fbpx
BerandaGaya Hidup SehatCara Menjaga Keseimbangan Hormon Tubuh

Hormon merupakan salah satu penyusun yang ada di dalam tubuh setiap manusia. Tapi apakah Anda sudah tahu mengenai apa itu hormon? Mungkin bagi Anda yang belum tahu, hormon adalah kelompok biokimia yang ada di dalam tubuh. Hormon berperan aktif dalam setiap fungsi tubuh, agar dapat berjalan dengan normal. Karenanya, keseimbangan hormon harus dijaga dan sangat penting dilakukan agar fungsi tubuh Anda tidak mengalami gangguan.

Cara Menjaga Keseimbangan Hormon Tubuh

Ketidakseimbangan yang terjadi pada hormon di dalam tubuh dapat membuat berbagai macam masalah kesehatan seperti ketidaksuburan, rambut rontok, nafsu makan yang tak stabil, sampai kelebihan atau kekurangan berat badan.

Tips Ampuh Menjaga Keseimbangan Hormon

Tentu saja Anda tak ingin jika berbagai masalah kesehatan itu menimpa. Maka dari itu, untuk mengatasinya Anda wajib melakukan berbagai macam cara untuk menjaga keseimbangan hormon di dalam tubuh. Anda dapat mengkonsumsi WELLNESS EVENING PRIMROSE OIL – KECANTIKAN KULIT (Rp253.000) untuk menjaga keseimbangan hormon.

Ada beberapa tips menjaga keseimbangan hormon yang dapat Anda coba lakukan kapan saja dan di mana saja.

1. Makan Makanan Sehat dan Bergizi

Pertama, usahakan mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat. Pasalnya, lemak sehat ini sangat berpengaruh pada hormon di tubuh Anda. Sehingga, dengan Anda mengonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung lemak sehat akan penting untuk membantu menyeimbangkan hormon yang ada di dalam tubuh Anda.

Hal ini penting untuk Anda perhatikan dengan baik. Pasalnya, biasanya makanan yang Anda konsumsi lebih cenderung mengandung banyak lemak jahat dibanding lemak baik. Anda pun bisa mencoba mengonsumsi berbagai makanan seperti buah dan juga daging khususnya ikan yang kaya akan lemak baik terutama lemak omega 3 yang baik untuk keseimbangan hormon.

Menurut dr. Irma Lidia, tim dokter Jovee, “Makan makanan dengan gizi seimbang penting untuk kesehatan yang baik. Hindari makan berlebih yang menyebabkan penambahan berat badan, makan sayuran, buah-buahan, produk biji-bijian, produk susu rendah lemak, dan sumber protein tanpa lemak. Batasi “junk food” yang rendah nutrisi dan tinggi kalori, gula olahan, lemak jenuh dan trans, serta natrium. obesitas dapat menyebabkan perubahan hormon dan sebaliknya.”

2. Tidur Cukup

Perlu Anda ketahui selanjutnya, ternyata kurang tidur dapat mengganggu ritme sirkulasi dalam tubuh Anda. Selain itu, kurang tidur dan istirahat dapat membuat Anda mudah mengalami stres, sehingga hal ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang ada di dalam tubuh Anda serta membuat Anda mudah lelah saat beraktivitas.

Bahkan, jika Anda mengalami stres yang berlebih dapat menyebabkan perubahan kadar serum dalam banyak hormon yang ada di tubuh Anda. Jika hal ini terjadi secara terus menerus, maka dapat mengganggu sistem kerja tubuh Anda. Maka dari itu, sebisa mungkin Anda harus bisa mengelola tingkat stres yang ada di diri Anda dan juga cukup tidur.

Anda pun dianjurkan untuk tidur selama kurang lebih 7-8 jam setiap harinya. Tidur dengan waktu yang cukup ini, dapat memberi waktu lebih bagi tubuh Anda untuk meregenerasi sel yang rusak, mengisi kembali energi tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga pastinya menjaga keseimbangan kadar hormon di dalam tubuh.

3. Olahraga untuk Kesehatan Hormon

Melakukan olahraga secara teratur setiap harinya juga dapat membantu menjaga keseimbangan hormon Anda. Pasalnya, dengan Anda rutin melakukan aktivitas seperti olahraga ini, dapat membantu menguatkan sistem endokrin dalam tubuh yang kerjanya mengatur kadar hormon di dalam tubuh Anda.

Tak hanya itu, olahraga juga dapat membantu mengurangi stres dan menjaga berat badan Anda agar tetap stabil. Namun yang perlu Anda cermati, jangan berlebihan ketika melakukan olahraga agar tidak mengganggu keseimbangan hormon di tubuh. Lakukanlah olahraga ini sesuai dengan porsi yang cukup agar kesehatan tubuh Anda pun tetap tertunjang dengan baik.

4. Batasi Konsumsi Gula dan Kafein

Selain itu, kesehatan sistem pencernaan di dalam tubuh ternyata juga bisa memengaruhi sistem hormon tubuh di dalam Anda. Agar kadar hormon di tubuh Anda tetap terjaga, maka ada baiknya Anda menghindari makanan yang dapat menimbulkan berbagai macam gangguan pada sistem pencernaan Anda.

Namun, hal terpenting adalah jangan konsumsi makanan apapun dalam jumlah yang berlebih. Hindari pula mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula secara berlebihan. Bukan tanpa alasan, asupan gula berlebihan dalam tubuh dapat mengganggu kerja hormon khususnya insulin yang justru dapat menyebabkan Anda mengalami diabetes.

Tips berikutnya yang patut Anda coba adalah mengurangi konsumsi kafein dan minuman yang mengandung alkohol. Konsumsi kafein yang berlebihan dapat memengaruhi kerja sistem saraf pusat atau otak Anda, meningkatkan kecepatan detak jantung, membuat Anda mudah cemas dan mengubah cara otak dalam menghasilkan hormon.

Lalu yang selanjutnya harus Anda perhatikan, bahan kimia berbahaya yang dapat masuk ke tubuh Anda juga dapat mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh. Apalagi, saat ini ada banyak makanan yang dibuat dengan bahan kimia. Ada baiknya jika Anda mengonsumsi makanan organik dan mengurangi mengonsumsi makanan yang berasal dari luar rumah.

Tak hanya itu, Anda juga disarankan untuk dapat menghindari memakai barang-barang yang mengandung bahan kimia berbahaya. Mulailah untuk melakukan pola hidup yang lebih sehat, agar nantinya bahan kimia itu tak mudah masuk ke tubuh Anda. Sehingga, keseimbangan hormon yang ada di tubuh Anda pun tetap terjaga dengan baik.

Ingin tahu tips dan trik seputar kesehatan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store untuk mendapatkan rekomendasi suplemen. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

kulit-kepala-berjerawat

Kulit Kepala Berjerawat? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Gaya Hidup Sehat   20/05/2022

4 Cara Efektif Menurunkan Berat Badan

Gaya Hidup Sehat   18/04/2022
cara-menjaga-kesehatan-kulit

5 Cara Menjaga Kesehatan Kulit bagi Wanita Karir

Gaya Hidup Sehat   30/03/2022
cara-membuat-kulit-wajah-kenyal-dan-lembab

Intip 5 Cara Membuat Kulit Wajah Kenyal dan Lembab Berikut Ini

Gaya Hidup Sehat   24/03/2022
jenis-olahraga-untuk-kecantikan

Inilah 7 Jenis Olahraga untuk Kecantikan

Gaya Hidup Sehat   23/03/2022