fbpx

Begini Cara Menghilangkan Stretch Mark yang Efektif

by | Oct 23, 2020 | Gaya Hidup Sehat | 0 comments

Stretch mark merupakan garis-garis atau guratan yang muncul di bagian tubuh tertentu, seperti perut, dada, pinggul, bokong, betis dan paha. Secara umum, stretch mark ini tidak berbahaya. Tetapi, tentu dapat mengganggu penampilan dan percaya diri seseorang. Stretch mark sendiri muncul akibat peregangan kulit. Tidak hanya muncul setelah ibu hamil melahirkan, stretch mark juga bisa dialami oleh orang-orang yang mengalami peningkatan maupun penurunan berat badan secara drastis dan cepat. Lantas, bagaimana cara menghilangkan stretch mark tersebut? Baca artikel ini sampai akhir, ya!

 

Cara alami menghilangkan stretch mark

Sebetulnya, sampai saat ini belum ada cara yang benar-benar ampuh untuk mencegah munculnya stretch mark. Nah, untuk menghilangkan stretch mark yang terlanjur muncul juga bisa dibilang tidak mudah.

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa penggunaan krim, losion, salep, atau minyak tertentu dapat menghilangkan stretch mark. Tapi nyatanya, pemakaian bahan-bahan tersebut sebenarnya hanya bertujuan untuk membuat kulit yang mengalami stretch mark jadi lebih halus. Dengan begitu, tampilannya bisa terlihat memudar.

Meski demikian, butuh waktu beberapa bulan atau bahkan tahunan untuk menghilangkan atau setidaknya menyamarkan stretch mark. Waktu yang dibutuhkan untuk menghilangkan atau menyamarkan stretch mark pun dapat berbeda-beda pada setiap orang.

Hal tersebut disebabkan oleh sifat genetik yang ikut berperan dalam pembentukan stretch mark di kulit. 

Namun setidaknya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menyamarkan tampilan stretch mark perlahan-lahan, yakni dengan eksfoliasi.

Ya, salah satu cara alami dan sederhana untuk menyamarkan hingga menghilangkan tampilan stretch mark, baik di bokong, perut, ataupun betis, adalah dengan rutin melakukan eksfoliasi kulit.

Eksfoliasi akan membantu menghilangkan penumpukan sel kulit mati yang berlebih. Selain itu, menghilangkan stretch mark dengan cara eksfoliasi kulit juga membantu membuat kulit jauh lebih halus setelahnya.

Bahan-bahan di bawah ini bisa Anda gunakan untuk mengeksfoliasi kulit, yaitu:

  • Madu. Campurkan madu dengan garam dan gliserin. Kemudian oleskan pada bagian stretch mark yang ingin Anda hilangkan dan gosok dengan pelan-pelan. Biarkan hingga kering dan bilas menggunakan air sampai bersih.
  • Gula. Jadikan gula sebagai scrub yang akan mengangkat sel kulit mati di atas stretch mark Anda sehingga warnanya akan pudar. Anda bisa mencampurkan satu sendok teh gula dengan minyak esensial atau madu, dan beberapa tetes perasan lemon. Gosokkan campuran tersebut setiap sebelum mandi.

 

Menggunakan bahan-bahan alami untuk memudarkan stretch mark

Nah, selain kedua bahan di atas, tampilan stretch mark juga dapat disamarkan seiring berjalannya waktu dengan bantuan bahan alami.

Memang, sih, belum ada bukti ilmiah mengenai seberapa efektif bahan-bahan tersebut untuk membantu menghilangkan stretch mark. Tapi, sah-sah saja bila Anda ingin menggunakannya, asalkan tidak memiliki alergi terhadap bahan-bahan di bawah ini.

 

1. Minyak zaitun, jarak (castor), dan kelapa

Minyak zaitun, jarak, dan kelapa berfungsi untuk melembabkan dan mengangkat sel kulit mati. Memijat bagian tubuh yang memiliki stretch mark dengan minyak bisa dilakukan sebagai cara alami menghilangkan stretch mark.

Dengan begitu, aliran darah akan lebih lancar sehingga tampilan stretch mark dapat tersamarkan. Pijatlah bagian tubuh tersebut dengan gerakan memutar sekitar 5 – 10 menit.

Setelah memijat lembut bagian tubuh tersebut, diamkan selama 30 menit agar vitamin A, D, dan E yang terkandung dalam minyak dapat terserap ke dalam kulit. 

Ada baiknya Anda melakukan cara menghilangkan stretch mark di bokong, perut, dan betis ini sebelum mandi. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

2. Lidah buaya

Aloe vera atau gel lidah buaya dapat menenangkan kulit dan membantu mempercepat proses penyembuhan. Caranya cukup gosokkan langsung gel lidah buaya ke kulit dan diamkan selama 15 menit. Lalu, bilas gel tersebut dengan dengan air hangat.

 

3. Putih telur

Putih telur mengandung protein tinggi yang bisa membantu peremajaan sel kulit dan meregenerasi kulit sehingga tampak lebih cerah. Karenanya, putih telur berpotensi menjadi salah satu cara untuk menghilangkan stretch mark di bokong, perut, dan betis.

Pertama-tama Anda perlu memisahkan putih dan kuning telur dan mengocoknya supaya lebih mudah untuk diaplikasikan. Oleskan putih telur ke area kulit yang terdampak dan diamkan selama 15 menit sebelum dibilas menggunakan air dingin. 

Jangan lupa untuk memakaikan pelembab ke area tubuh tersebut untuk menjaga kelembabannya. Ulangi cara ini setiap hari untuk membantu mencerahkan kulit Anda dan menghilangkan warna stretch mark.

