fbpx

Kelapa merupakan salah satu buah tropis yang paling banyak kegunaannya di Indonesia. Ia bisa dijadikan minuman, santan, minyak, hingga tikar. Tapi, manfaat buah kelapa tak sampai di situ saja. Ada banyak nutrisi terkandung di dalamnya yang menyimpan khasiat untuk kesehatan.

Fase Pertumbuhan Kelapa dan Nilai Gizinya

Jika melihat dari tahap pertumbuhannya, buah kelapa dibagi dalam tiga fase. Fase pertama berlangsung dari biji buah yang baru tumbuh hingga menjadi hijau cerah. Kelapa di tahap ini hanya mengandung air dan tidak ada lemak serta belum siap untuk dikonsumsi. 

Kelapa itu kemudian masuk fase dua ketika telah berumur 8 bulan. Biasa disebut kelapa muda, kulit kelapa di fase ini mulai muncul warna kekuningan atau kecoklatan. Rasa airnya sudah mulai manis dan daging putihnya kini bertekstur kenyal.

Pada bulan kesebelas hingga dua belas, kelapa sudah menjadi kecoklatan dan daging di dalamnya sudah mengeras dan memiliki banyak lemak. Kandungan air di dalamnya juga sudah berkurang. 

Karena konsumsi buahnya yang beragam dengan waktu dan bagian yang bisa dimakan, kandungan nutrisi buah kelapa pun bervariasi. Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia, sajian buah kelapa per 100 gram menyimpan berbagai nutrisi berikut:

Air Kelapa Muda

Daging Kelapa Muda 

Daging Kelapa Tua

Energi 17 kalori  68 kalori 359 kalori
Protein 0,2 gram 1 gram 3,4 gram
Lemak 0,1 gram 0,9 gram 34,7 gram
Karbohidrat 3,8 gram 14 gram 14 gram 
Kalsium 15 mg 7 mg 21 mg
Fosfor 8  gram 30 mg 98 mg
Tembaga 0,04 gram 0,14 mg 0,44 mg
Kalium 149 mg 564,6 mg 293,9 mg
Zat besi 0,2 mg 1 mg 2 mg


Manfaat Buah Kelapa yang Baik untuk Kesehatan

Manfaat Air Kelapa Muda 

Kelapa hijau atau muda yang berumur 7-8 bulan merupakan fase yang paling banyak mengandung air. Nutrisi dari air kelapa muda juga menyimpan khasiat yang berguna untuk tubuh.

1. Sebagai Sumber Elektrolit

Berkat kandungan kalium atau potasium yang tinggi, air kelapa muda merupakan alternatif minuman olahraga atau elektrolit yang baik. Buah ini bahkan digunakan dalam cairan hidrasi IV yang digunakan oleh tenaga medis terhadap pasien dalam kondisi darurat tertentu. 

Buah kelapa juga rendah komposisi karbohidratnya dibandingkan kebanyakan minuman olahraga. Hal ini bagus bagi atlet yang sedang mencoba menjaga asupan gulanya namun tetap ingin cepat terhidrasi setelah aktivitas yang berat. Air kelapa pun menjadi sumber hidrasi yang baik untuk olahraga ringan karena gulanya yang rendah.

Perbedaan manfaat air kelapa pernah diuji dalam sebuah studi. Dalam studi tersebut, air kelapa dibandingkan dengan minuman olahraga dan air putih biasa. Studi ini menunjukkan tidak adanya perbedaan tingkat sodium, urine, atau keseimbangan cairan dari ketiga minuman tersebut. 

Meski tak ada perbedaan, air kelapa memberikan efek mual dan kenyang yang lebih sedikit sehingga para partisipan bisa minum lebih banyak. Walau begitu, minuman yang dikhususkan untuk olahraga mungkin lebih diperlukan untuk atlet karena nutrisinya yang dikhususkan untuk mereka. 

2. Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan kalium yang tinggi pada air kelapa dipercaya punya potensi dalam mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Kalium sendiri dapat menekan reaksi dari sodium yang berlebih di tubuh sehingga tekanan darah dapat ditekan.

