fbpx

Vitamin merupakan nutrisi yang diperlukan tubuh agar tetap sehat. Berbagai macam vitamin memiliki manfaatnya masing-masing bagi kesehatan, terutama vitamin E dan vitamin C. Kebutuhan nutrisi vitamin harian bisa diperoleh dari mengonsumsi makanan, salah satunya adalah buah yang mengandung vitamin E dan C.

 

Fungsi Vitamin E 

Vitamin E dapat meningkatkan respon kekebalan tubuh bahkan saat proses penuaan terjadi. Selain itu, vitamin E juga membantu mengurangi kerusakan oksidatif yang berkontribusi pada perkembangan kanker, komplikasi AIDS, dan asma. Kerusakan yang mungkin terjadi selama melakukan aktivitas fisik yang berat seperti berolahraga juga bisa dihindari dengan rutin mengonsumsi vitamin E. Jenis vitamin ini punya peran yang penting dalam tubuh, khususnya karena aktivitas antioksidannya. 

Jika membahas asupan vitamin E yang dibutuhkan dalam sehari, setidaknya orang dewasa perlu memenuhi hingga 15 mg vitamin E per hari. Sedangkan, ibu menyusui butuh asupan vitamin E yang lebih tinggi lagi, yakni 19 mg. Kelebihan vitamin E bisa menimbulkan darah mengencer dan risiko pendarahan yang fatal. Selain itu, kelebihan vitamin E dihubungkan pula dengan meningkatnya risiko stroke hemoragik atau stroke yang disebabkan pendarahan di daerah otak.

Kebutuhan vitamin E harian yang terpenuhi akan memberikan manfaat bagi tubuh. Adapun beberapa manfaat tersebut adalah:

 

Sistem Imun Meningkat

Bila konsumsi buah atau makanan lainnya yang mengandung vitamin E terpenuhi secara rutin, sistem imun tubuh akan mengalami peningkatan. Hal ini penting mengingat fungsi sistem imun dalam menangkal infeksi dan penyakit bisa menurun seiring bertambahnya usia. Vitamin E yang terdiri dari antioksidan alpha-Tocopherol dapat membantu menaikkan respon sistem imun sehingga dapat mendukung tubuh dalam melawan kerusakan sel yang dihubungkan dengan penyakit kronis seperti kanker. 

 

Memelihara Fungsi Mental

Beberapa studi menjelaskan bila vitamin E dapat membantu fungsi mental lansia dengan menaikkan kewaspadaan dan mental yang aktif serta mencegah atau menghambat penurunan fungsi mental dan risiko terkena penyakit Alzheimer. Meski begitu, penelitian terkait hal ini masih sedikit dan perlu diteliti lebih lanjut lagi.  

 

Kekurangan Vitamin E 

Defisiensi vitamin E tergolong kondisi yang jarang terjadi. Namun, masalah kesehatan yang timbul bisa mengkhawatirkan dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Kekurangan vitamin E bisa menyebabkan kerja otot yang menurun dan melemah serta mengganggu koordinasi tubuh gerak tubuh karena neuron khusus sel purkinje mengalami kerusakan sehingga transmisi sinyal terganggu. Kerusakan serat saraf bisa pula terpicu akibat kurangnya vitamin E. Dampaknya adalah tubuh merasakan mati rasa atau yang disebut dengan neuropati perifer. 

Selain efek negatif terhadap saraf dan otot, tubuh yang tidak dapat mencukupi kebutuhan vitamin E dapat berujung pada penurunan fungsi penglihatan. Hal ini dikarenakan mulai melemahnya reseptor cahaya retina maupun sel-sel lainnya di dalam mata. 

 

Fungsi Vitamin C

Jurnal publikasi National Center for Biotechnology Information menyebutkan bahwa vitamin C berfungsi sebagai antioksidan dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh seperti halnya vitamin E. Vitamin C juga berperan dalam proses enzimatik, serta merupakan antioksidan yang dapat mengurangi radikal bebas dan oksigen reaktif. Selain itu, vitamin C dapat meregenerasi vitamin E (α-tokoferol) dari bentuk teroksidasi (α-tokoferheril radikal) sehingga secara tidak langsung menghambat peroksidasi lipid yang dapat melindungi membran lipid dalam tubuh.

