fbpx
BerandaMakanan SehatAtasi Diabetes dengan 5 Bahan Alami Ini

Diabetes banyak menyerang orang yang telah berusia di atas 30 tahun. Penyebabnya ialah karena hormon insulin yang mengatur penyerapan glukosa di dalam tubuh tidak tercukupi. Alhasil, terjadilah penumpukan kadar gula berlebih di dalam darah. Beberapa makanan dapat dijadikan sebagai obat herbal diabetes alami yang dapat membantu tubuh menambah hormon insulin maupun mengurangi kadar gula darah.

bahan-alami-atasi-diabetes

Faktor Penyebab Tingginya Kadar Gula Dalam Darah

Kadar gula dalam darah normal umumnya adalah di bawah 200 mg/dL (milligram/deciliter) atau kurang dari 10 hingga 11 mmol/L (millimol/Liter). Apabila kadar gula dalam darah seseorang melebihi batas normal tersebut, maka ada kemungkinan ia menderita diabetes.

Penyakit diabetes terjadi akibat tubuh tidak mampu merubah glukosa atau gula darah menjadi energi sehingga kadar glukosa menumpuk di dalam darah. Namun, faktor lain juga dapat memicu naikknya kadar gula darah pada seseorang seperti berikut ini:

  • Stres
  • Terjadi infeksi di dalam tubuh
  • Kurang berolahraga atau bergerak
  • Sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu
  • Terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kadar karbohidrat tinggi
  • Kelebihan berat badan
  • Riwayat keturunan
  • Diabetes gestasional (kadar gula tinggi pada ibu hamil)

5 Obat Herbal Alami untuk Atasi Diabetes

Meskipun salah satu faktor penyebab terjadinya diabetes adalah dari makanan berkarbohidrat tinggi, beberapa makanan justru dapat menjadi obat alami untuk menurunkan kadar gula darah yang meningkat. Berikut ini daftar makanan yang dapat dikonsumsi sebagai obat herbal atau obat tradisional diabetes.

1. Ginseng

Ginseng merupakan salah satu tanaman yang sangat terkenal di seluruh dunia sebagai tanaman herbal yang berkhasiat. Bagian dari tanaman ginseng yang biasa digunakan adalah akarnya. Akar ginseng ini sering digunakan untuk menambah stamina.

Selain untuk menambah stamina, ginseng juga bermanfaat sebagai obat alami diabet. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Medicinal Plants Research, ginseng berkhasiat sebagai salah satu obat herbal. Mulai dari akar, batang, daun maupun buah dari tanaman ginseng dinilai efektif dalam menurunkan kadar gula darah.

2. Kunyit

Kunyit biasanya digunakan sebagai salah satu bumbu masakan dan juga pewarna alami untuk makanan. Namun, rempah ini juga dapat dimanfaatkan sebagai obat alami untuk penyakit diabetes, selain karena memiliki kandungan antioksidan yang baik.

Berdasarkan penelitian, mengonsumsi 300 mg kunyit setiap hari mampu menurunkan kadar gula dalam darah hingga 18 persen. Studi lain juga menyebutkan bahwa mengonsumsi kunyit sebanyak 1,5 gram setiap hari selama kurang lebih 9 bulan, dapat mencegah perkembangan diabetes tipe 2.

bahan-alami-atasi-diabetes-2

3. Kayu Manis

Kayu manis memiliki senyawa yang dapat menurunkan tingkat resistensi insulin, sehingga kadar gula dalam darah dapat terkendali. Kayu manis juga dapat digunakan untuk meningkatkan metabolisme glukosa yang menghasilkan penurunan resiko penumpukan glukosa yang memicu penyakit diabetes.

Makanan maupun minuman yang mengandung kayu manis bisa dikonsumsi secara aman oleh penderita diabetes. Tentunya dalam jumlah yang wajar. Kamu bisa menggunakan kayu manis dalam bentuk bubuk maupun batangan sebagai obat alami untuk diabetes.

===== Baca juga =====

Manfaat Buah Markisa: Buah yang Ramah untuk Diabetes

Kadar Gula Darah Naik? Coba 3 Rekomendasi Vitamin Diabetes Ini – Jovee.id

Atasi Diabetes dengan 5 Bahan Alami Ini

4. Jahe

Rempah dengan aroma yang khas ini memiliki banyak manfaat, salah satunya dapat dijadikan sebagai obat herbal diabetes. Mengonsumsi ramuan tradisional diabetes yang mengandung jahe secara rutin dapat membantu tubuh mengurangi kadar gula dalam darah.

5. Jintan Hitam

Jintan hitam sangat populer sebagai obat alami untuk berbagai jenis penyakit. Salah satunya adalah penyakit diabetes. Jintan hitam atau dikenal juga dengan nama habbatussauda dapat membantu tubuh melawan peradangan akibat infeksi, serta dapat membantu mengurangi kadar gula darah dan lemak dalam darah.

Dalam perawatan diabetes, Tim Dokter Jovee dr. Irma Lidia menegaskan pentingnya untuk melakukan pengendalian atau kontrol gula darah. Hal ini tentunya berguna untuk menghindari komplikasi lebih lanjut. Dr. Irma juga menarankan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat, sesuai kondisi masing-masing pasien.

Kamu dapat mendapatkan manfaat jintan hitam di dalam Kurma Ajwa Habbatussauda yang dikemas secara berkualitas dan aman. Cek juga vitamin herbal alami lainnya di Jovee, pusat vitamin personal terlengkap.

Baca juga:

Apakah Penderita Diabetes Boleh Konsumsi Suplemen?

Ini Dia Cara Mengatur Pola Makan untuk Diabetes

Peran Perawat Dalam Melawan Diabetes

Bahagia dan Sehat Bareng Jovee

Cari tahu manfaat makanan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin personal terlengkap. Temukan pula beragam vitamin, dari A ke Z(inc), untuk menunjang gaya hidup sehatmu. Masih bingung mana vitamin yang cocok? Download aplikasi Jovee atau konsultasikan dengan nutrisionis untuk mendapatkan rekomendasi vitamin sesuai kebutuhanmu.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

garam sea salt

Lagi Populer, Inilah Manfaat Garam Sea Salt dan Cara Penggunaannya

Makanan Sehat   30/11/2023
Selada untuk kulit

Enak dan Segar, Inilah Manfaat Selada untuk Kulit dan rambut yang Lebih Sehat

Makanan Sehat   27/11/2023
Manfaat jus apel untuk wajah

Tak Hanya Enak, Ini Lho Manfaat Jus Apel untuk Wajah

Makanan Sehat   17/11/2023
manfaat makan selada

Bikin Kulit Mulus, Ini Manfaat Makan Selada untuk Kecantikan

Makanan Sehat   14/11/2023
manfaat minyak kanola

Yuk Kenali Apa Saja Manfaat Minyak Kanola

Makanan Sehat   10/11/2023