fbpx
BerandaKesehatan LainnyaBentuk Perut Ibu Hamil dan Arti Sebenarnya

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa bentuk perut ibu hamil yang tinggi berarti bayi Anda berjenis kelamin laki-laki. Sedangkan perut melebar di bawah artinya jenis kelamin si bayi adalah perempuan. Kalau bentuk perut sangat besar, tandanya Anda akan mendapatkan bayi yang besar pula. Pertanyaannya adalah, apakah benar bentuk dan ukuran perut menentukan jenis kelamin bayi? Cari tahu faktanya di bawah ini.

bentuk-dan-ukuran-perut-ibu-hamil

Faktor-faktor yang memengaruhi ukuran dan bentuk perut ibu hamil

Perut wanita yang baru pertama kali hamil biasanya baru mulai terlihat menonjol di usia kehamilan 12 – 16 minggu. Jadi, bentuk perut belum akan membesar pada ibu hamil 1 minggu, 1 bulan, bahkan 4 bulan.

Ukuran lingkar perut tersebut akan bertambah, rata-rata, 1 cm per minggu. Meski begitu, ukuran perut tiap ibu hamil dapat berbeda-beda.

Usia kehamilan 1 minggu belum menunjukkan tanda-tanda fisik yang berarti. Ya, termasuk bentuk perut ibu hamil 1 minggu yang juga belum terlihat. Umumnya, seorang wanita akan merasakan gejala kehamilan pertama berupa siklus haid yang terlambat, yaitu sekitar minggu ke-4 kehamilan. Sebagian wanita akan merasakan kram perut serta bercak darah, disusul mual, muntah, dan gejala awal kehamilan lain pada minggu-minggu berikutnya.

Saat hamil 1 bulan, Anda pun belum terlihat seperti orang hamil karena bentuk janin masih berupa kumpulan sel yang disebut embrio. Sel-sel dalam embrio mengelompok untuk kemudian berkembang menjadi bagian-bagian tubuh.

Memasuki masa hamil 4 bulan, janin Anda akan berukuran kurang lebih 13 cm dengan berat sekitar 140 gram. Karenanya, bentuk perut ibu hamil 4 bulan pun mulai membesar dan Anda juga dapat merasakan pergerakan janin.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat memengaruhi ukuran ibu hamil tampak besar atau kecil, bentuknya bulat atau melebar, dan letak perut tampak tinggi atau rendah, diantaranya:

1. Postur tubuh

Umumnya, ukuran perut akan tampak lebih besar jika ibu hamil memiliki tubuh yang kurus dan posturnya tidak terlalu tinggi. Sedangkan dari segi bentuk, perut cenderung lebih melebar ke samping kalau postur tubuh Anda pendek. Sebaliknya, ibu hamil dengan postur tubuh tinggi perut akan memiliki perut yang lebih menonjol ke depan.

2. Berat badan

Kenaikan berat badan yang berlebihan selama kehamilan turut memengaruhi ukuran perut ibu hamil yang terlihat lebih besar. Namun, perut yang besar tersebut tidak menandakan bahwa bayi yang ada di dalam kandungan juga berukuran besar.

3. Otot perut

Otot-otot perut yang kuat akan membantu seorang wanita menggendong calon bayi dalam perutnya. Sementara otot perut yang kencang mampu menahan dan mengangkat rahim yang makin membesar seiring bertambahnya usia kehamilan. Inilah alasannya perut ibu hamil yang suka berolahraga dan baru pertama kali hamil cenderung lebih tinggi.

Otot perut yang kuat dan kencang juga akan membuat bentuk perut tampak lebih kecil dan tidak menonjol karena dapat mendekap janin lebih dekat dengan tubuh. Sebaliknya, wanita yang jarang olahraga dan otot perutnya lebih kendur memiliki bentuk perut yang terlihat lebih rendah.

4. Jumlah dan posisi bayi dalam kandungan

Perut ibu hamil yang berukuran besar bisa menandakan ia mengandung bayi kembar. Tentunya ibu hamil yang mengandung bayi tunggal mempunyai ukuran perut yang lebih kecil. Bicara soal bentuk perut ibu hamil yang melebar, mungkin disebabkan karena posisi bayi yang melintang.

Posisi janin dalam kandungan bisa berubah-ubah seiring usia kehamilan. Misalnya saja, bayi dapat berpindah posisi mendekati pinggul, sehingga membuat bentuk perut si ibu tampak lebih rendah.

5. Jumlah bayi yang sudah Anda lahirkan alias riwayat kehamilan

Tubuh manusia mempunyai daya ingat yang baik. Hormon-hormon yang dihasilkan ketika Anda hamil kedua kalinya akan membuat otot-otot serta ligamen perut melebar otomatis. Karena sebelumnya otot ini pernah meregang, perut Anda akan terlihat lebih cepat, menonjol dan rendah. Setiap kehamilan yang Anda jalani, otot-otot perut Anda terus meregang karena rahim yang juga terus berkembang.

