fbpx
BerandaKesehatan LainnyaApakah Penyakit Tipes Bisa Menular?

Jovians, apakah kamu pernah terkena penyakit tipes? Tipes atau juga dikenal dengan demam tifoid adalah infeksi bakteri yang bisa menyebabkan demam, muntah, hingga diare. Penyakit ini merupakan penyakit yang umum dijumpai di Indonesia, yang bisa menyerang siapa saja baik orang dewasa atau anak-anak sekalipun.

tipes-bisa-menular

JIka tidak mendapatkan penanganan yang sesuai, tipes bisa membahayakan nyawa penderitanya lho, Jovians. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai penyakit tipes yang telah Jovee rangkum dari berbagai sumber. Yuk, simak sampai akhir!

Penyebab tipes

Tipes atau demam tifoid adalah penyakit akut yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi. Selain bakteri ini, ada juga tipes yang disebabkan oleh Salmonella parathypi, yang biasanya menyebabkan penyakit tipes yang tidak terlalu parah.

Apakah penyakit tipes bisa menular? Ya, dilansir dari WebMD, bakteri penyebab tipes dapat menular melalui makanan dan minuman yang tidak bersih. Selain itu, penderita tipes juga bisa menjadi pembawa bakteri (carrier) dan menularkan bakteri melalui kontak langsung atau melalui tinja. Hal ini dikarenakan bakteri tipes bisa bertahan selama berminggu-minggu di dalam air maupun limbah kering.

Diperkirakan sekitar 3 hingga 5 persen orang menjadi pembawa bakteri setelah terinfeksi bakteri ini. Bisa jadi para pembawa ini hanya menunjukkan gejala ringan, sehingga menjadi pembawa bakteri dalam jangka panjang.

Gejala tipes

Gejala tipes biasanya muncul sekitar 6 hingga 30 hari setelah terinfeksi bakteri. Dua gejala paling umum dari penyakit tipes adalah demam dan ruam. Demam bisa jadi sangat tinggi, yang meningkat secara bertahap selama beberapa hari hingga mencapai 40 derajat celcius.

Meski ruam tidak terjadi pada semua pasien, ruam seperti bintik-bintik warna merah bisa muncul, terutama di area leher dan perut. Gejala lain dapat mencakup:

  • Kelelahan
  • Sakit perut, sembelit, atau diare
  • Sakit kepala
  • Nafsu makan yang menurun

Komplikasi serius penyakit tipes biasanya jarang terjadi, namun pendarahan atau perforasi usus bisa saja muncul. Kondisi ini bisa menyebabkan infeksi aliran darah yang mengancam jiwa (sepsis). Gejalanya meliputi mual, muntah, dan sakit perut yang parah.

Jika kamu mengalami gejala-gejala ini, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat.

Pengobatan

Diagnosa yang tepat dibutuhkan untuk perawatan yang maksimal. Terkadang, gejala tipes yang muncul mirip dengan gejala demam berdarah, sehingga pemeriksaan menyeluruh perlu dilakukan untuk memastikan penyebab demam.

Biasanya, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan seperti tes sampel darah, feses, dan urin. Jika kamu terbukti terinfeksi bakteri tipes, kemungkinan dokter akan menyarankan anggota keluarga yang lain untuk melakukan pemeriksaan untuk mencegah penularan infeksi.

Pengobatan penyakit tipes bisa dilakukan dengan mengonsumsi antibiotik, seperti ciprofloxacin (untuk orang dewasa yang tidak hamil) dan ceftriaxone. Selain antibiotik, penting untuk banyak mengonsumsi air putih agar kebutuhan cairan tetap terpenuhi.

Faktor risiko

Penyakit tipes adalah ancaman serius yang telah mempengaruhi sekitar 27 juta orang lebih setiap tahunnya. Penyakit ini banyak dijumpai di India, Asia Tenggara, Afrika, Amerika Selatan, dan banyak daerah lainnya.

Anak-anak adalah kelompok yang paling rentan terkena penyakit ini, meskipun gejala yang muncul umumnya lebih ringan daripada orang dewasa. Risiko seseorang terkena penyakit tipes akan semakin tinggi pada orang yang,

  • Bekerja atau bepergian di daerah yang tinggi kasus infeksi bakteri tipes
  • Memiliki kontak erat dengan orang yang terinfeksi
  • Minum air yang tercemar bakteri Salmonella typhi

Pencegahan penyakit tipes

Negara-negara dengan akses air bersih yang sulit biasanya memiliki jumlah kasus tipes yang lebih tinggi. Berikut ini sejumlah hal yang bisa dilakukan untuk mencegah terkena penyakit tipes.

Hindari jajan sembarangan

Meski terlihat lezat, makanan dan minuman yang dijual di lingkungan yang tidak bersih sangat mungkin untuk jadi tempat penularan bakteri tipes. Maka dari itu, hindari jajan sembarangan untuk mencegah terkena penyakit tipes.

Agar daya tahan tubuh lebih kuat lawan bakteri penyakit, kamu juga bisa konsumsi suplemen daya tahan tubuh seperti Vitalong C (Rp42.515) yang bisa dibeli di Jovee dengan gratis ongkir.

Perhatikan makanan yang dikonsumsi

Makanan mentah lebih rentan untuk terinfeksi bakteri, jadi sebaiknya pastikan untuk mengonsumsi makanan matang dan terjamin kebersihannya. Hindari juga makan atau minum yang telah disentuh oleh orang lain, karena dapat meningkatkan risiko penularan. Sebaiknya gunakan alat makan sendiri dan bawa botol minum untuk mencegah penularan

Jaga selalu kebersihan

Faktor utama bakteri tipes bisa berkembang adalah kurangnya menjaga kebersihan. Pastikan untuk selalu mencuci tangan sebelum makan dengan sabun dan air mengalir, dan hindari menyentuh wajah dengan tangan secara langsung. Jika kamu sakit, gunakan masker, hindari kerumunan, dan cuci tangan dengan teratur.

Vaksin tipes

Sama seperti vaksin lainnya, vaksin bermanfaat untuk membentuk sistem kekebalan tubuh terhadap virus atau bakteri tertentu. Salah satu tindakan pencegahan infeksi tipes adalah dengan vaksin, yang hanya bisa diberikan saat kamu dalam keadaan sehat dan tidak memiliki penyakit autoimun.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai penyakit tipes. Simak artikel seputar kesehatan ibu dan anak lainnya hanya di Jovee. Unduh juga aplikasinya di PlayStore dan AppStore untuk dapatkan notifikasi promo menarik setiap bulannya.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

apakah-cacar-air-menular

Cacar Air: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

Kesehatan Lainnya   19/05/2022
apakah-paracetamol-bisa-untuk-sakit-kepala

Apakah Paracetamol Bisa Mengatasi Sakit Kepala?

Kesehatan Lainnya   18/05/2022
apakah-wasir-bisa-sembuh-sendiri

Benarkah Wasir Bisa Sembuh Sendiri?

Kesehatan Lainnya   18/05/2022
apakah-ketombe-makhluk-hidup

Ketombe: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Kesehatan Lainnya   13/05/2022
pengobatan-hepatitis

Hepatitis: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

Kesehatan Lainnya   12/05/2022