fbpx
BerandaKesehatan LainnyaCegah Penularan COVID-19 di Lingkungan Kerja Rumah Sakit

Sebagai tenaga kesehatan khususnya perawat yang setiap hari (24 jam) kontak dengan pasien, tentunya memiliki risiko tinggi untuk terpapar COVID-19. Untuk itu diperlukan upaya dan tekad untuk selalu menjaga keselamatan dan kesehatan tenaga kesehatan khususnya perawat. Apa saja tips cegah penularan COVID-19 di lingkungan kerja rumah sakit? Yuk simak tips dari Sehatpedia.

Cegah Penularan Covid-19 di Rumah Sakit

Karena risikonya yang sangat tinggi, para tenaga medis perlu menerapkan prosedur dan protokol tertentu untuk mencegah penularan virus. Prosedur dan protokol untuk mencegah infeksi termasuk kontrol lingkungan, kontrol administratif, praktik kerja yang lebih aman dan alat pelindung diri. Bukan hanya tenaga medis, bagi Tenaga non medis juga yang setiap hari melayani para pelangan mempunyai peluang terpapar COVID-19.

Salah satunya kedisiplinan melaksanakan protokol kesehatan harus dilakukan ketika berangkat kerja, berada di tempat kerja sampai pulang ke rumah termasuk sebelum masuk ke dalam rumah yang senantiasa harus di patuhi.

Tips Cegah COVID-19 di Rumah Sakit

Berikut beberapa hal yang harus dilakukan untuk pencegahan penularan COVID-19 di lingkungan kerja di rumah sakit:

1. Berdoa dan memohon perlindungan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Jangan lupa untuk selalu berdoa dan memohon perlindungan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2. Melatih dan mengedukasi tenaga medis.

Sebelum mengedukasi Pasien / pengunjung, tentunya para tenaga medis harus memahami instruksi pencegahan penyakit terlebih dahulu. Setiap tenaga medis harus mendapatkan edukasi dan pelatihan tentang pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) sebelum merawat pasien.

3. Berikan masker medis kepada semua pasien yang menunjukkan gejala-gejala serupa flu

Berikan masker medis kepada semua pasien yang menunjukkan gejala-gejala serupa flu atau melaporkan kemungkinan infeksi COVID-19. Ingatkan semua pasien untuk menjalankan kebersihan pernapasan dan tangan yang baik.

4. Lakukan pengukuran suhu

Di setiap pintu masuk RS lakukan pengukuran suhu dengan menggunakan thermogun, dan sebelum masuk kerja terapkan Self Assessment Risiko COVID-19 untuk memastikan yang akan masuk kerja dalam kondisi tidak terjangkit COVID-19.

5. Gunakan masker yang benar

Mewajibkan seluruh karyawan menggunakan masker yang benar sejak perjalanan dari/ ke rumah, dan selama di RS.

6. Mengatur asupan nutrisi makanan

Pilih buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk, jambu, dan sebagainya untuk membantu mempertahankan daya tahan tubuh serta minum suplemen vitamin C multivitamin. Kamu juga dapat mengkonsumsi suplemen daya tahan tubuh seperti Konimex Renovit 30 Kaplet – Suplemen Daya Tahan Tubuh (Rp87.000).

7. Higiene dan sanitasi lingkungan kerja

  • Memastikan seluruh area kerja bersih dan higienis dengan melakukan pembersihan secara berkala menggunakan pembersih dan desinfektan yang sesuai (setiap 4 jam sekali). Terutama pegangan pintu dan tangga, tombol lift, peralatan RS yang digunakan bersama, area dan fasilitas umum lainya.
  • Menjaga kualitas udara tempat kerja dengan mengoptimalkan sirkulasi udara dan sinar matahari masuk ruangan kerja, pembersihan filter AC.
  • Jangan sentuh mata, hidung atau mulut dengan sarung tangan maupun tangan sampai tangan sudah dibersihkan dengan benar.
  • Patuh dan taat melakukan cuci tangan dengan benar (five moments) dan sebelum/ sesudah setiap melakukan aktifitas.