Sebuah studi menerangkan khasiat air kelapa ini lewat pengujian pada partisipan yang diberikan air kelapa selama dua minggu. Dari hasil yang didapat, tekanan darah sistolik (tekanan arteri berdasarkan detak jantung) para partisipan menunjukkan angka 71 persen lebih rendah dan tekanan darah diastolik (tekanan arteri ketika ada jeda antara detak jantung) mereka 29 persen lebih rendah.

3. Menurunkan Kolesterol dan Trigliserida

Manfaat buah kelapa yang satu ini juga pernah diuji pada sampel tikus yang diberi air kelapa. Hasil tes tersebut menunjukkan adanya penurunan kemungkinan tikus terkena penyakit jantung. Hal tersebut dikarenakan potensi air kelapa dalam menurunkan total kolesterol trigliserida (lemak di pembuluh darah) dan kolesterol jahat LDL, serta kolesterol yang berada di jantung. 

Selain itu, air kelapa juga membantu sampel tikus tersebut sembuh lebih cepat jika terkena serangan jantung. Para peneliti memercayai manfaat ini punya hubungan dengan kadar kalium, kalsium, dan magnesium yang terdapat di air kelapa. Semua elektrolit tersebut berperan dalam memelihara kesehatan jantung. 

4. Meredakan Stres dan Otot Menegang

Elektrolit dari air kelapa, khususnya kalsium dan magnesium, juga dapat membantu mengatasi stres dan otot yang menegang. Asupan kalsium yang cukup dapat menjaga otot tetap rileks. Efek tersebut juga bereaksi pada otot jantung sehingga memungkinkan pencegahan dari risiko serangan jantung. 

Magnesium juga memiliki fungsi dalam sistem saraf parasimpatis. Bagian sistem saraf ini berperan dalam menjaga tubuh tetap rileks. Saraf ini juga membantu pembentukan serotonin sebagai hormon pemicu mood yang bagus. 

5. Untuk Detoks Tubuh

Tubuh kita punya mekanismenya sendiri untuk membuang racun (detoks). Fungsi ini akan terhambat bila kita tidak mendapatkan asupan nutrisi, khususnya air yang cukup. Kekurangan air bisa menyebabkan hati dan ginjal sebagai organ detoks tak bekerja dengan semestinya. 

Untuk menghindari dehidrasi dan menjaga fungsi detoks tubuh tersebut, asupan 8-10 gelas air perlu dipenuhi setiap harinya. Air kelapa muda dapat membantu memenuhi kebutuhan tersebut, terlebih saat cuaca panas dan sehabis olahraga berat. 

Elektrolit kalium air kelapa juga dapat menekan beberapa dampak negatif dari makanan olahan dengan komposisi sodium yang tinggi, seperti tekanan darah tinggi, stroke, dan gagal jantung.

Manfaat Daging Kelapa 

manfaat-buah-kelapa

Meski mengandung kadar nutrisi yang berbeda, daging buah kelapa muda dan tua menawarkan khasiat yang tak kalah dengan airnya sendiri.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Daging buah kelapa muda dipercaya dapat membantu diet menurunkan berat badan berkat adanya kandungan trigliserida rantai sedang (MCT). Komponen buah kelapa yang satu ini dapat meningkatkan perasaan kenyang serta membakar kalori dan lemak.

7. Dapat Mendukung Pencernaan yang Baik

Daging kelapa memiliki kandungan serat yang membantu membentuk kotoran yang mudah dikeluarkan serta menjaga aktivitas usus sehingga sistem pencernaan bisa lebih sehat. Lemak kelapa yang tinggi juga membantu penyerapan nutrisi lemak larut, termasuk beragam jenis vitamin.

Selain itu, trigliserida rantai sedang (MCT) di daging kelapa dapat memperkuat bakteri usus. Bakteri ini memberikan perlindungan dari inflamasi dan kondisi berbahaya seperti sindrom metabolik (masalah kesehatan yang terjadi secara bersamaan). 

8. Mengandung Antioksidan yang Kuat

Daging kelapa menyimpan senyawa fenolik. Senyawa ini berperan sebagai antioksidan yang menjaga sel dari kerusakan oksidatif yang terjadi karena jumlah radikal bebas yang tak seimbang. 

