fbpx
BerandaGaya Hidup SehatCara Memulai Gaya Hidup Aktif Meski Jarang Berolahraga

Gaya hidup adalah cara hidup seseorang baik dari sisi keinginan, kesukaan, opini, kelakuan dan tindakan. Gaya hidup bisa berupa kemewahan atau kesehatan yang dapat dilihat dari hobi, dan penampilan seseorang.

Cara Memulai Gaya Hidup Aktif Meski Jarang Berolahraga

Bagi diri seseorang yang jarang sekali melakukan olahraga tentunya akan mengalami sedikit kesulitan ketika dirinya hendak memulainya. Hal ini memang wajar terjadi karena mengingat bahwa setiap orang tidak mempunyai waktu yang sama dalam melakukan olahraga. Ditambah lagi ada banyak sekali jenis olahraga yang bisa dipilih sesuai hobi. Ada olahraga yang berat, olahraga ringan, ataupun jenis olahraga lainnya. Semuanya termasuk dalam gaya hidup sehat.

Jika sekiranya Anda adalah orang yang ingin memulai gaya hidup sehat dan aktif meskipun jarang berolahraga, ada beberapa cara dan teknik yang bisa dilakukan untuk memulainya. Namun yang pasti Anda disarankan untuk tidak terlalu memaksakan diri dalam melakukan olahraga yang terlalu berat khususnya bagi para pemula.

Cara Memulai Gaya Hidup Aktif Meski Jarang Olahraga

Apa itu gaya hidup aktif? Gaya hidup aktif adalah gaya hidup yang melibatkan banyak aktivitas energi, seperti olahraga. Biasanya, kata ini juga merujuk pada hidup sehat yang diimbangi dengan nutrisi seimbang.

Memulai gaya hidup sehat, salah satunya memang harus melakukan olahraga. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa olahraga mampu memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu menjadikan tubuh terasa sehat bugar dan terhindar dari penyakit. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai gaya hidup aktif adalah:

1. Membangun Motivasi Diri

Motivasi diri sangat dibutuhkan pada saat Anda ingin memulai gaya hidup sehat dan aktif. Anda disarankan untuk mempunyai komitmen supaya bisa menetapkan tujuan pada olahraga yang Anda lakukan tersebut. Melalui motivasi, maka Anda bisa mulai beraktivitas olahraga sesuai yang diinginkan. Misalnya saja dengan melakukan jogging, senam, yoga, aerobik atau jenis olahraga yang lainnya. Pastikan bahwa Anda melakukan jenis olahraga sesuai hobi supaya motivasi pada diri sendiri dapat terbangun.

2. Mulailah dari Kebiasaan Kecil

Bagi diri seseorang yang jarang melakukan olahraga memang akan mengalami kesulitan. Namun jangan sampai hal ini membuat Anda merasa hilang semangat untuk memulai gaya hidup aktif. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan memulainya pada kebiasaan terkecil. Ada banyak aktivitas kecil yang bisa dilakukan, misalnya saja dengan berjalan kaki setiap pagi, naik turun tangga, ataupun yang lainnya.

3. Tetapkan Durasi Olahraga

Menetapkan durasi olahraga juga sangat penting dilakukan supaya Anda bisa mempunyai jadwal yang jelas kapan harus melakukan olah raga dan kapan harus mengakhirinya. Bagi pemula sebaiknya Anda tidak menetapkan durasi yang terlalu lama, karena jika terlalu memaksakan diri justru akan membuat kondisi tubuh melemah. Sehingga hal ini membuat niat Anda untuk hidup aktif berolahraga semakin menurun.

4. Fokuskan pada Satu Jenis Olahraga Saja

Cara selanjutnya yang harus dilakukan yaitu dengan memfokuskan diri pada satu jenis olahraga saja. Kebanyakan dari pemula akan merasa bingung jenis olahraga apa yang cocok dilakukannya. Terlebih lagi bagi seseorang yang sama sekali belum aktif berolahraga. Untuk meningkatkan rasa semangat, sebaiknya Anda berfokus pada jenis 1 olahraga saja.

