fbpx
BerandaVitamin & SuplemenBlackmores Pregnancy I Folic: Asam Folat dan Yodium untuk Kesehatan Kandungan

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan wanita pada masa reproduksi untuk mengonsumsi 400 mikrogram (mkg) asam folat per hari. Hal ini sangat penting mengingat asam folat (folic acid) dapat menghindari cacat lahir pada otak bayi (anencephaly). Kebutuhan asam folat ini bisa Anda temukan pada produk Blackmores Pregnancy I Folic. Selain kebutuhan akan asam folat, wanita pada masa hamil dan menyusui memerlukan yodium. Pemenuhan yodium memang cukup dalam kuantitas yang sedikit, namun berbeda dengan ibu pada masa tersebut.

blackmores pregnancy

Aktivitas tiroid dan kebutuhan yodium saat itu meningkat. Walau kebutuhan yodium bisa didapatkan dengan mudah, pemenuhan asam folat dalam pola makan wanita melahirkan lantas tidaklah sama. Asam folat yang merupakan vitamin B tersebut adalah zat sintesis yang umumnya ada di dalam suplemen dan makanan yang diperkayanya, seperti pasta dan roti.

Meski begitu, Anda tak perlu khawatir apalagi repot memenuhi dua nutrisi tersebut. Sebab, Anda sekarang bisa dengan mudah memperolehnya dalam produk Blackmores Pregnancy I Folic (I-Folic). Produk ini dibuat dengan dosis yang tepat bagi wanita sebelum kehamilan dan saat kehamilan. Mengetahui berbagai manfaat asam folat dan yodium bagi kesehatan kandungan dirasa perlu. Karenanya, Anda perlu mengecek uraiannya di artikel berikut.

Manfaat Asam Folat bagi Kandungan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tujuan utama wanita dianjurkan mengonsumi asam folat setiap hari adalah untuk menghindari cacat pada bayi. Umumnya, asam folat dikonsumsi pada 3-4 minggu pertama kehamilan. Sebab, pada masa itu, otak dan sumsum tulang belakang bayi sedang berkembang.

Bagi ibu yang ingin memiliki momongan, CDC merekomendasikan satu kapsul asam folat setiap hari sekitar sebulan sebelum hamil, sama halnya bagi yang sedang hamil. CDC juga menyarankan wanita usia subur untuk mengonsumsi asam folat setiap harinya. Penggunaan asam folat memiliki maanfaat yang meminimalisir masalah pada kandungan, di antaranya.

1. Menghindari Bibir Sumbing dan Celah Langit-langit

Riset dari National Institute of Environmental Health Sciences (NIEHS) menemukan bahwa 400 mkg asam folat mampu menurunkan sepertiga risiko bayi terkena bibi sumbing (dengan atau tanpa celah langit-langit). Kondisi ini berkembang di awal masa kehamilan, di mana terjadi salah formasi di wajah bayi bagian bibir dan langit-langitnya.

Menurut nutrisionis Jovee, Kelvin Halim, asam folat berfungsi menjaga dan membentuk sistem saraf pada janin. Kekurangan asam folat pada 1-3 bulan pertama usia janin memiliki risiko, di mana janin bisa terkena spina bifida atau kelainan pada saraf punggung bayi ketika lahir.

2. Menurunkan Risiko Kelahiran Prematur

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Bingbing dkk, tingkat folat dan asam folat yang tinggi pada ibu berkaitan erat dengan rendahnya risiko kelahiran prematur. Kasus kelahiran yang lebih cepat ini juga berhubungan dengan komplikasi lainnya, termasuk kerusakan otak, kerusakan mata (retinopati), dan lumpuh otak.

3. Menghindari Berat Bayi Kecil

Dari sampel hampir 1.000 wanita dan bayi yang baru lahir yang diuji University of Newcastle, ditemukan bahwa kandungan folat (atau asam folat) yang tinggi berkaitan dengan meningkatnya berat badan pada bayi yang lahir. Bayi yang lahir dengan berat badan ringan memiliki potensi 50 persen mengidap kondisi cacat. Hal ini berarti pula kalau berat badan sehat jadi penanda kesehatan bayi yang baik di kemudian hari.

