fbpx
BerandaVitamin & SuplemenBisakah Biotin Vitamin Membantu Rambut Pria Tumbuh?

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Bisakah Biotin Vitamin Membantu Rambut Pria Tumbuh?

Biotin vitamin merupakan sebuah vitamin dan suplemen populer yang terkenal untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Meskipun suplemen ini bukan produk yang baru, namun akhir-akhir ini popularitasnya meningkat, khususnya di kalangan para pria yang ingin meningkatkan pertumbuhan rambut dan menghentikan kerontokan rambut.

Sayangnya, hanya sedikit yang diketahui tentang peranan Biotin dalam masalah kesehatan rambut dan apakah memang benar suplemen ini bisa membantu. Oleh karena itu, artikel ini ingin mengeksplorasi beberapa penelitian yang mendukung dan bisa untuk meyakinkan Anda apakah memang Biotin dapat membantu pria menumbuhkan rambut atau apakah ada resiko kala mengonsumsinya.

Apa Itu Biotin?

Biotin atau Vitamin B7 merupakan sebuah vitamin yang larut dalam air dan termasuk dalam keluarga Vitamin B. Vitamin ini bertanggung jawab atas terjadinya metabolisme di dalam tubuh Anda, terutama kala mengubah makanan menjadi energi. Selain itu, Biotin juga bertugas menjaga kesehatan rambut kulit, dan juga kuku Anda. Bahkan, zat ini juga dikenal dengan nama Vitamin H yang mana merupakan singkatan dari “Haar und Haut” yang dalam Bahasa Jerman adalah sebutan untuk “Rambut dan Kulit”.

Biotin sendiri banyak ditemukan dalam makanan, misalnya kuning telur, hati, kembang kol, jamur, kedelai, kacang-kacangan, kacang lentil, almond, dan biji-bijian. Biotin juga tersedia di pasaran dalam bentuk suplemen, baik yang murni Biotin atau yang sudah dikombinasikan dengan berbagai Vitamin dan Mineral lainnya. Di dalam tubuh manusia, Biotin secara alami diproduksi oleh Bakteri yang ada di usus. ketika Ketika tubuh sehat, maka produksi Biotin akan maksimal dan berkualitas.

Kekurangan Biotin Vitamin

Kekurangan Biotin pada umumnya sangat jarang ditemukan karena nutrisi ini berada di berbagai makanan dan juga dapat diproduksi di dalam tubuh oleh Intestinal Bacteria. Adapun tanda-tanda kekurangan Biotin adalah rambut rontok dan bercabang, ruam-ruam di sekitar mulut, mata, serta hidung.

Beberapa kelompok mungkin akan beresiko lebih tinggi mengalami defisiensi vitamin skala ringan, misalnya anak-anak dan wanita hamil, orang yang mengonsumsi alkohol, dan orang yang mengalami defisiensi Biotinidase – enzim yang melepaskan Biotin ke tubuh Anda. Selain itu, mengonsumsi putih telur mentah secara teratur juga dapat menyebabkan kekurangan Biotin sekunder. Pasalnya, putih telur yang mentah mengandung Protein Avidin yang mana mampu menyerap Biotin. Jadi, masaklah telur sebelum memakannya.

Biotin Vitamin dan Pertumbuhan Rambut

Banyak orang mengaku sudah membuktikan keampuhan suplemen Biotin untuk meningkatkan pertumbuhan rambut mereka meski hubungan dua hal ini masih kontroversial. Biotin memang memainkan peran penting dalam pertumbuhan rambut karena perannya dalam Sintesis Keratin. Zat ini sendiri merupakan Protein utama yang membentuk struktur rambut dan berkontribusi untuk membuat batang rambut kuat serta sehat.

Kadar Biotin yang terlalu rendah dapat menyebabkan rambut tidak tumbuh dengan baik dan rontok. Namun, mengingat kebanyakan orang sudah memiliki kadar Biotin yang cukup, maka menambahkan zat ini melalui suplemen kemungkinan tidak akan membantu. Meskipun iklan mengklaim bahwa suplemen tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, namun studi yang mendukung hal ini masih terbatas.

Kebotakan pada pria atau Male Androgenetic Alopecia (MAA) adalah kondisi dimana hilangnya rambut secara bertahap pada kulit kepala. Sekitar 30 – 50% pria mengalami MAA pada usia 50 tahun sehingga banyak yang mencari cara untuk mencegah kerontokan ini.