Sebuah tes laboratorium menunjukkan kalau daging kelapa cukup aktif dalam aktivitas antioksidan dan pembasmian radikal bebas. Daging kelapa juga mempunyai nutrisi polifenol yang mencegah kolesterol LDL. 

Kolesterol jahat dapat ditekan hingga sedikit kemungkinannya untuk menumpuk dan menjadi plak di pembuluh darah arteri. Bila terjadi, penumpukan tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. 

9. Mengurangi Risiko Terkena Infeksi

Riset yang diterbitkan di Journal of Food Science menyebutkan asam lemak yang terkandung di buah kelapa menyimpan antioksidan yang kuat dalam membantu fungsi imun tubuh. Buah kelapa juga menurunkan peradangan sistemik di dalam tubuh. Hal ini pula yang meyakinkan riset tersebut akan kemampuan antioksidan buah kelapa dalam melindungi tubuh dari kemungkinan terkena infeksi. 

10. Meningkatkan Sistem Imun

Mangan dan antioksidan pada daging kelapa dapat mendorong fungsi sistem imun menjadi lebih baik lagi. Nutrisi buah kelapa ini juga dapat menekan inflamasi. Trigliserida rantai sedang (MCT) juga memiliki sifat anti-virus, anti-jamur, dan bisa menekan timbulnya tumor.

Itu dia beberapa manfaat buah kelapa yang baik bagi kesehatan. Banyaknya kegunaan dari air ataupun daging membuat buah kelapa jadi pilihan yang bagus untuk tambahan pola makan yang sehat. Kamu juga bisa dengan mudah memperoleh kelebihan buah ini lewat produk dalam kemasan atau buah dan airnya yang tersedia di para pedagang kaki lima.

Baca juga:

Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil, Amankah Dikonsumsi?

Nafsu Makan Turun Saat DBD? Coba Atasi dengan 4 Tips Ini

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Minum Air Putih?

Ingin tahu manfaat buah lainnya? Simak artikel Jovee lainnya dan unduh aplikasinya sekarang! Dengan Jovee, kamu juga dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai kebutuhan personalmu.

Penulis: Arofah Hafizh A.

 

Referensi:

Adam A. 2019. Coconut.

Jillian L. 2018. Is Coconut Water Good for You?

CDC. 2020. High Blood Pressure.

American Heart Association. 2014. Excess Sodium Hurts Your Health and Your Looks.

Mayo Clinic. 2019. Metabolic syndrome.

Anne D. 2019. 5 Impressive Benefits of Coconut.

Shereen L. 2020. Coconut Nutrition Facts and Health Benefits.

Lauren P. 2019. What Is Coconut Meat, and Does It Have Benefits?

 

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Artikel Terkait

makanan-penyebab-pengentalan-darah

Makanan Penyebab Pengentalan Darah Yang Sebaiknya Dihindari

Makanan Sehat   16/04/2021
Manfaat-mahkota-dewa

Mahkota Dewa: Obat Herbal Berkhasiat Tinggi

makanan-penyebab-kembung

5 Makanan Penyebab Kembung di Perut

manfaat-mengkudu

Kenali Resiko Mengonsumsi Mengkudu Bagi Tubuh

manfaat-green-tea

7 Manfaat Green Tea: Minuman Kaya Antioksidan

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

makanan-penyebab-pengentalan-darah

Makanan Penyebab Pengentalan Darah Yang Sebaiknya Dihindari

Makanan Sehat   16/04/2021
Manfaat-mahkota-dewa

Mahkota Dewa: Obat Herbal Berkhasiat Tinggi

Makanan Sehat   16/04/2021
makanan-penyebab-kembung

5 Makanan Penyebab Kembung di Perut

Makanan Sehat   16/04/2021
manfaat-mengkudu

Kenali Resiko Mengonsumsi Mengkudu Bagi Tubuh

Makanan Sehat   12/04/2021
manfaat-green-tea

7 Manfaat Green Tea: Minuman Kaya Antioksidan

Makanan Sehat   12/04/2021

Brands