fbpx

Biotin Adalah Vitamin B7, Kenali Manfaat, dan Perannya

by | Jun 2, 2020 | Vitamin | 0 comments

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Apakah Anda sering mendengar biotin? Ya, vitamin yang satu ini merupakan salah satu turunan vitamin B yang sangat dibutuhkan bagi tubuh. Vitamin ini sendiri sangat banyak digunakan untuk menjaga proses metabolisme dalam tubuh agar tetap berjalan dengan baik.

Untuk lebih lengkapnya, ini dia beberapa informasi yang perlu Anda ketahui:

Pengertian Biotin

Biotin adalah salah satu jenis vitamin yang ditemukan dalam jumlah kecil di banyak makanan seperti telur, susu, atau pisang. Vitamin ini sendiri merupakan salah satu vitamin B yang juga dikenal sebagai vitamin B7. Biotin adalah vitamin yang biasa digunakan untuk mengatasi permasalahan seperti rambut rontok, kuku rapuh, kerusakan saraf, dan banyak kondisi lainnya.

Vitamin ini termasuk kedalam jenis vitamin yang larut di dalam air. Selain itu tubuh manusia juga tidak menyimpannya. Biotin memiliki banyak fungsi penting dalam tubuh. Enzim yang mengandung biotin ini berpartisipasi penting dalam jalur metabolisme seperti produksi glukosa dan asam lemak.

Dosis Penggunaan

Asupan yang umum direkomendasikan untuk penggunaan vitamin ini adalah 5 mcg (mikrogram) per hari pada bayi dan 30 mcg pada orang dewasa. Dosis ini akan naik hingga 35 mcg per hari pada wanita menyusui.

Manfaat 

Biotin memiliki penting untuk memproduksi energi. Sebagai contoh, beberapa enzim membutuhkannya agar bisa berfungsi dengan baik. Enzim-enzim ini terlibat dalam metabolisme karbohidrat, lemak dan protein. Mereka memulai langkah-langkah penting dalam proses metabolisme nutrisi ini.

Biotin adalah vitamin yang juga diperlukan untuk pembentukan selubung mielin, zat berlemak yang mengelilingi saraf dan memfasilitasi konduksi impuls saraf. Dengan demikian, defisiensi biotin dapat menunda mielinisasi. Vitamin B7 diperlukan untuk perkembangan sel darah putih dan kekurangannya terkait dengan gangguan fungsi kekebalan tubuh dan peningkatan risiko infeksi.

Vitamin ini juga meningkatkan produksi sitokin Th1 untuk memperoleh respon imun untuk melawan infeksi bakteri dan virus

Peran 

Berbagai peran penting biotin bagi tubuh antara lain:

  • Menjaga sel dalam tubuh

Biotin berfungsi dalam menjaga beberapa sel dalam tubuh seperti sel pada saraf dan sel luar tubuh seperti kulit dan rambut dan kuku.

  • Metabolisme glukosa dan glukoneogenesis

Biotin dan vitamin B kompleks berfungsi dalam mengoptimalkan metabolisme energi dari glukosa. Glukoneogenesis merupakan jalur metabolisme ini memungkinkan produksi glukosa dari sumber selain karbohidrat, seperti asam amino. Enzim yang mengandung biotin membantu memulai proses ini.

  • Sintesis asam lemak

Biotin membantu enzim yang mengaktifkan reaksi penting untuk produksi asam lemak.

  • Pemecahan asam amino

Enzim yang mengandung biotin terlibat dalam metabolisme beberapa asam amino penting, termasuk leusin.

Defisiensi atau Kekurangan

Kekurangan vitamin ini  memang sangat jarang terjadi. Namun beberapa kelompok tertentu seperti wanita hamil mungkin akan mengalaminya dalam bentuk ringan.

Tidak ada tes laboratorium yang mampu mendeteksi rendahnya kadar biotin dengan baik. Oleh karena itu gejala defisiensi hanya bisa diidentifikasikan dari gejalanya.

