fbpx
BerandaKesehatan LainnyaBolehkah Pakai Koyo Saat Hamil?

Sakit pinggang dan pegal-pegal merupakan keluhan umum yang dirasakan ibu hamil. Tak jarang, banyak ibu hamil yang menggunakan koyo untuk membantu meredakan keluhan ini. Lalu, apakah pakai koyo saat hamil aman dilakukan? Simak ulasan lengkapnya di artikel berikut.

pakai-koyo-saat-hamil

Mengenal Koyo dan Fungsinya

Koyo merupakan obat luar berbentuk lembaran yang ditempelkan pada kulit, digunakan untuk membantu meredakan nyeri otot dan sendi serta pegal-pegal. Umumnya, koyo memiliki kandungan menthol, biofreeze, dan glycol salicylate yang membantu meredakan gejala nyeri otot.

Munculnya rasa panas dari koyo berasal dari kandungan capsaicin yang berinteraksi dengan sensor sensoris. Berkat khasiatnya ini, koyo hingga saat ini masih menjadi andalan banyak orang untuk mengatasi pegal-pegal dan linu badan, karena penggunaannya yang praktis dan minim efek samping.

Bagaimana cara kerja koyo? Kandungan obat yang ada pada koyo akan diserap kulit, yang kemudian dibawa oleh pembuluh darah untuk disebarkan ke tubuh. Di Indonesia, koyo tersedia dalam berbagai macam jenis dan merek, yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Pada dasarnya, semua penggunaan obat tentu memiliki efek samping. Karena koyo merupakan obat luar, efek samping yang sering timbul yakni iritasi alergi dan sensasi terbakar akibat panas yang dihasilkan.

Efek samping lainnya yang dapat muncul juga meliputi rasa gatal, kemerahan, hingga kulit melepuh. Segera lepaskan koyo jika kamu alami efek samping ini ya, Jovians. Penting untuk mengikuti aturan pakai yang tertera pada kemasan.

Agar efek samping penggunaan koyo dapat diminimalisir, perhatikan hal-hal ini sebelum menggunakan koyo:

  • Pastikan kulit telah bersih dan kering, hindari menempelkan koyo di area kulit yang terluka, rusak, ataupun iritasi
  • Gunakan koyo hanya untuk satu kali pakai
  • Pastikan untuk menempelkan koyo dengan benar
  • Jika efek samping pada kulit tak kunjung mereda, sebaiknya hentikan penggunaan dan periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Apakah Pakai Koyo Saat Hamil Diperbolehkan?

pakai-koyo-saat-hamil

Ada banyak obat yang dilarang penggunaannya selama masa kehamilan, karena akan berdampak pada janin yang dikandung. Sayangnya, hingga saat ini belum ada penelitian medis yang menyatakan penggunaan koyo pada ibu hamil aman dilakukan.

Yang perlu diperhatikan jika koyo mengandung NSAID. Karena, penggunaan obat jenis ini dilarang pada ibu hamil terutama saat usia kehamilan sudah memasuki usia trimester ketiga. Penggunaan obat NSAID pada ibu hamul bisa sebabkan kelainan pada janin.

Di sisi lain, ibu hamil diimbau untuk berhati-hati dalam menggunakan atau melakukan hal-hal yang dapat meningkatkan suhu tubuh. Karena, jika suhu tubuh ibu naik, suhu janin juga dapat naik yang bisa sebabkan kelahiran abnormal, bahkan pertumbuhan janin yang tidak optimal akibat turunnya aliran darah plasenta.

Selain koyo, ibu hamil dapat mengurangi rasa pegal dan linu di pinggang atau perut dengan kantong hangat (heating pad). Agar janin tetap aman dan nyeri otot ibu berkurang, lakukan hal ini untuk meminimalisir risiko:

  • Batasi waktu penggunaan koyo atau kantong hangat (tidak boleh lebih dari 20 menit)
  • Jika terdapat respons dari janin seperti gerakan yang meningkat, hentikan segera penggunaan
  • Hentikan penggunaan koyo atau kantong hangat jika terasa terlalu panas
  • Hindari mandi air panas, ibu dapat gunakan air hangat untuk merilekskan otot

Cara lain untuk meredakan nyeri otot pada ibu hamil lainnya juga bisa dengan:

  • Pijat. Lakukan pijat lembut pada area tubuh yang nyeri untuk mengurangi ketegangan otot. Selain itu, pijat juga diketahui punya efek positif bagi ibu dan bayi.
  • Relaksasi. Lakukan relaksasi seperti olah napas, berkesadaran, dan aktivitas yang memberi ketenangan lainnya untuk mengurangi ketegangan otot akibat stres
  • Olahraga. Olahraga ringan seperti yoga umumnya aman dilakukan selama kehamilan. Aktivitas fisik dapat mengurangi nyeri otot dan sendi, juga dapat turunkan risiko komplikasi kehamilan seperti diabetes gestasional.

Baca juga: 6 Tips Olahraga Aman untuk Ibu Hamil Muda

Menggunakan koyo maupun kantong hangat dapat dikategorikan aman untuk digunakan saat hamil, selama digunakan dengan cara yang benar. Hanya saja, lebih baik pastikan penggunaan koyo saat hamil dengan dokter kandungan terlebih dahulu, terutama jika menggunakan koyo yang tidak diketahui komposisinya.

Selain itu, karena kehamilan sebabkan kulit yang lebih sensitif pada beberapa ibu, penggunaan koyo juga berpotensi sebabkan iritasi.

Demikianlah penjelasan mengenai pakai koyo saat hamil. Jaga kesehatan kandungan, penuhi asupan vitamin ibu dan janin dengan suplemen kehamilan seperti Blackmores Pregnancy & Breastfeeding – 60 Kapsul (Rp205.656).

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Baca juga: Ketahui 5 Vitamin Terbaik untuk Ibu Hamil

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

manfaat daun binahong merah untuk wajah

Mengenal Manfaat Daun Binahong Merah untuk Wajah dan Kesehatan Tubuh

Kesehatan Lainnya   28/11/2023
efek bleaching rambut

Hal-hal yang Perlu Kamu Tahu Seputar Efek Bleaching Rambut

Kesehatan Lainnya   26/11/2023
cara mempercantik kuku

Tips dan Cara Mempercantik Kuku Tanpa Perlu ke Salon

Kesehatan Lainnya   09/11/2023
operasi lesung pipi

Mengenal Prosedur Operasi Lesung Pipi

Kesehatan Lainnya   05/11/2023
mata bayi belekan

6 Penyebab Mata Bayi Belekan

Kesehatan Lainnya   31/10/2023