fbpx
BerandaMakanan SehatBuah Jujube, Buah Merah Kaya Manfaat untuk Kesehatan

Pernah dengar tentang buah merah yang satu ini? Buah jujube dikenal juga dengan sebutan kurma merah dari Asia Selatan, karena tampilannya yang mirip seperti kurma. Biasanya, cara makan buah jujube adalah dengan dikeringkan dan diolah menjadi permen, atau dimakan sebagai makanan penutup.

buah-jujube-adalah

Dengan rasa manis yang kenyal, manfaat buah jujube untuk kesehatan ternyata tak bisa diragukan. Mulai dari meningkatkan sistem imun hingga menjaga kesehatan jantung, simak manfaat buah jujube untuk kesehatan di sini.

Buah Jujube: Si Merah dari Asia Selatan

Buah jujube adalah buah kecil berwarna merah yang banyak ditemukan di wilayah Asia Selatan. Selain dikonsumsi, buah merah ini juga banyak digunakan dalam pengobatan alternatif berkat kandungannya yang kaya akan antioksidan.

Dilansir dari Healthline, buah jujube adalah buah yang rendah kalori namun kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Seratus gram buah jujube mengandung:

  • Kalori: 79
  • Protein: 1 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Karbohidrat: 20 gram
  • Serat: 10 gram
  • Vitamin C: 77% dari kebutuhan harian
  • Potassium: 5% dari kebutuhan harian

 

Berkat kandungannya yang kaya serat dan rendah kalori ini, kamu bisa loh memanfaatkan buah jujube sebagai snack sehat! Ada banyak manfaat buah jujube yang bisa didapat, mulai dari meningkatkan imun hingga memperkuat fungsi otot.

Namun, perlu diingat ya kalau cara konsumsi buah jujube juga mempengaruhi khasiat yang didapat. Kebanyakan buah jujube diolah menjadi manisan, yang pada akhirnya mengandung banyak gula dan kalori daripada buah jujube itu sendiri.

Manfaat Buah Jujube untuk Kesehatan

Buah jujube telah lama digunakan dalam pengobatan alternatif untuk membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti insomnia dan kecemasan. Beberapa penelitian terhadap hewan juga menunjukkan manfaat buah jujube bagi kesehatan, terutama sistem saraf, imun, dan pencernaan.

1. Kaya Antioksidan

Buah jujube mengandung sejumlah antioksidan kuat seperti flavonoid, polysaccharides, dan triterpenic acids. Tak hanya itu, buah jujube juga mengandung vitamin C yang terkenal sebagai sumber antioksidan tinggi.

Berkat kandungannya ini, buah jujube bermanfaat untuk dalam menangkal efek radikal bebas yang berkontribusi dalam berbagai penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan sejumlah jenis kanker.

2. Meningkatkan kualitas tidur

Buah jujube telah lama digunakan sebagai obat untuk membantu meningkatkan kualitas tidur dan fungsi otak. Pada uji penelitian terhadap tikus, ekstrak buah jujube ditemukan dapat meningkatkan kualitas serta jam tidur.

Selain itu, buah ini juga digunakan oleh pada pengguna obat alternatif untuk membantu meredakan kecemasan. Meski begitu, diperlukan penelitian lebih lanjut terhadap manusia utuk mengetahui efek penggunaan buah jujube pada sistem saraf dan otak.

3. Meningkatkan sistem imun dan melawan sel kanker

Radikal bebas diketahui merupakan salah satu pemicu sel kanker, yang dapat dicegah dan dilawan oleh antioksidan. Seperti yang telah dijelaskan di poin satu, buah jujube mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk sistem imun.

Sebuah studi mendukung manfaat buah jujube ini, di mana ditemukan penurunan kadar inflamasi dan jumlah radikal bebas berkat efek dari polysaccharides yang terkandung di dalam buah jujube. Selain itu, kandungan aktif dalam jujube dapat memperlambat perkembangan sel kanker

4. Memelihara kesehatan pencernaan

Buah jujube tinggi akan serat, yang dinilai dapat membantu kinerja sistem pencernaan. Sebesar 50 persen karbohidrat dari buah ini berasal dari serat, yang dikenal baik untuk kesehatan pencernaan.

Penelitian lain juga memperlihatkan bahwa ekstrak buah jujube dapat memperkuat lapisan perut dan usus dan mengurangi masalah pencernaan akibat bakteri berbahaya. Bahkan, buah jujube dapat membantu produksi bakteri sehat di usus yang mencegah sakit perut dan diare.

Secara umum, buah jujube aman dikonsumsi. Namun, jangan konsumsi buah ini jika kamu sedang gunakan obat anti depresan ya Jovians. Kandungan buah jujube berkontraindikasi dengan obat-obatan jenis ini, yang dapat menimbulkan efek samping berbahaya.

Itulah sejumlah manfaat buah jujube untuk kesehatan. Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

manfaat-sirih-cina

6 Manfaat Sirih Cina untuk Kesehatan

Makanan Sehat   15/11/2022
contoh-makanan-vegetarian

7 Contoh Makanan Vegetarian untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Makanan Sehat   04/10/2022
hari-vegetarian-sedunia

Hari Vegetarian Sedunia: Yuk, Kenali Apa Itu Vegetarian!

Makanan Sehat   01/10/2022
manfaat-temu-ireng

7 Manfaat Temu Ireng untuk Kesehatan

Makanan Sehat   30/06/2022
manfaat-daun-salam

Ketahui 10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Makanan Sehat   12/06/2022