Beberapa gejala kekurangan yang bisa ditimbulkan antara lain penipisan rambut (sering kali dengan hilangnya warna rambut) dan ruam bersisik merah di sekitar mata, hidung, dan mulut. Beberapa gejala lain yang mungkin timbul antara lain depresi, kelelahan, halusinasi, dan kesemutan pada lengan dan kaki. Beberapa bukti menunjukkan bahwa diabetes dapat menyebabkan kadar biotin rendah.

Selain bisa dikonsumsi langsung sebagai suplemen atau makanan, jenis vitamin ini juga bisa diaplikasikan pada kulit sebagai produk kosmetik dengan kadar kandungan 0,0001% hingga 0,6%. Biotin adalah vitamin yang juga bisa ditoleransi dengan baik bila digunakan pada dosis yang dianjurkan. 

Peringatan Penggunaan

Walaupun jenis vitamin ini memberikan manfaat yang baik bagi tubuh, namun penggunaannya perlu diperhatikan sesuai dengan penggunanya.

  • Kehamilan dan menyusui

Bagi para wanita hamil dan menyusui, penggunaan vitamin ini akan aman bila digunakan dalam jumlah yang disarankan selama kehamilan dan menyusui.

  • Anak-anak

Penggunaan vitamin ini akan aman bagi anak-anak jika diminum pada dosis yang tepat.

  • Kondisi Bawaan 

Beberapa orang memiliki kondisi bawaan dimana tubuhnya tidak bisa menyerap vitamin ini dengan baik. Oleh karena itu, orang dengan kondisi ini mungkin memerlukan biotin tambahan. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk bisa menentukan berapa jumlah vitamin yang diperlukan.

Orang yang menerima dialisis ginjal mungkin juga memerlukan vitamin tambahan. Tanyakan kepada penyedia layanan kesehatan Anda untuk mengetahui dosis yang tepat.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Pentingnya manfaat Elektrolit Chloride bagi Tubuh
7 Buah dengan Kandungan Vitamin C Tinggi
Jenis Makanan Mengandung Betakaroten Tinggi
Konsumsi makanan mengandung zat besi untuk Tubuh Lebih Sehat
Makanan Sehat untuk Anda yang Sedang Menjalankan Promil
7 Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan Tubuh
7 Manfaat Toge untuk Kesehatan
Manfaat Putih Telur untuk Kesehatan Tubuh
8 Manfaat Roti Gandum untuk Kesehatan

  • Perokok

Orang yang merokok mungkin memiliki kadar vitamin yang rendah. Oleh karena itu kebutuhan biotinnya dapat dipenuhi dari tambahan konsumsi suplemen.

  • Tes laboratorium

Mengonsumsi suplemen biotin mungkin dapat mengganggu hasil berbagai tes laboratorium darah. Hal tersebut dapat mengarah pada hasil diagnosa yang kurang tepat. Oleh karena itu ketika akan melakukan tes laboratorium, beritahu dokter jika Anda mengonsumsi suplemen biotin. 

Biotin adalah salah satu jenis vitamin B yang penting bagi tubuh. Agar manfaatnya bisa langsung dirasakan, maka Anda harus memperhatikan dosis penggunaan yang dianjurkan. Untuk mendapatkan kebutuhan vitamin yang cukup dengan cara yang simpel dan mudah, Anda juga bisa mengunjungi Jovee.

Melalui Jovee, Anda tidak perlu repot-repot lagi untuk mencari berbagai jenis vitamin seperti biotin dan suplemen yang dibutuhkan karena semuanya sudah tersedia dengan lengkap. Selain itu, rekomendasi jenis vitaminnya juga sudah disesuaikan dengan kondisi kesehatan dan gaya hidup yang dimiliki sehingga Anda tidak akan kesulitan lagi untuk mencarinya.

Beli di Aplikasi Jovee

Aplikasi Jovee berbasis data science.
Cukup jawab beberapa pertanyaan, dan Jovee akan merekomendasikan beberapa paket sesuai kebutuhan dan gaya hidup Anda

Belanja di Jovee Shop

Jovee Shop menawarkan paket suplemen dalam bentuk sachet untuk konsumsi 30 hari atau 7 hari. Suplemen dari Jovee adalah suplemen terbaik, asli dan berlisensi dari partner domestik dan internasional