6. Ukuran janin

Perut ibu hamil yang tampak kecil juga dapat dipengaruhi ukuran bayi dalam kandungan yang memang tidak besar. Janin bisa berukuran lebih kecil dari rata-rata kalau Anda mempunyai riwayat keluarga dengan tubuh kecil. Sebaliknya, ukuran perut ibu hamil akan terlihat lebih besar apabila ukuran janin besar pula.

7. Cairan ketuban

Perut ibu hamil yang kecil bisa menjadi tanda kekurangan cairan ketuban atau oligohidramnion, sedangkan perut tampak lebih besar dapat disebabkan oleh cairan ketuban yang terlalu banyak atau polihidramnion.

Bentuk perut ibu hamil tidak bisa memprediksi jenis kelamin bayi

perut-ibu-hamil-6-bulan

Seperti yang telah disebutkan di atas, ukuran dan bentuk perut ibu hamil dipengaruhi oleh banyak faktor. Tapi, keduanya tidak dapat memperkirakan jenis kelamin calon bayi Anda.

Beberapa ahli dari Universitas Johns Hopkins melakukan penelitian terhadap 104 wanita hamil untuk membuktikan mitos tersebut. Hasilnya menunjukkan bahwa jenis kelamin bayi tidak berhubungan dengan bentuk perut ibu hamil.

Lantas, apa makna dari bentuk perut tersebut?

  • Perut melebar: posisi janin yang melintang alias sungsang. Idealnya, kepala bayi menghadap ke atas atau ke bawah. Hal yang harus Anda waspadai adalah posisi bayi melintang yang mendekati waktu persalinan dapat membuat proses kelahiran lebih sulit.
  • Perut rendah: tandanya ini adalah kehamilan kedua atau ketiga Anda. Pada kehamilan kedua atau ketiga, otot-otot dan ligamen yang menyokong rahim akan meregang dan melemah sehingga membuat perut terlihat lebih rendah. Masalahnya, bentuk perut ibu hamil ini adalah besarnya tekanan yang diberikan terhadap punggung bagian bawah.
  • Perut tinggi: artinya, kehamilan ini adalah kali pertama Anda atau Anda memiliki otot-otot serta ligamen perut yang kuat karena rajin olahraga.

Lantas, bisakah ibu hamil memprediksi jenis kelamin calon bayinya?

Menurut dr. Irma Lidia, tim dokter Jovee, untuk mengetahui jenis kelamin dalam kandungan, cara yang lebih tepat dan rutin digunakan adalah melakukan ultrasonografi (USG).

USG menggunakan gelombang suara untuk membuat gambar bayi Anda, dan sering dipakai juga untuk memeriksa perkembangan dan kesehatan janin.

“Jenis kelamin biasanya dapat ditentukan paling cepat pada kehamilan 14 minggu. Biasanya, USG untuk melihat jenis kelamin dilakukan di usia kehamilan 18 – 20 minggu,” jelas dr. Irma.

Namun, posisi bayi terkadang membuat sulit untuk melihat alat kelamin dengan jelas. “Selain USG, tes lain yg bisa menentukan jenis kelamin bayi adalah amniosentesis dan pengambilan sampel vilus korionik (CVS). Tapi, tes ini lebih invasif dan umumnya dilakukan untuk melihat kemungkinan bayi memiliki kelainan genetik atau kelainan kromosom, seperti sindrom Down.” lanjut beliau.

Ukuran dan bentuk perut bayi dipengaruhi oleh beberapa hal, mulai dari posisi janin, riwayat kehamilan, otot perut, bahkan kadar cairan ketuban (amniotik) di dalam rahim.

Kesimpulan yang bisa ditarik dari tulisan ini adalah, besar dan kecilnya perut bayi tidak menentukan ukuran bayi Anda nantinya. Hal yang sama juga berlaku bagi bentuk perut ibu hamil yang tinggi ataupun rendah tidak memprediksi jenis kelamin calon bayi, karena yang terpenting adalah bayi yang tumbuh dan berkembang dengan sehat di dalam perut ibu.

Anda dapat memaksimalkan perkembangan bayi serta mengurangi resiko spina bifida dengan mengonsumsi vitamin Blackmores Pregnancy I Folic 150 Kap – Vitamin Ibu Hamil (Rp 182.486) yang mengandung kombinasiasam folatdanyodium yang baik untuk tumbuh kembang janin.

Ingin mengetahui informasi kesehatan terpercaya? Simak selengkapnya di Jovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Baca juga:

Ketahui 5 Vitamin Terbaik untuk Ibu Hamil

6 Tips Olahraga Aman untuk Ibu Hamil Muda

Cara Alami Mengatasi Mual dan Muntah Saat Hamil

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

egg-freezing

Prosedur dan Kisaran Biaya Egg Freezing

Kesehatan Lainnya   29/06/2022
husband-stitch

Mengenal Husband Stitch dan Dampaknya Pada Ibu

Kesehatan Lainnya   29/06/2022
eosinofil-tinggi

Mengenal Eosinofil dan Fungsinya Bagi Tubuh

Kesehatan Lainnya   28/06/2022
minyak-esensial

4 Tips Membeli Minyak Esensial

Kesehatan Lainnya   27/06/2022
dna-fragmentation-index

Mengenal DNA Fragmentation Index (DFI)

Kesehatan Lainnya   26/06/2022