fbpx
BerandaGaya Hidup SehatCardio VS Weight Lifting, Apa Bedanya?

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda

Sekarang ini, kesadaran seseorang akan pentingnya pola hidup sudah semakin tinggi. Bahkan, banyak orang yang mulai menerapkan gaya hidup sehat seperti banyak mengonsumsi makan kaya gizi, rutin melakukan olahraga, hingga selalu melakukan pengecekan kesehatan pada dokter. Tentu saja hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memulai hidup sehat dan teratur.

Namun, Anda pun juga dapat memulai hidup sehat ini dengan cara yang murah lho. Cara itu adalah dengan rajin melakukan olahraga setiap hari. Dengan olahraga ini, maka secara tak langsung akan dapat membantu Anda untuk menyehatkan tubuh. Tak hanya kesehatan fisik saja, tapi kesehatan psikologi Anda pun juga akan ikut terjaga dengan melakukan olahraga ini.

Olahraga yang dapat Anda coba lakukan setiap hari adalah cardio atau weight lifting. Yap, kedua olahraga ini sangat cocok bagi Anda apalagi yang jika dalam kesehariannya harus dituntut untuk selalu memiliki tubuh yang prima dan fit. Selain itu, kedua olahraga ini pun dapat Anda lakukan di rumah atau di tempat kebugaran seperti gym sekali pun.

Tak cuma itu, kedua jenis olahraga ini pun juga dapat Anda lakukan disela waktu kesibukan Anda karena olahraga ini sendiri cocok dilakukan saat pagi maupun malam hari. Dengan begitu, Anda pun tetap dapat mengerjakan pekerjaan Anda dengan baik lalu kemudian baru memulai untuk melakukan olahraga ini setelah pekerjaan Anda selesai.

Kedua olahraga ini sendiri memang sudah sangat populer di Indonesia karena mudah untuk dilakukan. Hanya saja, saat ini masih banyak orang yang merasa bingung dan kesulitan ketika hendak membedakan kedua olahraga ini. Bahkan, tak jarang banyak yang mengira kedua olahraga ini sama dan dapat menurunkan kalori tubuh dengan signifikan.

Padahal pada kenyataannya, olahraga cardio dan weight lifting itu berbeda. Perbedaan ini baik dari segi pengertian, cara melakukan, hingga manfaatnya. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui perbedaan dari kedua jenis olahraga ini agar tidak salah membedakan dan tetap dapat melakukan olahraga ini dengan sangat baik serta mendapat hasil maksimal.

Pengertian Cardio dan Weight Lifting

Dari sisi pengertiannya sendiri, kedua olahraga ini jelas berbeda. Cardio sendiri adalah kata lain dari latihan kardiovaskular, sementara untuk weight lifting sendiri adalah angkat beban. Jadi sudah jelas bahwa fokus dari kedua olahraga ini juga berbeda. Apalagi, untuk cardio ini pun masih terbagi lagi menjadi beberapa jenis olahraga yang dapat dilakukan.

Mengutip dari sini mengenai cardio adalah bentuk aktivitas tubuh dan dapat dilakukan dalam bentuk aerobik. Sesuai dengan namanya, cardio sendiri adalah aktivitas olahraga untuk meningkatkan detak jantung seseorang. Salah satu yang dapat dilakukan dalam olahraga ini seperti senam, bersepeda, jogging atau berlari.

Untuk weight lifting atau angkat beban sendiri merupakan olahraga yang lebih fokus pada aktivitas mengangkat sesuatu yang berat. Tentu saja, tujuan dari olahraga ini sendiri lebih berfokus untuk membentuk masa otot seseorang. Olahraga ini juga identik dengan alat-alat kebugaran seperti barbel atau alat yang ada di gym.

