fbpx
BerandaKesehatan LainnyaBeras Mentah Bolehkah Dimakan?

Mungkin Anda sudah tahu bahwa terdapat makanan yang tidak bisa dilepas bagi sebagian besar orang. Ya, beras jawabannya. Beras merupakan makanan pokok yang harus dikonsumsi dalam keseharian bagi sebagian besar orang di dunia. Variasi beras di dunia sendiri terdapat 40 jenis dan sangat susah sekali untuk mendapatkan beras dengan kualitas terbaik. Beras merupakan sumber energi yang baik untuk tubuh dan banyak varietas.

Beras Mentah Bolehkah Dimakan?

Anda sudah tahu bukan bahwa beras akan dimasak secara konvensional sebelum dikonsumsi, ada beberapa orang yang bertanya mengenai “Apakah bisa memakan beras mentah? Dan, jika melakukannya akankah mendapatkan manfaat kesehatan tambahan?” Nah, kali ini akan ada penjelasan mengenai beras mentah.

Risiko Mengkonsumsi Beras Mentah

Mengkonsumsi beras mentah telah dikaitkan dengan beberapa masalah kesehatan. Anda harus tahu risiko memakan beras mentah, bisa saja menimbulkan keracunan. Inilah yang akan didapatkan ketika memakan beras mentah, diantaranya sebagai berikut:

1. Keracunan Makanan

Kenapa bisa menyebabkan keracunan ketika makan beras mentah? Karena, beras sendiri menampung bakteri yang berbahaya. Bakteri yang ada di beras mentah adalah Bacillus cereus (B. Cereus). Bahkan, fakta penelitian adalah terdapat B. cereus di setengah sampel beras. Apakah Anda tahu B. cereus? B. cereus adalah bakteri yang biasanya ditemukan di dalam tanah dan bisa mencemari beras yang mentah.

Bahkan, bakteri ini mampu membentuk spora, yang bisa membantu Anda untuk bertindak sebagai perisai dan hal yang memungkinkan lagi adalah bertahan hidup ketika dimasak. Hal yang perlu untuk Anda ketahui lagi adalah bakteri ini umumnya ketika dimasak dengan suhu tinggi dapat meminimalkan pertumbuhan di dalamnya. Sedangkan, beras yang mentah dan tidak disimpan secara benar sebelum digunakan dan ketika sudah dimasak tidak matang dan kondisinya sudah mendingin pertumbuhan bakteri akan cepat berkembang.

Apa yang diakibatkan dari keracunan B. cereus? Hal yang bisa timbul karena makan beras mentah yang mengandung bakter B. cereus adalah mual, muntah, kram perut, maupun diare dan efek ini akan muncul setelah mengkonsumsinya dengan jangka waktu 15-30 menit baru terasa.

2. Masalah Gastrointestinal

Anda harus tahu bahwa beras mentah memiliki beberapa senyawa yang bisa menimbulkan permasalahan pencernaan. Anda harus tahu senyawa yang ada di dalam gastrointestinal adalah lektin yang sejenis dengan protein dan berperan sebagai insektisida alami.

Tetapi, kadang-kadang lektin bisa disebut sebagai antinutrien yang mampu menurunkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi. Tidak hanya itu saja, tubuh manusia tidak mampu menyerap lektin. Sehingga, lektin melewati bagian saluran pencernaan manusia dengan bentuk yang tidak berubah yang mampu merusak dinding usus. Hal ini dapat menyebabkan gejala layaknya diare maupun muntah. Anda harus tahu ketika Anda memasak beras secara matang, maka sebagian besar lektin akan hilang karena suhu panas.

3. Masalah Kesehatan

Dalam beberapa kasus, keinginan untuk makan beras mentah bisa menjadi tanda gangguan makan yang dikenal sebagai pica. Pica adalah selera untuk mengkonsumsi makanan dengan zat yang tidak bergizi. Meskipun pica nampak tidak umum, itu lebih mungkin terjadi di antara anak-anak atau ibu hamil.

Hal ini sementara ada di dalam kebanyakan kasus, tetapi memungkin bimbingan konseling psikologis. Mengkonsumsi beras mentah dalam jumlah besar karena pica telah dikaitkan dengan efek samping seperti kelelahan, sakit perut, rambut rontok, kerusakan gigi, dan anemia karena kekurangan zat besi.

Hal inilah yang harus Anda garis bawahi. Ketika salah satu teman atau keluarga Anda, mulai menunjukkan tanda pica. Anda bisa mencarikan mereka tempat untuk mendapatkan bantuan medis. Anda harus tahu pica bisa menimbulkan komplikasi kesehatan yang serius.

Apakah Beras Mentah Memiliki Berbagai Macam Manfaat?

Mengkonsumsi beras mentah tampak tidak mempunyai manfaat tambahan. Terlebih lagi, konsumsi beras mentah sudah banyak dikaitkan dengan konsekuensi kesehatan yang merugikan, seperti kerusakan gigi, rambut rontok, sakit perut, dan anemia bahkan kekurangan zat besi.

Meskipun makanan mentah telah mendapatkan popularitas di dunia, dalam beberapa tahun terakhir karena pendukungnya mengklaim mereka menawarkan lebih banyak manfaat kesehatan, itu tidak berlaku untuk beras mentah. Jika Anda ingin menikmati beras dan ingin mendapat lebih banyak manfaat tambahan, cobalah beralih ke varietas beras lain, seperti beras merah ataupun beras hitam.

Banyak manfaat ketika Anda menjadikan beras beras merah atau beras hitam untuk kehidupan. Jika dibandingkan dengan beras putih, maka varietas yang satu ini lebih cenderung tinggi antioksidan serta mengandung banyak mineral dan vitamin, terutama vitamin B.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –

8 Sumber Makanan Yang Mengandung Zinc

Kenali Manfaat Vitamin B3 Bagi Kesehatan

Apa yang Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Selenium

Kalsium, Seperti Apa Kandungannya?

Vitamin B12: Manfaat dan Sumber Vitamin

5 Fakta Mengenai Vitamin E

Manfaat Jamu Untuk Daya Tahan Tubuh

Maka dari itu saja, ketika Anda ingin memakan pastikan bahwa tidak mengkonsumsi beras. Banyak dampak negatif yang akan Anda dapatkan dengan mengkonsumsi beras mentah. Lebih baik Anda mengonsumsi vitamin & suplemen jika ingin menjaga kesehatan, seperti mengonsumsi vitamin Blackmores Multi B Performance (Rp 145.655) yang kaya akan vitamin B kompleks, mineral, serta herbal yang utamanya akan bisa membantu memelihara dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Ingin mengetahui info kesehatan terpercaya? Daftarkan email anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

cara-merawat-rambut

6 Cara Merawat Rambut Setelah Keratin Treatment

Kesehatan Lainnya   25/11/2022
propylene-glycol-adalah

Propylene Glycol: Kegunaan dan Efek Samping

Kesehatan Lainnya   10/11/2022
vaksin-cacar-monyet

Mengenal Vaksin Cacar Monyet, JYNNEOS dan ACAM2000

Kesehatan Lainnya   04/11/2022
6 Cara Penyembuhan Herpes Secara Alami Cukup dengan 3 Hari

6 Cara Menyembuhkan Herpes Secara Alami dan Aman dengan 3 Hari

Kesehatan Lainnya   01/11/2022
cara-pakai-highlighter

Beginner Friendly, Ini Tips dan Cara Menggunakan Highlighter

Kesehatan Lainnya   27/10/2022