Sebuah studi pada tahun 2019 menemukan bahwa para pria dengan kondisi MAA memiliki tingkat Biotin yang lebih rendah daripada para pria yang tidak mengalami kerontokan rambut. Namun, perbedaannya tidak cukup signifikan untuk menunjukkan adanya hubungan langsung antara Biotin dan MAA.

Kemungkinan, Suplemen ini hanya akan diberikan pada mereka yang kekurangan Biotin saja, meskipun masih perlu banyak penelitian. Nah, jika Anda mengalami kerontokan rambut, yang terbaik adalah datangi Dokter untuk menemukan penyebab Anda mengalaminya.

Untuk memastikan kebutuhan biotin terpenuhi, coba konsumsi Healthy Skin & Body Booster (Rp199.000) dari Jovee.

Paket ini adalah paket lengkap 30 hari berisi vitamin E sangat baik untuk kulit karena dapat membantu menangkal radikal bebas. Kandungan antioksidan dalam vitamin E dapat membantu mencegah penuaan sel dan kulit.

Dilengkapi dengan Vitamin B Kompleks yang memiliki dampak langsung pada energi, dan kesehatan sel. Secara lebih rinci, fungsi Vitamin B kompleks tersebut bagi kesehatan adalah mendukung kesehatan sel, meningkatkan energi, dan fungsi otak. Selain itu, Vitamin B berfungsi membantu sel rambut, kulit, dan kuku agar lebih terjaga, tidak kusam, rontok, dan lembab.

Tindakan Pencegahan

Meski tidak ada efek samping yang timbul akibat kelebihan Biotin, namun ada kekhawatiran lainnya dengan konsumsi Suplemen ini, yakni :

  • Kesalahan Diagnosis

Suplemen Biotin diketahui dapat berinteraksi dengan tes diagnostik tertentu yang memakai teknologi Biotin-Streptavidin dan ini bisa menyebabkan salah hasil. Teknologi ini biasanya dipakai untuk mengukur kadar Vitamin D, Hormon, dan Tiroid. Faktanya, Biotin juga ditemukan telah mengganggu diagnosa Graves dan Hipotiroidisme. Oleh karena itu, jika Anda mengonsumsi Suplemen Biotin dan menerima tes diagnostik, maka sangat penting untuk memberi tahu dokter Anda.

  • Interaksi Obat

Biotin diketahui bisa berinteraksi dengan obat-obatan tertentu. Misalnya, obat kejang seperti Carbamazepine (Tegretol), Phenytoin (Dilantin), Primidone (Mysoline), dan Phenobarbital (Luminal) yang dapat menurunkan kadar vitamin dalam tubuh Anda. Hal terbaik yang bisa dilakukan adalah menanyakan izin konsumsinya kepada Dokter Anda.

Kesimpulannya, Biotin adalah suplemen terkenal yang diiklankan untuk cara menumbuhkan rambut. Kerontokan rambut disebabkan karena kekurangan Biotin, namun Anda tidak perlu khawatir karena zat ini banyak tersedia di makanan dan dalam tubuh Anda.

Meskipun penjualannya merosot, namun sebenarnya masih sedikit penelitian yang mendukung penggunaan Suplemen Biotin untuk menumbuhkan rambut, terutama pada pria. Karena itu, akan lebih baik mencari solusi rambut sehat dengan melewatkan Suplemen ini dan memilih mengonsumsi makanan yang kaya Biotin.

Ingin mengetahui info kesehatan terpercaya? Daftarkan email anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

vitamin-untuk-paru-paru

4 Vitamin untuk Memelihara Kesehatan Paru-paru

Vitamin & Suplemen   28/11/2022
vitamin-untuk-anak-telat-bicara

5 Jenis Vitamin untuk Anak Telat Bicara

Vitamin & Suplemen   27/09/2022
vitamin-untuk-anak-terlambat-jalan

4 Rekomendasi Vitamin untuk Anak Terlambat Jalan

Vitamin & Suplemen   23/09/2022
vitamin-untuk-anak-yang-sering-batuk-pilek

7 Vitamin untuk Anak yang Sering Batuk Pilek

Vitamin & Suplemen   12/09/2022
vitamin-untuk-anak-yang-susah-buang-air-besar

Bantu Atasi Sembelit, Ini 3 Vitamin untuk Anak yang Susah BAB

Vitamin & Suplemen   07/09/2022