Hanya saja, Anda tetap dapat melakukan kedua olahraga ini di rumah tanpa harus pergi ke pusat kebugaran. Untuk olahraga kardio sendiri cenderung tidak terlalu fokus menggunakan alat seperti weight lifting. Maka dari itu, bagi Anda yang ingin olahraga dengan praktis maka cardio ini bisa menjadi pilihan yang sangat tepat untuk dicoba di rumah.

Apa Beda Manfaat Cardio dan Weight Lifting?

Seperti yang sudah disebutkan diatas, cardio sendiri lebih fokus untuk meningkatkan detak jantung. Mengutip dari sini sendiri, olahraga kardio dapat menguatkan otot jantung Anda jika dilakukan secara rutin. Jika otot jantung Anda kuat, maka pembuluh darah di tubuh Anda pun dapat mengalirkan oksigen dengan lebih cepat dan maksimal.

Dengan oksigen yang disuplai dengan baik ini, maka nantinya tubuh Anda pun akan terasa lebih ringan dan bugar. Sehingga, Anda pun tetap dapat melakukan olahraga dengan baik dan kalori di tubuh Anda pun juga dapat hilang dengan signifikan. Apalagi jika intensitas waktu olahraga ini cukup rutin, maka hasil yang Anda dapatkan pun juga maksimal.

Untuk weight lifting sendiri memang lebih fokus untuk menguatkan otot-otot di tubuh Anda. Otot yang dapat dikuatkan dengan olahraga ini mulai dari otot lengan, kaki, punggung, dada hingga perut sekalipun. Sehingga, kebanyakan orang-orang akan memilih olahraga ini untuk membentuk tubuh mereka agar tampak lebih ideal dan atletis.

Perbedaan Cardio dan Weight Lifting

Dari segi durasi sendiri, untuk olahraga cardio sendiri memakan durasi waktu yang lebih lama. Hal itu karena intensitas dari olahraga ini cenderung lebih sedikit sehingga untuk mendapatkan hasil terbaik harus dilakukan dalam waktu yang panjang. Apalagi, untuk cardio ini sendiri memang memanfaatkan tubuh sebagai alat bantunya.

Sementara itu untuk angkat beban sendiri, merupakan olahraga dengan intensitas yang cukup berat. Sehingga, meskipun dilakukan dalam durasi waktu yang singkat Anda pun tetap bisa mendapatkan hasil yang cukup maksimal. Hanya saja, olahraga ini memang diwajibkan untuk menggunakan alat bantu.

Tentu saja kedua olahraga ini sangat cocok bagi Anda yang ingin sehat. Nah, jika Anda ingin melakukan kedua olahraga ini dengan maksimal, maka Anda pun memerlukan bantuan suplemen kesehatan. Salah satu suplemen yang wajib Anda konsumsi adalah dari Jovee yang bisa Anda dapatkan dengan mendownload aplikasinya lewat smartphone.

Dengan hadirnya aplikasi Jovee ini, Anda dapat menemukan berbagai suplemen yang cocok untuk Anda. Anda pun bisa mendapatkan paket suplemen dengan harga termurah serta beragam rekomendasi tips yang dapat Anda coba setiap hari. Tunggu apalagi? Segera download aplikasinya dan dapatkan suplemen terbaik untuk diri Anda sekarang juga.

Diedit oleh: Aileen Velishya

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

penderita-diabetes

7 Kewajiban yang Penting untuk Dipenuhi oleh Penderita Diabetes

Gaya Hidup Sehat   17/05/2021
aktivitas-olahraga-anak-selama-pandemi

6 Aktivitas Olahraga Anak selama Pandemi

Gaya Hidup Sehat   29/04/2021
tips-puasa-untuk-anak

6 Tips Puasa untuk Anak agar Semangat dan Tetap Sehat

Gaya Hidup Sehat   29/04/2021
penyebab-dan-cara-mengatasi-mata-merah-pada-anak

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Merah pada Anak

Gaya Hidup Sehat   29/04/2021
mental-illness

Mental Illness, Penyakit Mental yang Sering Disalahartikan

Gaya Hidup Sehat   26/04/2021