dari mengonsumsi buah nanas selama kehamilan.

1. Berperan sebagai antiinflamasi

Meskipun zat bromelain dalam jumlah besar dapat meningkatkan risiko keguguran, sejumlah kecil enzim pencernaan dalam buah nanas ini sebenarnya punya beberapa manfaat, salah satunya sebagai agen antiinflamasi.

Hal ini tentunya bermanfaat bagi ibu hamil, karena peradangan yang terjadi selama kehamilan bisa meningkatkan risiko penyakit mental atau masalah perkembangan pada otak janin.

2. Mengandung serat yang tinggi

Nanas tinggi akan serat, yang bisa membantu melawan keluhan kehamilan yang paling sering terjadi, yakni sembelit dan diare.

3. Membantu tubuh untuk tetap terhidrasi

Sangat penting untuk mencegah dehidrasi selama kehamilan. Nanas mengandung 87% air, yang menjadikannya salah satu makanan yang baik untuk bantu penuhi cairan tubuh. Tak hanya itu, nanas juga memiliki rasa yang manis dan segar. Meski begitu, tetap penuhi asupan cairan dengan air putih sebanyak delapan gelas per harinya.

4. Sumber vitamin yang baik

Nanas menawarkan vitamin C dan vitamin B6 dalam jumlah yang besar. Kedua vitamin ini penting untuk sistem kekebalan tubuh dan perkembangan otak. Selain itu, asupan vitamin B6 yang cukup juga dapat membantu mengatasi mual yang berhubungan dengan morning sickness.

Menjaga kesehatan tubuh dan kandungan juga bisa diperoleh dari suplemen kehamilan, seperti Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold (Rp205.656) yang bisa diperoleh dengan gratis ongkir di Jovee.

Hal yang harus diperhatikan sebelum mengonsumsi nanas

Meski nanas aman dikonsumsi bagi ibu hamil, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengonsumsi buah ini.

1. Alergi

Walau alergi nanas tidak begitu umum pada orang dewasa, alergi makanan yang satu ini bisa berkembang kapan saja. Jika kamu alami lidah terbakar atau sakit, bibir, lidah, atau tenggorokan yang bengkak dan gatal, atau gejala tak biasa lainnya setelah mengonsumsi nanas, segera hubungi dokter.

2. Diabetes

Nanas mengandung gula alami. Selama dikonsumsi dalam jumlah sedang, seharusnya kandungan gula dalam nanas ini tidak menjadi masalah. Hanya saja, jika kamu juga mengonsumsi buah atau makanan manis lainnya, risiko diabetes dapat meningkat.

3. Maag

Bagi penderita penyakit asam lambung, sebaiknya berhati-hati jika ingin mengonsumsi buah ini. Nanas dapat memicu refluks asam lambung karena sifatnya yang asam. Sementara, maag adalah salah satu keluhan kehamilan yang sering muncul. Dokter Waheed, dilansir dari Very Well Health mengatakan, “Makan nanas dalam jumlah besar dapat menyebabkan refluks asam atau mulas, jadi hindari makan yang berlebihan.”

Ia juga menyarankan untuk tetap dalam posisi tegak setelah makan dan mencoba makan dalam porsi kecil untuk menghindari kambuhnya asam lambung.

Cegah kehamilan dengan cara yang akurat

Jika kamu ingin mencegah kehamilan, sebaiknya gunakan cara yang pasti dan telah terbukti efektivitasnya seperti:

  • Pil KB atau pil kontrasepsi
  • Kontrasepsi alami, seperti sistem kalender
  • Menggunakan kondom saat berhubungan intim
  • Operasi tubektomi untuk wanita atau vasektomi untuk pria

Nah, sudah terjawab ya, bahwa nanas muda tidak dapat mencegah kehamilan dan hanya mitos belaka. Sebaiknya konsultasi pada dokter jika memang ingin menunda kehamilan, supaya penggunaan cara-cara yang tidak diketahui keamanan dan tingkat efektivitasnya bisa dihindari. Dapatkan informasi seputar kehamilan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin & suplemen harian personalmu.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

apakah-pisang-bagus-untuk-diet

Apakah Benar Buah Pisang Bagus untuk Diet?

Makanan Sehat   17/05/2022
apakah-tomat-bisa-menghilangkan-jerawat

Apakah Tomat Bisa Menghilangkan Jerawat?

Makanan Sehat   17/05/2022
jadwal-mpasi-6-bulan

Mulai MPASI, Begini Jadwal Makan Bayi Usia 6 Bulan

Makanan Sehat   10/05/2022
manfaat-buah-lingonberry

Kaya Antioksidan, Kenali 7 Manfaat Buah Lingonberry bagi Kesehatan

Makanan Sehat   28/04/2022
apa-manfaat-temulawak-dan-kunyit-putih

Apa Manfaat Temulawak dan Kunyit Putih bagi Kesehatan?

Makanan Sehat   31/03/2022