fbpx

9 Tips Membiasakan Diri Mengonsumsi Makanan Sehat

by | Sep 18, 2020 | Gaya Hidup Sehat | 0 comments

Mengonsumsi makanan sehat memang selalu disarankan supaya kesehatan tubuh benar-benar terjaga. Nutrisi yang terkandung di dalam makanan tersebut dibutuhkan sistem imun untuk menjalankan fungsinya. Jika Anda jarang makan makanan sehat, otomatis Anda akan lebih rentan terinfeksi penyakit. Sayangnya, sebagian orang tidak terbiasa mengonsumsi jenis makanan sehat. Kebanyakan jenis makanan sehat memang mempunyai rasa yang kurang enak, sehingga banyak orang yang lebih tertarik mengonsumsi makanan junk food yang rasanya gurih. 

Makanan sehat adalah makanan yang seimbang dan mengandung sayur dan buah, karbohidrat seperti roti dan kentang, sumber protein seperti daging, ikan, telur dan kacang-kacangan, susu dan produk susu. Mengingat pentingnya makanan sehat bagi tubuh, berikut ini dijabarkan beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk membiasakan lidah dengan menu makanan sehat.

 

Cara membiasakan diri untuk mengonsumsi makanan sehat

Infeksi penyakit seringkali dipengaruhi oleh gaya hidup dan kebiasaan buruk yang Anda lakukan sehari-hari, termasuk pola makan tidak sehat. Padahal, menu makanan sehat sangat diperlukan organ-organ tubuh guna mengoptimalkan kerjanya. Selain itu, konsumsi variasi makanan sehat adalah kunci agar tubuh Anda memperoleh nutrisi yang lengkap.

Di bawah ini adalah sejumlah cara yang bisa dilakukan supaya lidah terbiasa dengan makanan sehat, diantaranya:

 

1. Mulailah secara perlahan

Ingatlah bahwa Anda baru belajar menyesuaikan lidah dengan makanan sehat. Bagi orang yang belum terbiasa mengonsumsi makanan sehat memang akan terasa sulit. Namun setidaknya Anda bisa memulainya secara perlahan-lahan. Cara ini bisa dilakukan secara bertahap. Misalnya saja bisa dengan mengonsumsi makanan sehat seminggu 3 kali.

Selain itu Anda bisa mengurangi makanan yang kurang sehat seperti makanan junk food, minuman kopi, atau makanan tidak sehat lainnya. Meskipun hal ini tidak mudah dilakukan, namun setidaknya Anda mempunyai niat supaya bisa secara perlahan terbiasa dengan mengonsumsi makanan sehat.

 

2. Mulai Melatih Lidah Supaya Terbiasa Makan Makanan yang Sehat

Anda harus melatih lidah supaya benar-benar terbiasa dalam menerima makanan sehat. Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan lebih sering mengonsumsi makanan sehat dibandingkan dengan mengonsumsi makanan kurang sehat. Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat pada porsi yang kecil, seperti sayuran. Jangan konsumsi dalam porsi banyak jika sekiranya lidah Anda belum terbiasa.

 

3. Berikan Sugesti Pada Otak

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu dengan memberikan sugesti kepada otak agar meyakini bahwa sayuran tidak seburuk yang dibayangkan. Dengan hal ini maka Anda akan mulai mempercayai bahwa sayuran tidak hanya bagus untuk kesehatan saja. Akan tetapi lidah juga mulai terbiasa supaya bisa mengonsumsi sayuran.

 

4. Variasikan Makanan

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan supaya lidah mulai terbiasa dengan makanan sehat Anda dapat memvariasikan jenis makanan yang dikonsumsi. Silahkan variasikan makanan tersebut sesuai dengan makanan yang Anda sukai. Dengan cara ini maka rasanya tidak akan terasa hambar. Dengan hal ini maka cita rasa dari sayur akan lebih terasa dan jangan segan untuk menambahkan lauk lain seperti ikan dan menambahkan kerupuk.

 

5. Sajikan dengan Aneka Warna

Makanan yang memiliki tampilan beragam warna justru akan menarik perhatian. Khususnya bagi Anda yang kurang berselera makanan sayur karena tampilannya yang monoton. Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menyiasati mencampurkan beberapa sayuran supaya tampilannya lebih menarik. Misalnya saja berupa wortel, cabai, kacang merah, tomat, paprika, buncis maupun yang lainnya. Makanan yang bervariasi warna mampu menarik perhatian dan menjadikan rasanya semakin nikmat.

 

6. Sebaiknya Tidak Mencium Aromanya

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan supaya Anda benar-benar terbiasa mengonsumsi makanan sehat yaitu untuk tidak mencium aroma nya. Bagi orang yang belum terbiasa mengonsumsi sayuran memang akan kurang suka dengan aroma tercium pada sayur. Apabila Anda ingin aromanya tercium enak dan lezat, maka jangan merebus sayuran, akan tetapi Anda bisa menumisnya.

 

 7. Sambil Mendengarkan musik

Selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu dengan mendengarkan musik yang bisa menjadikan suasana lebih menyenangkan. Ternyata mendengarkan musik Anda sukai dapat menambah nafsu makan. Oleh karena itu Anda dapat mencoba tips ini supaya lidah mulai terbiasa mengonsumsi jenis makanan sehat. Semakin banyak jenis makanan sehat yang Anda konsumsi tentunya akan membuat tubuh semakin sehat.

 

8. Makan Bersama

Mengonsumsi makanan sehat bagi orang yang belum terbiasa memang akan sulit dilakukan. Terutama saat dirinya harus makan seorang diri. Namun ternyata makanan yang sehat akan terasa nikmat apabila makan bersama dengan beberapa teman ataupun keluarga. Dengan cara inilah maka Anda bisa menyiasati lidah supaya mulai terbiasa dengan makanan sehat.

 

9. Buat Tampilan Lebih Menarik

Supaya memikat daya tarik diri seseorang, maka Anda disarankan untuk membuat tampilan sayuran atau makanan sehat tersebut lebih menarik. Pada biasanya tampilan yang monoton seringkali membuat diri seseorang kurang tertarik untuk mengonsumsinya. Oleh karena itu Anda selalu disarankan supaya mengubah tampilan makanan sehat tersebut agar lebih menarik.

Memang tidak sulit membuat lidah terbiasa mengonsumsi makanan sehat asalkan Anda mempunyai niat untuk menghindari makanan tidak sehat dan mulai mengubah pola gaya hidup dengan rutin mengonsumsi makanan sehat. Melalui beberapa tips yang ada di atas, Anda tidak akan mengalami banyak kesulitan.

Ingin tahu tips dan trik seputar kesehatan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store untuk mendapatkan rekomendasi suplemen. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

 

Referensi:

Noma N. (Forbes). 2018. 10 Simple Ways To Start Eating Healthier This Year.

Rudy M. (Healthline). 2016. Healthy Eating — A Detailed Guide for Beginners.

Beli di Aplikasi Jovee

Aplikasi Jovee berbasis data science.
Cukup jawab beberapa pertanyaan, dan Jovee akan merekomendasikan beberapa paket sesuai kebutuhan dan gaya hidup Anda

Belanja di Jovee Shop

Jovee Shop menawarkan paket suplemen dalam bentuk sachet untuk konsumsi 30 hari atau 7 hari. Suplemen dari Jovee adalah suplemen terbaik, asli dan berlisensi dari partner domestik dan internasional