fbpx
BerandaKesehatan LainnyaCara Cepat Atasi Mata Bintitan

Pernah mengalami mata bintitan? Mata bintitan atau disebut juga sebagai timbilan adalah benjolan yang terjadi di area kelopak mata, umumnya benjolan bintitan mirip seperti jerawat. Penyebab bintitan dapat terjadi akibat adanya penyumbatan kelenjar minyak pada daerah kelopak mata. Cara mengatasi mata bintitan dapat dilakukan dengan mudah di rumah.

Cara mengatasi mata bintitan

Penyebab Bintitan

Bintitan disebabkan oleh infeksi akibat bakteri stafilokokus yang hidup pada jaringan kulit. Infeksi dapat terjadi akibat menyentuh kelopak mata dengan tangan kotor, kelenjar keringat pada akar bulu mata, maupun kelenjar minyak. Untuk mengurangi risiko terkena bintitan, hindari menyentuh bagian mata apabila tangan dalam keadaan kotor.

Gejala Bintitan

Bintitan umumnya terlihat seperti jerawat, namun bintitan dapat menimbulkan gejala lain. Pada awal kemunculan bintitan, kulit pada area kelopak mata akan berubah warna menjadi merah yang kemudian muncul benjolan merah mirip bisul. Berikut ini beberapa gejala bintitan yang dapat terjadi:

  •       Mata merah dan berair
  •       Kelopak mata terasa nyeri dan terlihat bengkak
  •       Kotoran mata menjadi lebih banyak dan muncul di sekeliling mata

Cara Cepat dan Mudah Mengatasi Bintitan

Bintitan bukanlah masalah yang serius sehingga dapat diobati sendiri dengan bahan-bahan alami. Namun apabila pembengkakan akibat bintitan menjadi semakin parah, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter. Berikut ini cara cepat mengobati bintitan pada mata:

  1. Kompres Hangat

Suhu yang hangat dapat membantu mendorong nanah pada bintitan untuk ke permukaan, serta melarutkan minyak sehingga cairan pada bintitan dapat keluar secara alami. Anda dapat mengompres bintitan menggunakan handuk kecil yang bersih. Pastikan air yang digunakan tidak terlalu panas namun tetap hangat. Letakkan handuk yang telah diberi air hangat ke area bintitan selama 5 menit.

Dokter Jovee, dr. Irma Lidia, menambahkan “Bintitan biasanya dapat sembuh sendiri namun mengompres dengan air hangat dapat mempercepat kesembuhan.”

  1. Bersihkan Kelopak Mata dengan Sabun

Anda dapat menggunakan sabun dengan kandungan bahan alami yang ringan untuk membersihkan kelopak mata. Pastikan sabun yang digunakan mengandung hipoalergenik sehingga tidak memiliki efek samping saat digunakan. Karena kulit di area mata lebih tipis dan lebih sensitif sehingga perlu berhati-hati saat dibersihkan.

Cara mengatasi mata bintitan adalah dengan menghindari penggunaan sabun berbahan kimia yang terlalu keras, sebab dapat membuat infeksi semakin parah. Bahan kimia pada sabun yang terlalu banyak dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi hingga membuat mata bintitan semakin parah.

  1. Kantung Teh Celup

Teh memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk mengatasi infeksi, khususnya teh hitam. Anda dapat menggunakan kantung teh sebagai kompres untuk mengatasi mata bintitan. Cara penggunaan kantung teh serupa dengan penggunaan handuk untuk mengompres.

Anda hanya perlu menyeduh kantung teh dengan air panas, kemudian diamkan beberapa saat hingga kantung teh menjadi tidak terlalu panas. Kemudian gunakan untuk mengompres selama 5 hingga 10 menit. Kantung teh hanya dapat digunakan satu kali, dan Anda bisa mengompres mata bintitan sebanyak 2 kali sehari agar bintitan cepat sembuh.

Apabila bintitan menimbulkan rasa nyeri yang tidak tertahankan, Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri. Selain itu, hindari penggunaan kosmetik saat mata sedang mengalami bintitan. Bahan kimia pada kosmetik dapat menyebabkan peradangan dan infeksi menjadi semakin parah.

Cara mengatasi mata bintitan yang paling mudah adalah dengan selalu menjaga kebersihan mata. Mata yang bersih dapat mencegah bakteri sehingga bintitan tidak menjadi semakin parah.

Konsultasikan ke dokter bila bintitan bertambah parah, tidak hilang-hilang, sangat bengkak hingga tidak bisa melihat, sekitar mata sakit, atau sering berulang,” tambah dr. Irma Lidia. Tetap jaga kesehatan mata dengan konsumsi suplemen Eyevit Tab – 30 tablet – Vitamin Mata / Vitamin A (Rp 168.900).

Temukan informasi kesehatan terpercaya lainnya hanya di Jovee. Download aplikasinya juga untuk mendapatkan suplemen dan vitamin personal dalam kemasan praktis. Kamu juga bisa mengetahui vitamin terbaik lewat konsultasi gratis dengan nutrisionis Jovee.

 

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Penyebab_Impotensi

Hindari Penyebab Impotensi Di Usia Muda

Kesehatan Lainnya   07/10/2021
Lutut_Bengkak

Apa Penyebab Lutut Bengkak?

Kesehatan Lainnya   06/10/2021
Makanan_Penyebab_Bisul

4 Makanan Penyebab Bisul Bertambah Parah

Kesehatan Lainnya   30/09/2021
ciri hamil anak kembar

Tanda Awal Dan Ciri Hamil Anak Kembar

Kesehatan Lainnya   29/09/2021
Lambung bengkak

Penyebab Lambung Bengkak Dan Cara Mengatasinya

Kesehatan Lainnya   27/09/2021