Manfaat Yodium bagi Kandungan

Selama masa kehamilan, yodium menjaga fungsi tiroid. Tiroid ini merupakan kelenjar di dasar leher yang mengatur hormon pengendali metabolisme, detak jantung, suhu tubuh, dan fungsi tubuh inti lainnya. Hormon tiroid juga penting dalam dalam perkembangan sistem sistem saraf, koordinasi, kewaspadaan, serta kelima indra penglihatan, pendengaran, penciuman, pengecap, dan peraba. Asupan yodium yang cukup juga berpengaruh pada tiroid kandungan yang sehat dan normal. Meskipun jarang terjadi, tiroid yang tidak berkembang karena kekurangan yodium pada janin dapat berujung pada:

  1. rendahnya IQ,
  2. Terhambatnya perkembangan,
  3. ketulian,
  4. cacat lahir,
  5. kretinisme (pertumbuhan fisik dan perkembangan yang sangat terhambat), dan
  6. kematian (pada banyak kasus ekstrem).

Yodium juga penting dalam proses menyusui, karena yodium diberikan ke bayi lewat ASI. Dengan kata lain, Anda akan harus terus mengonsumsi yodium dan memberikan ke bayi Anda lewat ASI hingga si buah hati sudah bisa makan makanannya sendiri. Selain itu, yodium sangat berperan dalam pertumbuhan tinggi badan dan perkembangan otak serta saraf janin. Kekurangan yodium dapat mengakibatkan anak lahir kerdil dan berturunnya IQ serta kerja otaknya.

Karena alasan-alasan di atas, American Academy of Pediatrics (AAP) menyarankan konsumsi yodium pada wanita hamil dan menyusui. Mereka menyarankan asupan yodium per harinya sebesar 150 mkg. Hal ini juga berlaku pada wanita yang sedang dalam program hamil.

Dosis Blackmores Pregnancy I-Folic

Dosis Blackmores I-Folic sudah disesuaikan untuk ibu dalam program hamil, masa kehamilan, hingga menyusui, yakni 400-600 mkg. Bahan aktif I-folic ialah yodium 150 mkg dan asam folat 500 mkg.

Pemakaian Blackmores Pregnancy I-Folic

Konsumsilah 1 kapsul sehari sebelum makan atau sesuai petunjuk dokter.

Kontraindikasi Blackmores Pregnancy

  1. Jangan melewati dosis asam folat tanpa saran medis. Bila Anda pernah memiliki bayi tabung dengan kelainan saraf (spina bifida), carilah rekomendasi spesifik dari ahli kesehatan.
  2. Tidak untuk dikonsumsi bersama suplemen asam folat lainnya, termasuk Conceive Well Gold Blackmores, Pregnancy & Breast-Feeding Gold Blackmores, dan Blackmores Folate.
  3. Berkonsultasilah ke ahli kesehatan sebelum mengonsumi produk ini bila Anda memiliki riwayat penyakit kelenjar tiroid.

Itu kebaikan asam folat dan yodium untuk kesehatan kandungan. Sesuai dengan penjelasan di atas, kedua nutrisi ini bukan hanya disarankan tapi juga diharuskan untuk dikonsumsi. Hal ini cukuplah lumrah mengingat keduanya memiliki peranan penting dalam perkembangan buah hati, bahkan ketika ia masih di dalam kandungan. Untuk itu, Anda bisa mendapatkan kedua nutrisi tersebut secara praktis lewat satu kemasan Blackmores Pregnancy I Folic 150 Kap – Vitamin Ibu Hamil (Rp173.903) di Jovee.

Personalisasikan kebutuhan suplemen dengan Jovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

vitamin-untuk-paru-paru

4 Vitamin untuk Memelihara Kesehatan Paru-paru

Vitamin & Suplemen   28/11/2022
vitamin-untuk-anak-telat-bicara

5 Jenis Vitamin untuk Anak Telat Bicara

Vitamin & Suplemen   27/09/2022
vitamin-untuk-anak-terlambat-jalan

4 Rekomendasi Vitamin untuk Anak Terlambat Jalan

Vitamin & Suplemen   23/09/2022
vitamin-untuk-anak-yang-sering-batuk-pilek

7 Vitamin untuk Anak yang Sering Batuk Pilek

Vitamin & Suplemen   12/09/2022
vitamin-untuk-anak-yang-susah-buang-air-besar

Bantu Atasi Sembelit, Ini 3 Vitamin untuk Anak yang Susah BAB

Vitamin & Suplemen   07/09/2022