Asupan vitamin C harian yang dianjurkan adalah 65-90 mg untuk orang dewasa dengan asupan maksimal hingga 2.000 mg per hari. Kemungkinan yang bisa muncul dari kelebihan vitamin C bisa adalah diare, mual, muntah, panas di dada (heartburn), kram perut, sakit kepala, dan insomnia.

Dengan memenuhi vitamin C harian, kamu bisa mendapatkan manfaat-manfaat seperti berikut:

 

Memelihara Kesehatan Kulit

Selain untuk meningkatkan daya tahan tubuh, khasiat lain yang paling dicari dari vitamin C adalah kemampuannya dalam menjaga kesehatan kulit. Antioksidan di dalam vitamin C dikenal dapat mempertahankan kulit dari kerusakan akibat sinar UV, mencerahkan kulit yang gelap, menyamarkan kerutan dan bekas luka, membantu produksi kolagen, dan mempercepat pemulihan luka.

 

Menjaga Fungsi Kardiovaskular

Manfaat vitamin C terhadap kesehatan kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah) didasari pada beberapa pengaruh vitamin C terhadap tubuh. Di antaranya adalah kemampuannya dalam melebarkan pembuluh darah, meningkatkan produksi oksida nitrat, mengurangi ketidakstabilan plak pada penderita aterosklerosis di mana pembuluh arteri menyempit dan keras karena terhalang plak. Selain itu, sifat antioksidan juga berperan dalam mencegah penyakit jantung dan hipertensi. 

 

Kekurangan Vitamin C

Kekurangan vitamin C bisa menimbulkan gejala-gejala yang mengganggu. Defisiensi tersebut dapat diatasi dengan rutin mengonsumsi buah atau sayur dengan kandungan vitamin C. Adapun gejala awal dari kekurangan vitamin C adalah letih, nyeri otot dan sendi, dan bintik kecil berwarna merah-kebiruan seperti memar di kulit. Gejala kurangnya vitamin C bisa pula berujung pada kulit kering, rambut bercabang, gusi berdarah, luka di kulit yang lama sembuh, berat badan turun, dan rentan infeksi.

Begitu banyak manfaat yang dihasilkan oleh vitamin E dan C, lalu buah apa saja yang mengandung vitamin E dan C? Yuk simak beberapa informasi mengenai vitamin E dan C yang telah Tim Jovee rangkum untuk kamu.

Buah Yang Mengandung Vitamin E

Berikut ini beberapa buah yang banyak mengandung vitamin E.

  • Alpukat. Alpukat merupakan salah satu buah mengandung vitamin E yang berlimpah. Dalam takaran 100 gram, alpukat bisa mencapai 14% angka kecukupan gizi (AKG) yang dibutuhkan per harinya.
  • Mangga. Dalam takaran 100 gram, mangga sudah bisa memenuhi 10% AKG vitamin E. 
  • Kiwi. 100 gram buah kiwi dapat memenuhi 10% AKG untuk vitamin E. 

Meski ada buah yang menyimpan kandungan vitamin E, jumlah vitamin dari buah masih kalah dengan sumber makanan lainnya. Beberapa sumber vitamin E bukan buah yang menyimpan jumlah yang melimpah adalah kacang almond (100 gram = 171% AKG), biji bunga matahari (100 gram = 234% AKG), minyak biji gandum (100 gram = 996% AKG), minyak hazelnut (100 gram = 315% AKG), serta kacang pinus (100 gram = 62% AKG).

