fbpx
BerandaKesehatan LainnyaCara Alami Mengatasi Mual dan Muntah Saat Hamil

Mual dan muntah saat hamil, atau yang dikenal juga dengan sebutan morning sickness, merupakan tanda yang umum terjadi di awal kehamilan. Umumnya, gejala ini akan hilang saat memasuki usia kehamilan minggu ke-16 sampai 20. Gejala ini bisa sangat mengganggu ibu hamil dan memengaruhi rutinitas mereka, baik di siang ataupun malam hari. Bahkan, beberapa wanita akan merasa mual sepanjang hari. Agar tetap bisa menjalani rutinitasmu, berikut ini Tim Jovee jabarkan berbagai cara mengatasi mual saat hamil.

Cara Alami Mengatasi Mual dan Muntah Saat Hamil

Apa sih yang menyebabkan morning sickness?

Saat hamil, seorang wanita mengalami peningkatan hormon estrogen dan human chorionic gonadoptrin (hCG). Perubahan hormon ini, khususnya pada trimester pertama kehamilan, diduga menjadi salah satu penyebab mual serta muntah.

Morning sickness juga biasanya muncul karena dipicu oleh beberapa hal, seperti:

  • Kemampuan indera penciuman yang meningkat sehingga menjadi lebih sensitif.
  • Kadar gula darah rendah (hipoglikemia)
  • Kekurangan vitamin B6
  • Masalah pada lambung

Bagaimana cara mengatasi mual saat hamil?

Umumnya, gejala mual dan muntah bisa hilang seiring bertambahnya usia kehamilan. Namun, ada juga wanita yang mengalami morning sickness untuk waktu yang lebih lama. Misalnya selama 3 hingga 4 bulan, bahkan sepanjang kehamilan.

Dilansir dari NHS UK, beberapa wanita menderita gejala mual dan muntah yang lebih parah, bernama hyperemesis gravidarum. Kondisi ini bisa berbahaya karena meningkatkan risiko dehidrasi dan malnutrisi, sampai harus membutuhkan perawatan.

Kebanyakan kasus morning sickness saat kehamilan ini tidak memerlukan perawatan medis khusus. Akan tetapi, jika ibu hamil merasa sangat terganggu, ada beberapa cara mengatasi mual yang bisa dilakukan. Cara-caranya meliputi:

1. Minum air jahe

Jahe dipercaya dapat dijadikan obat mual untuk ibu hamil. Bumil bisa mengonsumsi jahe dengan cara merebusnya menggunakan air, mencampurkannya dengan teh, ataupun membuat wedang jahe sendiri.

Konsumsi yang disarankan adalah ≤ 3 gram atau 3 sendok teh sehari untuk mencegah timbulnya nyeri dan perih di ulu hati. Meski begitu, ada beberapa bumil yang justru merasa lebih mual saat meminum jahe. Jika efek samping itu terjadi, segera hentikan konsumsinya.

2. Menggunakan wewangian

Penelitian menunjukkan bahwa aromaterapi efektif untuk meredakan mual. Beberapa minyak yang dipercaya ampuh mengurangi morning sickness adalah minyak lemon, jeruk nipis, peppermint, lavender, dan spearmint. Kamu bisa menghirup langsung minyak aromaterapi tersebut, meneteskannya ke dalam air hangat atau diffuser.

3. Perbanyak makanan kaya vitamin B kompleks

Mengonsumsi vitamin B kompleks, termasuk folat, dikatakan sebagai cara yang cukup efektif untuk mencegah dan mengatasi gejala mual dan muntah. Ibu hamil bisa memperoleh asupan vitamin B dari makanan seperti daging, ikan, telur, kentang, pisang, dan bayam.

4. Mengonsumsi makanan atau minuman yang asam

Untuk mengatasi morning sickness secara alami, bumil bisa mengonsumsi makanan atau minuman yang rasanya asam, misalnya air lemon, mangga, stroberi, atau permen rasa jeruk atau lemon.

5. Mencoba terapi pijat dan akupuntur

Terapi pijat dapat membantu meredakan mual dengan membuat bumil merasa lebih rileks dan nyaman. Cobalah pijat bagian pergelangan tanganmu, pangkal ibu jari, telapak kaki, serta punggung.

Selain pijat, ada pula akupuntur yang dipercaya mampu meringankan gejala morning sickness. Terapi menggunakan jarum tipis ini dapat menyeimbangkan aliran energi yang mengalir melalui jalur meridian di tubuh. Rangsangan di titik-titik ini mampu merangsang saraf, otot, dan jaringan ikat. Selain mengatasi nyeri, pengobatan tradisional Tiongkok tersebut cukup efektif untuk meredakan mual bagi sebagian wanita, meski belum bisa dibuktikan sepenuhnya.

6. Mengubah pola makan

Morning sickness bisa membuat bumil jadi tidak nafsu makan. Kalau kamu atau pasanganmu adalah salah satunya, mungkin merubah pola makan dapat membantu mengatasi gejala ini. Pola makan yang dimaksud ialah:

  • Makan dengan porsi sedikit namun sering. Kamu juga bisa makan camilan sehat disela-sela waktu makan utama.
  • Penuhi kebutuhan karbohidrat dan protein yang mudah dicerna namun rendah lemak, seperti roti gandum, nasi, yogurt, telur, serta buah-buahan dan sayuran. Camilan tinggi protein atau serat juga disarankan karena lebih lama dicerna sehingga perut tidak mudah lapar.
  • Jauhkan diri dari makanan berbau tajam, misalnya durian. Aroma tajam makanan tersebut dapat memperparah gejala morning sickness.
  • Hindari makanan berlemak dan berminyak, sangat manis, pedas, atau mengandung banyak gas.
  • Konsumsi biskuit atau roti kering segera setelah bangun tidur dan makanlah sebelum lapar. Hindari membiarkan perut kosong karena dapat memperparah mual.
  • Pisahkan makan dan minum. Jangan langsung minum ketika bumil juga sedang makan.
  • Batasi konsumsi kopi dan minuman beralkohol.
  • Istirahatlah sesering mungkin, terutama saat kamu merasa lelah. Dengan beristirahat, kamu akan menjadi lebih rileks sehingga gejala morning sickness dapat berkurang.