Melalui cara inilah maka aktivitas fisik bisa mulai terjaga. Selain itu juga bisa meningkatkan kebugaran pada tubuh. Anda bisa melakukan latihan kekuatan ataupun latihan kelenturan paling tidak lakukan setiap 2 hingga 3 hari dalam seminggu.

5. Ajaklah Teman Dekat

Supaya bisa menambah semangat untuk bisa memulai gaya hidup aktif berolahraga, tidak ada salahnya jika mengajak teman dekat. Semakin banyak teman yang menemani maka akan semakin bersemangat pula untuk mengubah pola gaya hidup yang lebih sehat. Supaya tidak menimbulkan rasa bosan, Anda dapat berpindah tempat olahraga supaya tidak monoton.

Misalnya saja Anda melakukan olahraga jogging atau berlari maka jangan terus-menerus melewati pada satu tempat yang sama. Carilah tempat lain yang sekiranya belum pernah Anda jumpai supaya tidak menimbulkan rasa bosan.

6. Jangan Lupa Mengisi Perut

Cara selanjutnya yang harus dilakukan yaitu jangan pernah lupa untuk mengisi perut setelah melakukan olahraga.Pada saat diri seseorang menyelesaikan kegiatan olahraga tentu akan merasakan lapar. Oleh karena itu Anda diharuskan untuk mengisi perut yang kosong dengan mengkonsumsi makanan yang Anda sukai. Namun pastikan bahwa makanan yang dikonsumsi tersebut sehat dan tidak berlebihan.

7. Membuat Jadwal Rutin

Cara selanjutnya yang harus dilakukan yaitu dengan membuat jadwal rutin. Jadwal yang dimaksud yaitu jadwal melakukan olahraga. Anda dapat memilih waktu dimana Anda tidak mempunyai banyak pekerjaan. Misalnya pada saat weekend dan libur kerja, maka bisa memanfaatkannya dengan mengisi waktu berolahraga. Selain memberikan dampak yang positif ternyata cara ini juga sangat ampuh untuk menghilangkan rasa bosan akibat pekerjaan yang dilakukan setiap harinya.

Memulai gaya hidup sehat dan aktif memang tidak mudah dilakukan. Terlebih lagi bagi diri seseorang yang belum terbiasa melakukan olahraga. Meskipun demikian beberapa cara yang ada di atas bisa membantu supaya bisa menerapkan pola gaya hidup sehat. Memiliki gaya hidup yang aktif dan sehat akan selalu memberikan dampak yang positif terhadap diri sendiri seperti menjaga tubuh dari penyakit.

Selain berolahraga, daya tahan tubuh akan semakin maksimal apabila ditambah dengan mengonsumsi vitamin atau suplemen. Anda dapat mengonsumsi Konilife Imunea – Daya Tahan Tubuh – 30 Kaplet (Rp115.500) yang dapat meningkatkan daya tahan tubuhmu.

Baca lebih banyak tips dan trik seputar kesehatan di sini. Lihat juga aplikasi Jovee untuk memulai gaya hidup sehatmu. Unduh melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

hari-lanjut-usia-internasional

Peringati Hari Lanjut Usia Internasional, Ini 5 Tips Merawat Lansia

Gaya Hidup Sehat   01/10/2022
tips-merawat-hiv

4 Tips Merawat Pasien HIV untuk Mencegah Penularan

Gaya Hidup Sehat   13/09/2022
dampak-friends-with-benefit

Waspadai Risikonya, Apa Dampak dari Friends with Benefits (FWB)?

Gaya Hidup Sehat   08/09/2022
jantung-koroner

Jantung Koroner: Pembunuh Nomor 1, Kenali Penyebab & Cara Mencegah

Gaya Hidup Sehat   01/09/2022
manfaat-self-talk

Manfaat Positive Self Talk bagi Kesehatan Mental

Gaya Hidup Sehat   22/07/2022