fbpx
BerandaSeks & AsmaraCara Pakai Lubricant untuk Vagina Kering

Seiring bertambahnya usia, vagina umumnya cenderung menjadi lebih kering. Masalah ini juga bisa disebabkan oleh banyak faktor, misal penyakit tertentu atau hormon. Vagina yang kering dapat menyebabkan penetrasi penis jadi sulit dilakukan karena timbulkan rasa sakit saat berhubungan intim nih, Jovians. Oleh karena itu, pelumas vagina atau lubricant gel hadir untuk membantu masalah ini. Sudah tau cara pakai lubricant gel yang benar? Yuk, simak artikel berikut sampai habis!

cara-pakai-lubricant

Apa itu lubricant gel?

Lubricant gel atau pelumas vagina adalah cairan gel yang berfungsi untuk mempermudah penetrasi, yang berperan sebagai pelicin. Biasanya, lubricant gel digunakan pada vagina yang kering untuk mengurangi rasa sakit saat proses penetrasi.

Saat terangsang, vagina normalnya dapat mengeluarkan cairan pelumas alami. Hanya saja, seiring bertambahnya usia, level estrogen tubuh menurun yang menyebabkan produksi cairan ini berkurang.

Namun, vagina kering juga dapat disebabkan oleh kondisi lainnya. Menurut Medical News Today, vagina kering dapat menjadi tanda menopause atau gangguan vagina seperti atrofi vagina. Semakin kering vagina saat berhubungan intim, maka semakin banyak juga lubricant gel yang diperlukan.

Berikut sejumlah kondisi yang umumnya membuat vagina kering, dilansir dari Healthline.

  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu
  • Kekurangan cairan tubuh
  • Mengonsumsi pil KB
  • Merokok
  • Menyusui
  • Menopause
  • Penyakit autoimun
  • Perawatan tertentu, seperti kemoterapi

Lubricant gel dapat digunakan oleh siapa saja, bahkan jika kamu tidak memiliki vagina kering sekalipun. Karena, lubricant gel digunakan untuk membuat hubungan seks terasa lebih nyaman. Lubricant gel dapat membantu mengurangi rasa sakit, perih, dan rasa tidak nyaman lainnya saat berhubungan intim.

Mengenal tipe lubricant gel

Terdapat beberapa tipe lubricant gel di pasaran, yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Berikut macam tipe lubricant gel yang bisa kamu pertimbangkan.

Lubricant gel berbahan dasar air

Lubricant gel berbahan dasar air dalah jenis pelumas yang paling umum digunakan. Keuntungan dari pelumas jenis ini adalah harga yang lebih terjangkau, mudah ditemukan, dan aman digunakan dengan kondom. Kekurangannya, kebanyakan produk ini mengandung glycerin, yang dapat meningkatkan risiko infeksi jamur.

Lubricant gel berbahan dasar silikon

Pelumas vagina berbahan dasar silikon biasanya tidak berbau, licin, dan punya tekstur yang halus. Keuntungan dari lubricant gel ini adalah tahan lama (tidak perlu diaplikasikan sesering pelumas berbahan dasar air). Selain itu, pelumas ini juga aman digunakan dengan kondom berbahan latex. Kekurangannya adalah beberapa produk lebih sulit dibersihkan, dan tidak direkomendasikan pada sex toy berbahan silikon.

Lubricant gel berbahan dasar minyak

Ada dua tipe lubricant gel berbahan dasar minyak, yaitu bahan alami dan sintetis. Umumnya, pelumas jenis ini aman digunakan, dan mudah ditemukan. Keuntungan dari bahan minyak alami, aman bagi vagina dan dapat digunakan untuk memijat. Kekurangan dari pelumas jenis ini yakni dapat merusak kondom, dan bahan sintetis dapat meningkatkan risiko infeksi pada vagina.

Cara pakai lubricant gel

Saat menggunakan lubricant gel yang dijual bebas, kamu perlu menguti instruksi pemakaian yang ada pada kemasan. Cara pakai lubricant gel bagi pemula sebaiknya dimulai dengan jumlah sedikit. Kemudian, sedikit demi sedikit tambah jumlah penggunaan hingga vagina terasa nyaman.

Perlu diperhatikan, tidak semua vagina cocok dengan merek lubricant gel tertentu. Jika kamu alami rasa panas atau mati rasa usai menggunakan lubricant gel, segera hentikan penggunaan. Ini merupakan indikasi bahwa kamu tidak cocok dengan produk tersebut.

Dilansir dari Healthline, berikut ini cara pakai lubricant gel untuk memudahkan proses penetrasi.

  • Oleskan lubricant gel ditangan terlebih dahulu
  • Oleskan dengan lembut pada vagina. Jumlah takaran bisa ditambahkan hingga kamu merasa nyaman
  • Lubricant gel juga bisa ditambahkan sebagai bagian dari forepla untuk meningkatkan gairah
  • Oleskan lubricant gel tepat sebelum penetrasi, pada penis, atau pada sex toys
  • Lubricant gel dapat diaplikasikan kembali jika dibutuhkan

Risiko dan efek samping lubricant gel

Lubricant gel yang dijual bebas kebanyakan aman digunakan pada banyak orang. Hanya saja, setiap produk kesehatan tentunya memiliki risiko, termasuk lubricant gel. Risiko dan efek samping yang mungkin dapat muncul meliputi::

  • Reaksi alergi
  • Iritasi
  • Infeksi jamur
  • Mempengaruhi kesuburan

Itulah cara pakai lubricant gel untuk vagina yang kering. Vagina kering merupakan hal yang normal. Hanya saja, jika kamu alami vagina kering padahal tidak alami kondisi kesehatan tertentu, segera periksakan diri ke dokter.

Pastikan untuk membaca petunjuk pemakaian agar mengetahui cara pemakaian yang tepat. Jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter jika muncul efek samping setelah menggunakan lubricant gel.

Ingin tahu tips kesehatan lainnya? Simak selengkapnya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

infeksi-jamur-pada-kelamin-wanita

Hati-hati, Kenali Gejala Infeksi Jamur pada Kelamin Wanita

Seks & Asmara   15/12/2022
membersarkan-mr-p

Apakah Membesarkan Mr P Bisa Secara Medis?

Seks & Asmara   02/12/2022
pasangan-manipulatif-adalah

6 Ciri-ciri Pasangan Manipulatif & Cara Menghadapinya

Seks & Asmara   24/11/2022
berhubungan-intim

Berhubungan Intim Berapa Kali yang Ideal dalam Seminggu?

Seks & Asmara   15/09/2022
pentingnya-kesehatan-seksual

Mengapa Pengetahuan Kesehatan Seksual Sangat Penting?

Seks & Asmara   03/09/2022