fbpx

Begini Cara Masak Telur yang Tepat dan Sehat

by | Oct 20, 2020 | Gaya Hidup Sehat, Makanan Sehat | 0 comments

Telur merupakan makanan yang paling murah untuk didapatkan dan mudah untuk dibeli. Anda harus tahu, bahwa telur memiliki kandungan kalori yang relatif sedikit dan juga dikemas dengan kandungan lain berupa protein, vitamin, mineral, lemak tak jenuh ganda atau tunggal, dan nutrisi. Bagaimana, sih, cara masak telur yang benar? 

Anda harus tahu bahwa cara untuk menyiapkan telur ini bisa mempengaruhi profil gizi dari telur. Anda tahu telur merupakan makanan yang lezat dan sederhana untuk dihidangkan. Tidak hanya itu, telur mampu dimasak dengan cara yang beragam serta mudah untuk digabungkan dengan makanan sehat yang lain, layaknya sayur-sayuran. 

 

Metode Memasak Telur 

Kenapa Anda harus memasak telur? Karena, dengan memasak akan menghancurkan bakteri berbahaya, membuatnya lebih aman untuk dikonsumsi. Inilah metode memasak yang sangat populer, diantaranya sebagai berikut: 

 

1. Rebus

Telur rebus dimasak dalam cangkang, dengan panci berisi air mendidih jangka waktu 6-10 menit, tergantung pada seberapa baik kematangan isi kuning telur. Anda harus tahu bahwa semakin lama merebus akan semakin keras isi kuning telur.

 

2. Goreng

Memasak telur pada umumnya adalah digoreng, dengan cara dipecah dan dimasukkan ke dalam wajan panas yang mengandung lapisan tipis dari lemak atau minyak goreng.

 

3. Panggang

Mungkin cara memasak telur dipanggang dilakukan oleh sebagian orang saja. Anda bisa memasak telur dengan cara dipanggang yang dimasukkan ke dalam open panas hingga telurnya matang.

 

4. Orak-arik

Anda bisa memasak telur dengan dipecahkan dulu dan diambil isinya. Selanjutnya, tuang ke mangkuk dan kocok hingga berwarna kuning. Selanjutnya Anda masukkan ke dalam wajan panas, dan diaduk dengan api kecil sampai matang.

 

5. Dadar

Selanjutnya Anda bisa memasak telur dengan cara didadar, konsep pembuatannya sama dengan telur orak-arik. Tetapi, telur dadar ketika sudah dimasukkan ke dalam wajan maka tidak perlu diaduk.

 

6. Microwave

Microwave dapat digunakan untuk memasak telur dengan berbagai cara. Dibutuhkan lebih sedikit waktu untuk memasak telur dalam microwave daripada di atas kompor. Namun, hal ini bukanlah ide yang baik untuk isi telur yang masih ada di dalam cangkang, karena tekanan dapat dengan cepat terbentuk di dalamnya, dan telur dapat meledak.

 

Telur yang Dimasak Membuat Nutrisi Lebih Mudah Dicerna 

Anda harus tahu bahwa memasak telur akan membuat makanan lebih mudah dicerna. Memasak telur akan membuat Anda lebih aman ketika mengkonsumsinya, tidak hanya itu sebagian gizi juga akan mudah untuk dicerna. Salah satu contohnya yaitu protein dalam telur.

Faktanya, dalam penelitian telah menemukan bahwa tubuh manusia dapat menggunakan 91% protein di dalam telur yang sudah dimasak, dibanding dengan mengkonsumsi telur mentah yang hanya mencapai 51%. 

Perubahan pencernaan ini diduga terjadi, karena panas yang mampu menyebabkan perubahan struktural di dalam protein telur. Telur mentah, memiliki senyawa protein yang besar, tetapi terpisah antara satu dengan yang lain dengan struktur rumit serta bengkok. Ketika protein dimasak, panas akan memecah ikatan lemah yang menahan satu sama lain.

Selanjutnya protein akan membentuk ikatan baru dengan protein lain di sekitarnya. Ikatan baru dalam telur yang dimasak ini lebih mudah dicerna oleh tubuh saat ini. Anda bisa melihat perubahan ini, karena putih dan kuning telur akan berubah menjadi gel yang sangat tebal membuatnya menjadi kenyal. 

Ada fakta yang cukup menarik, bahwa protein telur mentah bisa mengganggu ketersediaan biotin mikronutrien.

Anda juga harus tahu bahwa telur ini merupakan sumber biotin yang baik untuk tubuh dan nutrisi penting di dalamnya mampu digunakan untuk memetabolisme lemak serta kadar gula. Apa nutrisi itu? Vitamin B7 dan Vitamin H. 

Dalam telur mentah, protein yang ada pada putihnya disebut sebagai avidin yang akan berikatan dengan biotin, yang tidak akan tersedia oleh tubuh. Tetapi, ketika Adna memasaknya ke dalam panas maka bisa merubah struktur avidin dan membuat kurang efektif dalam mengikat biotin. Sehingga, biotin ini akan mudah diserap oleh tubuh. 

Baca juga:

Awas! Bahaya Konsumsi Telur Infertil Bagi Kesehatan

Manfaat Putih Telur untuk Kesehatan Tubuh

20 Makanan Lezat Sumber Protein Tinggi

 

Tips dan Cara Masak Telur Super Sehat 

Telur memanglah bergizi, tetapi apakah Anda bisa memasaknya dengan sehat? Inilah 5 tips memasak telur secara sehat, diantaranya sebagai berikut: 

 

1. Memilih metode memasak yang rendah akan kalori

Anda harus tahu bahwa metode memasak yang baik dan rendah kalori adalah dengan merebus telur. Metode memasak yang satu ini tidak akan menambah kalori lemak ekstra, sehingga makanan akan lebih rendah kalori dibandingkan dengan telur goreng atau orak-arik atau telur dadar.

 

2. Menggabungkan dengan sayuran dan bumbu

Anda wajib tahu, bahwa telur cocok dengan sayuran. Hal ini menunjukkan, bahwa mengkonsumsi telur merupakan peluang yang sangat besar untuk meningkatkan asupan sayur dengan menambah serat, vitamin ke dalam makanan. Jika Anda ingin menambahkan sayur, ini cocok untuk telur goreng dan orak-arik. 

 

3. Goreng dalam sedikit minyak yang stabil pada suhu sedang

Pastikan bahwa goreng minyak dengan suhu tinggi yang stabil, agar menjaga nutrisi di dalamnya. Gunakan sedikit minyak, atau sekitar 1 sendok makan dalam menggoreng 1-2 buah telur. Agar telur tidak lengket pada panci karena minyak yang sedikit, gunakan panci antilengket.

 

4. Pastikan telur dimasak sampai matang

Telur yang masih mentah dapat mengandung bakteri Salmonella yang dapat menyebabkan tipes, Masaklah telur dengan matang, sekitar di atas suhu 60 – 70 derajat Celsius agar bakteri dan virus dalam telur dapat mati karena panas.

Itulah beberapa cara masak telur yang benar dan sehat. Ingin tahu apakah makanan yang anda konsumsi sudah memenuhi kebutuhan vitamin harianmu? Unduh aplikasi Jovee! Dengan Jovee anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

 

Brands