fbpx
BerandaMakanan SehatApakah Tomat Bisa Menghilangkan Jerawat?

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk dapatkan wajah bersih bebas jerawat, salah satunya dengan menggunakan bahan-bahan alami, seperti tomat. Banyak digunakan sebagai masker alami, benarkah tomat bisa menghilangkan jerawat? Yuk, simak selengkapnya di artikel berikut ini!

apakah-tomat-bisa-menghilangkan-jerawat

Menghilangkan jerawat dengan tomat

Kulit merupakan salah satu organ vital yang memainkan peran penting dalam perlindungan tubuh dari benda asing. Tak hanya itu, kulit juga mengatur suhu tubuh, mengendalikan keseimbangan cairan tubuh, dan mencegah hilangnya hidrasi.

Masalah kulit yang muncul seperti jerawat, biasanya disebabkan oleh banyak faktor. Faktor genetik, usia, hormon, hingga sejumlah kondisi kesehatan tertentu seperti diabetes bisa mempengaruhi kulit dari dalam.

Salah satu cara untuk mengatasi masalah jerawat ini adalah dengan merawat kulit dari dalam dan luar, baik dengan bahan kimia seperti skincare maupun bahan-bahan alami yang mudah ditemukan.

Tomat adalah salah satu makanan paling kaya akan vitamin yang baik untuk kulit, baik untuk pemakaian secara topikal maupun untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan tomat mengandung tiga antioksidan kuat, yakni beta karoten (yang mengaktifkan vitamin A dalam tubuh), vitamin E, dan vitamin C.

Ketiga vitamin ini tidak hanya bertindak sebagai antioksidan yang membantu regenerasi kulit, tetapi juga sebagai antiinflamasi sehingga diduga dapat membantu mengatasi jerawat. Meski penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memperkuat pendapat ini, tidak ada salahnya untuk mencoba bukan?

Selain antioksidan, tomat juga mengandung:

  • Lutein
  • Lycopene
  • Magnesium
  • Potassium
  • Vitamin A
  • Vitamin B1, B3, B5, B6, dan B9

Lalu, apakah tomat bisa menghilangkan jerawat? Berkat kandungannya ini, tomat dapat membantu memperbaiki kerusakan pada kulit yang terluka akibat jerawat, meredakan peradangan (antiinflamasi), sekaligus menenangkan kulit. Karena tomat merupakan sumber potassium yang baik, menggunakan tomat sebagai masker wajah juga bisa membantu mengatasi masalah kulit kering.

Nah, penggunaan masker tomat sendiri juga bisa dikombinasi dengan bahan alami lainnya, seperti madu dan gula. Hanya saja, kombinasi tomat dan gula untuk kulit berjerawat bisa memperparah jerawat yang ada. Bagi pemilik kulit berjerawat, sebaiknya menggunakan masker campuran tomat dan timun untuk mengurangi minyak penyebab jerawat.

Apakah ada efek samping?

Jika kamu alergi mengonsumsi tomat, besar kemungkinan kulitmu akan mengalami iritasi jika menggunakan tomat secara langsung ke kulit. Selain itu, secara alami tomat adalah buah yang bersifat asam. Pemilik kulit sensitif sebaiknya melakukan patch test terlebih dahulu sebelum menggunakan bahan-bahan alami untuk mencegah timbulnya kemerahan, gatal, dan ruam.

Manfaat tomat bagi wajah lainnya

Selain membantu mengatasi jerawat, ada banyak manfaat tomat lainnya bagi kesehatan kulitmu lho, Jovians! Dilansir dari Healthline, berikut ini sejumlah manfaat tomat yang bisa kamu dapatkan.

Mengurangi risiko kanker kulit

Paparan sinar matahari merupakan faktor utama penyebab terjadinya kanker kulit melanoma. Tomat mengandung senyawa lycopene, yang memberi warna merah pada tomat. Menurut penelitian, lycopene memiliki efek anti kanker yang kuat. Hanya saja, manfaat ini belum bisa dibuktikan pada penggunaan tomat secara topikal.

Melindungi kulit dari sinar matahari

Tomat bukanlah pengganti sunscreen, tetapi kandungan lycopene di dalamnya diduga memiliki efek proteksi terhadap sinar matahari. Hal ini ditunjukkan dalam sebuah studi tahun 2006, yang menemukan bahwa orang-orang menunjukkan penurunan sensitivitas terhadap radiasi UV setelah mengonsumsi tomat selama dua belas minggu. Hanya saja, belum ada bukti kuat apakah kamu bisa mendapatkan manfaat yang sama dari menggunakan tomat secara topikal pada kulit.

Membantu penyembuhan luka

Sebelumnya, telah disebutkan bahwa tomat mengandung vitamin C, yang dapat mendorong pertumbuhan jaringan ikat baru, yang juga dapat membantu memperbaiki luka dan mempercepat proses penyembuhan. Namun, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah manfaat ini juga bisa diperoleh melalui penggunaan tomat yang dioleskan secara langsung pada kulit.

Meredakan inflamasi

Sejumlah kandungan tomat merupakan agen antiinflamasi, seperti lycopene, beta karoten, lutein, vitamin E, dan vitamin C. Saat dioleskan pada kulit, tomat mungkin dapat membantu menenangkan kulit dari iritasi dan sunburn. Hanya saja, belum ada penelitian yang membuktikan apakah tomat dapat membantu peradangan ketika dioleskan secara langsung ke kulit.

Anti-aging

Vitamin B adalah vitamin yang esensial bagi kesehatan kulit. Sementara itu, tomat mengandung sejumlah jenis vitamin B, di antaranya adalah vitamin B1, B3. B5. B6. dan B9. Vitamin ini memiliki sifat anti-aging yang dapat membantu mengurangi bintik-bintik penuaan, garis-garis halus, dan kerutan.

Vitamin B juga berkontribusi pada perbaikan sel, yang dapat mengurangi hiperpigmentasi dan kerusakan akibat sinar matahari. Konsumsi tomat dengan rutin mungkin bermanfaat bagi kulit, namun hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan mengoleskan tomat secara topikal dapat menawarkan hal yang sama.

Dengan begitu, menghilangkan jerawat dengan tomat bisa jadi salah satu cara yang bisa kamu coba. Namun, perlu diingat bahwa cara ini bisa saja hanya efektif pada sebagian orang. Diperlukan tindakan lainnya seperti bantuan skincare dan vitamin untuk membasmi jerawat yang membandel

Kamu bisa coba konsumsi Blackmores Grape Seed 12000 (Rp203.308) yang bisa diperoleh di Jovee, yang membantu menjaga kesehatan kulit dari dalam. Dapatkan juga informasi mengenai kecantikan kulit lainnya di Jovee, pusat vitamin dan suplemen personalmu.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

manfaat-daun-salam

Ketahui 10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Makanan Sehat   12/06/2022
lidah-gatal-setelah-makan-nanas

Apa Penyebab Lidah Gatal Setelah Makan Nanas?

Makanan Sehat   10/06/2022
apakah-pisang-bagus-untuk-diet

Apakah Benar Buah Pisang Bagus untuk Diet?

Makanan Sehat   17/05/2022
jadwal-mpasi-6-bulan

Mulai MPASI, Begini Jadwal Makan Bayi Usia 6 Bulan

Makanan Sehat   10/05/2022
apakah-nanas-bisa-mencegah-kehamilan

Apakah Nanas Bisa Mencegah Kehamilan?

Makanan Sehat   09/05/2022