fbpx
BerandaKesehatan KulitCara Mengatasi Kulit Kering saat Puasa

Puasa punya serangkaian manfaat bagi tubuh yang menakjubkan. Untuk kesehatan tubuh, puasa dapat membantu mengelola gula darah, mengelola berat badan yang ideal, meningkatkan fungsi hormon, hingga meningkatkan kinerja jantung.

Bagi umat Muslim, puasa yang dijalankan selama bulan Ramadan adalah sebuah berkah yang tak hanya membantu menjaga kesehatan tubuh, melainkan juga mengelola kesehatan mental dan spiritual. Oleh karena itu, tak perlu khawatir menjalankan puasa, entah itu dalam bulan Ramadan atau menjalankan puasa rutin untuk alasan kesehatan lainnya.

Namun, sebagian orang mengeluhkan kulit yang terasa lebih kering atau kulit dehidrasi selama berpuasa. Tenang, tak perlu panik. Berikut ini Jovee punya cara mengatasi kulit kering saat puasa yang dapat kamu lakukan:

Selalu Menjaga Tubuh agar Senantiasa Terhidrasi

Satu hal penting yang perlu diingat saat berpuasa adalah tetap menjaga hidrasi tubuh. Meski berpuasa belasan jam lamanya, bukan alasan untuk tidak memenuhi kebutuhan cairan tubuh, lho. Yang kita perlukan adalah memastikan konsumsi cairan, terutama air putih, yang cukup selama jam buka puasa hingga sahur.

Pastikan mengonsumsi minimal delapan gelas air putih per hari di bulan puasa. Kamu bisa membaginya, misalnya dua gelas saat berbuka puasa, dua gelas setelah makan saat buka puasa, dua gelas sebelum dan dua gelas sesudah sahur.

Metode ini adalah cara mudah memperbaiki kulit kering saat puasa dari dalam tubuh.

Berikan Perlindungan dengan Sunscreen dan Moisturizer

Di Indonesia biasanya saat bulan puasa cuaca sedang panas-panasnya. Cuaca panas, teriknya sinar matahari, dan durasi berpuasa yang panjang, dapat menjadi faktor yang mempengaruhi kondisi kulit kita.

Gunakan sunscreen secukupnya sebelum beraktivitas di luar ruangan di pagi hingga siang hari. Aplikasikan ulang sunscreen jika kamu berada di luar ruangan selama lebih dari tiga jam.

Selain sunscreen, kamu juga perlu melindungi kulitmu dari risiko kekeringan dengan menggunakan moisturizer yang dapat memberikan kelembapan ekstra. Pilih moisturizer yang sesuai dengan kondisi kulitmu. Hal ini berlaku bukan hanya untuk pemilik kulit kering lho. Pemilik kulit berminyak pun perlu menggunakan moisturizer secara teratur untuk mencegah terbentuknya minyak alami kulit berlebih yang dapat menimbulkan jerawat dan peradangan.

Hindari Mandi atau Mencuci Wajah dengan Air Hangat

Mandi atau mencuci wajah di siang hari di bulan puasa memang menyegarkan ya. Tetapi kamu perlu tahu bahwa terlalu sering mandi atau mencuci wajah justru dapat menghilangkan kelembapan alami kulit sehingga membuat kulit menjadi lebih kering. Apalagi jika kamu mandi atau mencuci wajah menggunakan air hangat yang semakin memperparah kondisi kulit yang kering.

Pilih Produk yang Tepat

Untuk kamu yang memiliki kulit ekstra kering, kamu memerlukan bantuan perawatan dari produk-produk skincare. Pilih produk skincare dan bodycare yang memberikan kelembapan lebih, misalnya yang mengandung shea butter, minyak zaitun, atau minyak kelapa murni.

Konsumsi Makanan yang Terbuat dari Bahan-bahan Segar dan Bernutrisi

Salah satu faktor penting yang dapat membantumu mengatasi kulit kering saat puasa adalah makanan.

Makanan berlemak jenuh dan gorengan sebaiknya dihindari saat berpuasa. Selain tidak sehat dan tidak baik untuk kulit, terlalu banyak minyak dan karbohidrat, terutama yang berasal dari makanan olahan dan roti, dapat menyebabkan jerawat.

Konsumsilah makanan yang lebih banyak mengandung air serta kaya akan kandungan vitamin A, C, dan E, seperti timun atau selada, untuk menggantikan mineral yang hilang selama kamu menjalankan puasa selama seharian penuh.

Aplikasikan Lipbalm dan Body Lotion secara Teratur

Kulit tubuh dan bibir adalah bagian-bagian tubuh yang lebih rentan mengalami kekeringan selama menjalankan bulan puasa. Untuk membantu mengatasinya, kamu bisa mengaplikasikan bodycare dan lipbalm secara teratur di pagi hari, siang hari, dan setelah sholat.

Mungkin kamu tergoda untuk membasahi bibir setiap kali bibir terasa kering. Namun, kebiasaan ini ternyata justru dapat membuat bibir makin kering, bahkan mengelupas. Oleh karenanya, sebaiknya aplikasikan lipbalm yang diperkaya dengan beeswax, minyak zaitun, atau shea butter yang bermanfaat untuk mengunci kelembapan alami kulit di sekitar bibir.

Itulah beberapa tips mengatasi kulit kering saat puasa yang dapat kamu coba. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

perawatan kulit ibu hamil

Tips Perawatan Kulit Ibu Hamil, Ketahui Apa Saja Bahan yang Aman Digunakan

Kesehatan Kulit   20/09/2023
treatment mengecilkan pori-pori wajah

Mengenal Treatment Mengecilkan Pori-pori Wajah

Kesehatan Kulit   19/09/2023
kulit payudara gatal

Mengenal Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Payudara Gatal

Kesehatan Kulit   18/09/2023
perawatan kulit eksim

Tips Perawatan Kulit Eksim untuk Berbagai Kondisi dan Usia

Kesehatan Kulit   17/09/2023
jenis laser wajah

Mengenal Apa Saja Jenis Laser Wajah dan Fungsinya

Kesehatan Kulit   16/09/2023