fbpx

Buah Yang Mengandung Vitamin E dan C

by | Apr 30, 2020 | Makanan Sehat, Vitamin & Suplemen | 0 comments

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Vitamin merupakan nutrisi yang diperlukan tubuh agar tetap sehat. Berbagai macam vitamin memiliki manfaatnya masing-masing bagi kesehatan, salah satunya vitamin E dan C. Kebutuhan nutrisi vitamin harian bisa diperoleh dari mengkonsumsi makanan, salah satunya adalah buah yang mengandung vitamin E dan C.

Fungsi Vitamin E dan C

Vitamin E dapat meningkatkan respons kekebalan tubuh saat penuaan dan menunjukkan mengurangi kerusakan oksidatif yang dapat berkontribusi pada kanker, komplikasi AIDS, dan asma serta kerusakan yang mungkin terjadi selama olahraga. Vitamin E memiliki peran penting dalam tubuh karena aktivitas antioksidannya.

Jurnal dalam National Center for Biotechnology Information menyebutkan bahwa vitamin C berfungsi sebagai antioksidan dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C juga berperan dalam proses enzimatik, dan merupakan antioksidan yang dapat mengurangi radikal bebas dan oksigen reaktif. Selain itu, vitamin C dapat meregenerasi vitamin E (α-tokoferol) dari bentuk teroksidasi (α-tokoferheril radikal), sehingga secara tidak langsung menghambat peroksidasi lipid yang dapat melindungi membran lipid dalam tubuh.

Begitu banyak manfaat yang dihasilkan oleh vitamin E dan C, lalu buah apa saja yang mengandung vitamin E dan C?

Yuk simak beberapa informasi mengenai vitamin E dan C yang telah tim Jovee rangkum untuk kamu.

Buah Yang Mengandung Vitamin E

Buah-buahan yang mengandung vitamin E, yaitu tomat, jagung, kiwi, dan mangga. Namun, terdapat sumber-sumber vitamin E lainnya seperti dari kacang almond, biji bunga matahari, minyak gandum, minyak nabati, sereal, kacang hazel, dan sayuran hijau seperti brokoli dan bayam.

Contoh sumber kandungan vitamin E yang tinggi, yaitu pada 1 sendok minyak gandum yang mengandung 20,3 mg vitamin E dan 1 ons biji bunga matahari kering mengandung 7,4 mg vitamin E. Selain itu 1 ons kacang almond kering juga mengandung 6,8 mg vitamin E.

Buah Yang Mengandung Vitamin C

Buah-buahan yang mengandung vitamin C dapat kamu temukan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari, yaitu buah jeruk, melon, melon, ceri, buah kiwi, mangga, pepaya, stroberi, tangelo, semangka, dan tomat. 

Selain buah juga terdapat sayur-sayuran yang mengandung vitamin C untuk mendukung kesehatanmu. Sayuran yang mengandung vitamin C antara lain seperti kubis, brokoli, kubis brussel, tauge, kembang kol, kangkung, sawi, paprika merah dan hijau, kacang polong, tomat, dan kentang mungkin merupakan sumber juga mengandung vitamin C.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Manfaat Vitamin B2 Bagi Tubuh, apa saja?
Zinc Oxide dan Manfaatnya untuk Kesehatan
Rahasia Whey Protein untuk Membentuk Massa Otot
Manfaat Vitamin B1 untuk Kesehatan Tubuh
Magnesium Oxide: Fungsi dan Cara Penggunaan
5 Suplemen yang Tepat Untuk Musim Hujan

Beberapa buah dan sayur memiliki kadar vitamin C yang tinggi dalam sekali konsumsi, sebagai contoh 1 buah jambu biji mengandung sekitar 120 mg vitamin C dan 1 buah kiwi mengandung 80 mg vitamin C. Selain itu, 2 buah jeruk berukuran sedang mengandung 70 mg vitamin C. Sekitar 1/2 cup stroberi dan 1 cup tomat juga mengandung 40 mg vitamin C. Sayur-sayur seperti ½ cup brokoli mengandung 60 mg vitamin C, dan ½ cup kubis mini (brussel sprout) matang mengandung 50 mg vitamin C.

Itulah beberapa informasi mengenai vitamin E dan C yang dapat membantu menjaga kesehatanmu. Dapatkan rekomendasi vitamin dan suplemen sesuai kebutuhanmu dengan mengunduh aplikasi Jovee yang tersedia di Google Play Store dan App Store.

Sumber:

World Health Organization

National Center for Biotechnology Information

U.S Department of Agriculture

Penulis: Nada Karisma

Tersedia di Jovee shop

Bright Skin – Vitamin E dan C untuk Kulit Sehat

HOLISTICARE ESTER C – VITAMIN C 500MG – Daya Tahan Tubuh- 90 Tablet

Sale!

SIDO MUNCUL VITAMIN C 1000 (LEMON) – IMUN TUBUH

Sale!

Brands