 

Buah Yang Mengandung Vitamin C

Berbeda dengan vitamin E, vitamin C yang melimpah justru bisa ditemukan di sumber buah, di antaranya:

  • Pepaya. Total hingga 527% AKG vitamin bisa didapatkan dengan mengonsumsi 1 buah pepaya besar.
  • Jambu biji. Takaran per 125 mg mengandung 139% AKG vitamin C. 
  • Jeruk. Jeruk yang identik dengan vitamin C juga memiliki jumlah vitamin C yang melimpah. Dalam takaran 112 gram jeruk sudah bisa mendapatkan 124% AKG. 
  • Stroberi. Secangkir stroberi potong dapat memberikan hingga 107% AKG vitamin C. 
  • Kiwi. Satu kiwi bisa menyimpan hingga 80% AKG. 

Selain buah juga terdapat sayur-sayuran dan rempah yang mengandung vitamin C tinggi untuk memenuhi kebutuhan harianmu. Sayuran dan rempah yang mengandung vitamin C di antaranya adalah cabai merah (satu cabai merah bisa menyimpan hampir 100% AKG), paprika (secangkir paprika merah potong menyimpan 211% AKG), sayur berdaun hijau tua seperti brokoli (satu tangkai brokoli menyimpan sampai 148% AKG),  dan kentang (satu ukuran sedang mengandung 70% AKG).

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –

Manfaat Vitamin B2 Bagi Tubuh, apa saja?

Zinc Oxide dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Rahasia Whey Protein untuk Membentuk Massa Otot

Manfaat Vitamin B1 untuk Kesehatan Tubuh

Magnesium Oxide: Fungsi dan Cara Penggunaan

5 Suplemen yang Tepat Untuk Musim Hujan

Itulah beberapa informasi mengenai buah yang mengandung vitamin E dan C serta beragam manfaatnya untuk kesehatan. Buah dan sayur merupakan pilihan makanan yang bagus untuk memenuhi kebutuhan kedua vitamin tersebut. Apalagi sumber makanan alami lebih memiliki khasiat karena kandungan vitamin di dalamnya juga dilengkapi dengan nutrisi penting lainnya. 

Bahagia dan Sehat Bareng Jovee

Cari tahu manfaat buah lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin personal terlengkap. Temukan pula beragam vitamin, dari A ke Z(inc), untuk menunjang gaya hidup sehatmu. Masih bingung mana vitamin yang cocok? Download aplikasi Jovee atau konsultasikan dengan nutrisionis untuk mendapatkan rekomendasi vitamin sesuai kebutuhanmu.

Penulis: Nada Karisma

Referensi

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Artikel Terkait

Berbagai Makanan Penyebab Nyeri Sendi

Gaya Hidup Sehat   04/03/2021
20 Makanan Lezat Sumber Protein Tinggi

20 Makanan Lezat Sumber Protein Tinggi

Suplemen: Perhatikan Hal Ini Sebelum Mengonsumsinya!

Suplemen: Perhatikan Hal Ini Sebelum Mengonsumsinya!

Natures-Plus-Ultra-Virile-Actin

Manfaat Natures Plus Ultra Virile-Actin Untuk Seksualitas Pria

Suplemen Tambahan untuk Anak, Apakah Perlu?

Suplemen Tambahan untuk Anak, Apakah Perlu?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Berbagai Makanan Penyebab Nyeri Sendi

Gaya Hidup Sehat   04/03/2021
20 Makanan Lezat Sumber Protein Tinggi

20 Makanan Lezat Sumber Protein Tinggi

Makanan Sehat   26/02/2021
Suplemen: Perhatikan Hal Ini Sebelum Mengonsumsinya!

Suplemen: Perhatikan Hal Ini Sebelum Mengonsumsinya!

Vitamin & Suplemen   26/02/2021
Natures-Plus-Ultra-Virile-Actin

Manfaat Natures Plus Ultra Virile-Actin Untuk Seksualitas Pria

Vitamin & Suplemen   25/02/2021
Suplemen Tambahan untuk Anak, Apakah Perlu?

Suplemen Tambahan untuk Anak, Apakah Perlu?

Vitamin & Suplemen   24/02/2021

Brands