8. Physical Distancing dalam semua aktifitas kerja

Pengaturan jarak antar karyawan minimal 1 meter pada setiap aktifitas kerja (pengaturan meja kerja/workstation/ Nurse station, pengaturan kursi saat di Ruang makan , tidak berbicara saat makan dll).

9. Etika batuk

Budayakan etika batuk (tutup mulut dan hidung dengan lengan atas bagian dalam) dan jika menggunakan tisu untuk menutup batuk dan pilek, buang tisu bekas ke tempat sampah yang tertutup dan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelahnya.

10. Olahraga

Olahraga bersama sebelum kerja dengan tetap menjaga jarak aman, dan anjuran berjemur matahari saat jam istirahat secara bergantian.

11. Kelola stres

Kelola stres dengan baik dan positif thinking serta jangan lupa bahagia.

12. Makan makanan dengan gizi seimbang

Usahakan untuk selalu mengonsumsi makanan yang bergizi untuk menjaga stamina tubuh dan meningkatkan sistem imun.

13. Hindari penggunaan alat pribadi secara bersama

Hindari penggunaan alat pribadi secara bersama seperti alat sholat, alat makan, dan lain lain.

14. Edukasi COVID-19

Edukasi dilakukan secara intensif kepada seluruh karyawan dan pasien agar memberikan pemahaman yang benar terkait masalah pandemi COVID-19, sehingga karyawan mendapatkan pengetahuan untuk secara mandiri melakukan tindakan preventif dan promotif guna mencegah penularan penyakit, serta mengurangi kecemasan berlebihan akibat informasi tidak benar.

Metode edukasi yang dapat dilakukan: pemasangan banner, pamflet, poster, majalah dinding, dan lain-lain di area strategis yang mudah dilihat setiap karyawan seperti di pintu masuk, ruang makan, ruang ganti, tangga serta media audio & video yang disiarkan secara berulang.

Itulah tips untuk mencegah penularan COVID-19 di wilayah rumah sakit. Ingin mengetahui informasi kesehatan terpercaya? Simak selengkapnya di Jovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat Anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Bantu Tenaga Kesehatan Kita

Sebagai garda depan pandemi COVID-19, tenaga kesehatan tidak dapat melakukan social distancing dan sangat rentan untuk tertular virus. Oleh sebab itu, Jovee ingin mengajak kalian turut serta berpartisipasi membantu nakes dengan cara berdonasi untuk pengumpulan 10.000 vitamin. Nantinya, vitamin tersebut akan diberikan kepada para tenaga medis yang menangani pasien COVID-19 di seluruh Indonesia melalui loket.com. Biaya pengiriman vitamin seluruhnya akan ditanggung oleh Jovee.

Berapapun nilai yang kamu donasikan, akan membantu para tenaga kesehatan untuk berperang melawan Covid-19 di garda terdepan. Yuk, bantu para tenaga kesehatan supaya tetap sehat melawan COVID19 di sini.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

pakai-koyo-saat-hamil

Bolehkah Pakai Koyo Saat Hamil?

Kesehatan Lainnya   29/08/2022
ciri-ciri-jerawat-akan-sembuh

Seperti Apa Ciri-ciri Jerawat Akan Sembuh?

Kesehatan Lainnya   26/08/2022
sakit-kepala-di-bagian-belakang

Sakit Kepala Bagian Belakang: Penyebab & Cara Mengatasi

Kesehatan Lainnya   24/08/2022
mimisan-saat-hamil

Sering Mimisan Saat Hamil? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kesehatan Lainnya   23/08/2022
toxic-relationship-adalah

Kenali Penyebab Utama dan Cara Penularan HIV/AIDS

Kesehatan Lainnya   22/08/2022