Cara perawatan lainnya

Olahraga ringan

Ibu hamil mungkin bisa mengatasi gejala mual dan muntah dengan rutin berolahraga ringan. Di samping itu, olahraga juga sangat dianjurkan saat masa kehamilan. Bumil bisa mencoba berjalan kaki, berenang, atau melakukan senam yoga. Namun, selalu berkonsultasi dulu sebelum melakukan olahraga, terutama jika kegiatan olahraga tersebut baru atau memiliki intensitas yang tinggi.

Blackmores Pregnancy & Breastfeeding GoldUntuk Ibu Hamil

Terkadang, gejala morning sickness akan membuat asupan makan bumil terganggu sehingga gizi yang didapatkannya ikut berkurang. Apalagi ibu hamil membutuhkan nutrisi yang lebih banyak bagi diri dan kandungannya. Untuk menyiasati hal ini, ibu hamil bisa mengonsumsi suplemen tambahan seperti vitamin Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold 60 Kap (Rp 192.164)yang juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil.

Kandungan vitamin B6 di dalam suplemen Blackmores ini dipercaya sebagai cara mengatasi mual saat hamil muda yang ampuh, selain juga dengan kombinasi doxylamine. Kandungan vitamin B6 ini pula yang membantu mengembalikan nafsu makan bumil. Di sisi lain, asam folat atau vitamin B9 di dalam Blackmores ini bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi esensial harian bagi ibu hamil.

Anemia karena defisiensi besi jadi salah satu tanda mengapa ibu hamil sering muntah. Kekurangan zat besi tentu tidak baik bagi perkembangan janin. Apalagi hal ini dapat menaikkan risiko kelahiran prematur dan berat badan bayi yang rendah saat lahir. Ibu hamil dapat mengatasi masalah anemia dan gejala muntah yang disebabkannya dengan suplemen Blackmores ini.

Suplemen ini aman untuk dikonsumsi setiap hari, asalkan diminum sesuai anjuran. Kamu bisa mendapatkan Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold di website dan berbagai Ecommerce Official Jovee.

Banyak minum air

Meski terdengar sepele, menjaga tubuh tetap terhidrasi sangatlah penting untuk ibu hamil. Apalagi morning sickness merupakan penyebab serius karena kekurangan cairan tubuh. Ibu hamil sebaiknya minum 8-9 gelas air per hari.

Air putih mungkin belum dapat mengatasi masalah mual bagi sebagian ibu hamil. Jika hal tersebut terjadi, cobalah meminum minuman asam seperti yang disebutkan sebelumnya. Bumil juga bisa mengonsumsi teh herbal seperti chamomile atau buah semangka yang juga mengandung banyak air.

Istirahat yang cukup

Mual dan muntah juga bisa disebabkan tubuh yang kelelahan. Karenanya, bumil perlu menjaga kondisi badannya agar tetap fit dengan istirahat yang cukup. Saat bumil merasa tidak enak badan ketika bangun di pagi hari, ambil waktu sejenak dan duduklah selama beberapa menit sebelum akhirnya beranjak keluar dari tempat tidur. Jika langsung bergerak setelah tidur, bumil bisa merasa pusing. Suara yang keras dan sinar terang juga dapat memicu perasaan tidak nyaman bagi beberapa bumil.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari mual dan muntah sebagai gejala morning sickness. Dari menjaga pola makan, menggunakan terapi khusus, hingga mengonsumsi suplemen untuk ibu hamil, ibu hamil memiliki beragam pilihan untuk mengatasi masalah kehamilannya tersebut.

Namun, ingatlah untuk mengaplikasikan cara yang aman dan tidak menimbulkan efek samping yang serius hingga mengancam kesehatan ibu dan bayinya. Kamu juga bisa meminta bantuan dokter untuk memberikan rekomendasi obat mual ibu hamil yang sesuai.

Bahagia dan Sehat Bareng Jovee

Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. Aplikasi Jovee tersedia di Google Play Store dan App Store.

Penulis: Alifia Daariy

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

cara-merawat-rambut

6 Cara Merawat Rambut Setelah Keratin Treatment

Kesehatan Lainnya   25/11/2022
propylene-glycol-adalah

Propylene Glycol: Kegunaan dan Efek Samping

Kesehatan Lainnya   10/11/2022
vaksin-cacar-monyet

Mengenal Vaksin Cacar Monyet, JYNNEOS dan ACAM2000

Kesehatan Lainnya   04/11/2022
6 Cara Penyembuhan Herpes Secara Alami Cukup dengan 3 Hari

6 Cara Menyembuhkan Herpes Secara Alami dan Aman dengan 3 Hari

Kesehatan Lainnya   01/11/2022
cara-pakai-highlighter

Beginner Friendly, Ini Tips dan Cara Menggunakan Highlighter

Kesehatan Lainnya   27/10/2022