Baca juga: Manfaat Putih Telur untuk Kesehatan Tubuh

 

4. Kentang

Kentang mengandung polifenol dan karotenoid yang dapat membantu memperbaiki tekstur kulit. Untuk memudarkan atau menghilangkan stretch mark yang timbul, Anda bisa memotong dan menggosokkan kentang ke bagian kulit yang memiliki stretch mark. Diamkan hingga mengering, kemudian bilas menggunakan air hangat.

 

Cara efektif menghilangkan stretch mark dengan obat dan prosedur medis

cara menghilangkan stretch mark merah

Sayangnya, stretch mark tidak bisa dihilangkan hanya dengan perawatan bahan-bahan di atas. Supaya benar-benar hilang, ada cara medis khusus yang lebih efektif untuk menghilangkan stretch mark, seperti microdermabrasi, microneedling, laser, dan operasi plastik.

Dijelaskan juga oleh dr. Irma Lidia, tim dokter Jovee, “Sampai saat ini belum ada terapi yang benar-benar dapat menghilangkan stretch mark secara total, dan untuk mencegah timbulnya stretch mark hindari kenaikan atau penurunan berat badan yang drastis,”

Beliau juga menambahkan, “Namun apabila sudah timbul stretch mark, hasil perawatan yang paling baik adalah bila dilakukan treatment saat awal terbentuknya stretch mark,”

Ada pula beberapa pilihan obat topikal alias obat oles yang dinilai ampuh dalam menghilangkan stretch mark. Umumnya, obat-obatan tersebut dijual bebas di apotek, supermarket, toko obat, dan klinik perawatan kecantikan. Apa saja obatnya?

 

1. Krim retinoid

Retinoid adalah turunan vitamin A yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan perawatan kulit. Contoh krim oles ini adalah obat-obat yang mengandung tretinoin. Pemakaian krim tretinoin diyakini efektif untuk menghilangkan stretch mark yang baru terbentuk, dan membuat kulit kembali mulus.

Retinoid juga mampu meningkatkan produksi kolagen untuk membantu kulit tetap kencang dan tidak kusam. Namun, krim retinoid tidak dianjurkan untuk wanita yang sedang mengandung dan menyusui. Pasalnya, retinoid dikhawatirkan dapat menyebabkan kecacatan pada bayi.

Nah, saat stretch mark masih berwarna merah, disarankan untuk memakai pelembab yang intensif dan yang mengandung vitamin C, AHA, retinoid ataupun terapi lainnya. Tapi, ibu hamil dan menyusui sebaiknya tidak menggunakan retinoid,” lanjut dr. Irma.

 

2. Krim hyaluronic acid

Kandungan asam hialuronat juga dapat merangsang produksi kolagen pada kulit, sehingga dapat digunakan untuk menghilangkan stretch mark. Meski begitu, keamanan penggunaan asam hialuronat pada ibu hamil dan menyusui belum diketahui dengan jelas.

Selain menggunakan obat topikal, ada juga beberapa prosedur medis yang bisa Anda pilih untuk menghilangkan stretch mark secara efektif, diantaranya ialah:

 

3. Microneedling

Microneedling dapat dilakukan menggunakan alat bantu berupa dermaroller. Prosedur ini menggunakan jarum-jarum berukuran sangat kecil, untuk membuat titik-titik luka yang sangat halus di permukaan kulit. 

Tujuannya adalah untuk memicu produksi kolagen dan elastin, guna memperbaiki tekstur kulit yang mengalami stretch mark.

 

4. Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah prosedur yang dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati atau eksfoliasi, sehingga akan memicu pertumbuhan lapisan kulit baru yang lebih elastis. Meski lebih sering digunakan untuk wajah, tapi prosedur ini juga efektif digunakan untuk menghilangkan stretch mark.

 

5. Terapi laser

Terapi laser merupakan salah satu prosedur yang sangat terkenal untuk perawatan kulit, termasuk untuk menghilangkan stretch mark. Sinar laser akan merangsang produksi kolagen dan elastin di kulit. 

Terapi ini sangat efektif dalam meregenerasi sel-sel kulit dan memperbaiki struktur kulit Anda. “Ketika stretch mark sudah menjadi putih, hanya beberapa jenis treatment yang bisa, walau agak sulit, memberi perbaikan. Contohnya microneedling, laser, dan lain-lain.” tutur dr. Irma lagi.

Baca juga: 

Cara Alami dan Aman Menghilangkan Noda Bekas Jerawat

Cara Memutihkan dan Mencerahkan Wajah Secara Alami

Kini, ada berbagai macam produk dan prosedur kecantikan yang menjanjikan hasil optimal untuk menghilangkan stretch mark. Namun Anda perlu berhati-hati, karena tidak semuanya terbukti efektif dan aman. Konsultasikan lebih lanjut ke dokter kulit mengenai cara untuk menghilangkan stretch mark yang efektif dan sesuai dengan kondisi kulit Anda.

Penasaran dengan tips dan trik kesehatan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

 

Referensi:

American Academy of Dermatology. Stretch marks: Why they appear and how to get rid of them.

American Academy of Dermatology. Microdermabrasion.

Mayo Clinic (2019). Stretch Marks.

NHS UK (2016). Stretch Marks.

Husaini, Z. Parents. Stretch Mark Creams: What Works, What Doesn’t.

Anthony, K. Healthline (2018). Getting Rid of White Stretch Marks.

Watson, K. Healthline (2018). Home Remedies for Stretch Marks: 5 Ingredients to Try.

Cherney, K. Healthline (2018). Microneedling: Collagen Induction Therapy.

WebMD. Hyaluronic Acid.

Brands