fbpx
BerandaKesehatan KulitCiri Wajah Tidak Cocok dengan Skincare, Wajib Tahu!

Mungkin kamu sudah mendengar tentang pentingnya merawat wajah dengan skincare sedini mungkin. Ya, skincare memang ditujukan untuk membantu menutrisi kulit, membantu mencegah tanda-tanda penuaan, dan juga memberikan perlindungan pada kulit. Tetapi bahan skincare akan bereaksi berbeda-beda pada kulit wajah tiap orang. Penting untuk mengetahui seperti apa ciri wajah tidak cocok dengan skincare.

ciri wajah tidak cocok dengan skincare

Sekalipun penggunaan skincare memang disarankan untuk perawatan dan perlindungan kulit, tetapi kamu perlu mengenali ciri-ciri kulit wajah tidak cocok dengan skincare dan harus segera menghentikan pemakaian agar kondisi kulit tidak semakin parah.

Berikut ini Jovee merangkum ciri-ciri wajah tidak cocok dengan skincare yang perlu diketahui:

Muncul ruam pada wajah

Timbulnya ruam bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Tetapi jika kamu menggunakan skincare baru dan muncul ruam pada wajah, hal ini bisa menjadi indikator besar reaksi alergi sebagai respons terhadap penggunaan produk kosmetik tertentu.

Formula bahan-bahan yang terkandung dalam skincare bisa saja mengandung bahan non-alergi yang tidak aktif. Bahan yang seperti ini biasanya digunakan untuk memberi aroma dan memberi warna pada skincare. Bahan-bahan ini relatif aman, tetapi pada sebagian orang sensitif, dapat menimbulkan iritasi yang ditandai dengan ruam pada kulit.

Timbul jerawat atau breakout

Jerawat bisa menjadi ciri wajah tidak cocok dengan skincare karena timbul sebagai respons terhadap penggunaan produk yang salah. Untuk menentukan apakah produk skincare yang kamu gunakan memang adalah sumber munculnya jerawat, sebaiknya beri waktu bagi kulit untuk menyesuaikan diri. Perhatikan dengan cermat setiap perubahan yang terjadi.

Sebaiknya, saat berganti ke produk skincare baru, cobalah satu per satu. Tujuannya agar kamu bisa mengidentifikasi reaksi dari masing-masing produk skincare selama beberapa saat. Setidaknya tunggu selama 2-3 minggu untuk melihat reaksi produk skincare baru terhadap kulit sebelum menggunakan produk skincare baru lainnya.

Kulit menjadi merah dan kering

Ciri wajah tidak cocok dengan skincare lainnya adalah kulit yang kemerahan atau kering. Tanda-tanda ini merupakan indikasi iritasi dan harus segera dihentikan.

Saat kulit meradang, hal ini dapat menyebabkan dispigmentasi atau berack yang tidak diinginkan. Segera konsultasikan dengan dokter agar mendapatkan pengobatan dan perawatan yang tepat untuk mengurangi rasa gatal dan kering.

Wajah terasa terbakar atau tersengat

Beberapa skincare mungkin akan memberikan sensasi kesemutan atau tingling sensation ketika diaplikasikan ke kulit. Tetapi penting dipahami bahwa ada perbedaan besar antara sedikit sensasi kesemutan dan sensasi terbakar yang menyakitkan.

Produk skincare yang mengandung bahan aktif seringkali (meskipun tidak selalu) memiliki efek tingling sensation yang berlangsung sesaat. Jika yang kamu rasakan berlangsung selama bermenit-menit, terasa perih atau terbakar setelah menggunakan produk, atau jika kulit menunjukkan perubahan warna menjadi kemerahan setelah lebih dari satu jam setelah aplikasi, segera bersihkan kulit dari produk skincare tersebut.

Bahan kimia tertentu dalam produk skincare yang kamu gunakan bisa jadi terlalu kuat untuk jenis kulit yang sensitif. Bahkan untuk pemilik kulit normal sekalipun, dapat mengalami sensasi terbakar yang tidak diinginkan saat menggunakan beberapa produk skincare.

Timbul benjolan pada kulit wajah

Ciri wajah tidak cocok skincare yang juga seringkali muncul adalah timbulnya benjolan pada kulit. Timbulnya benjolan ini menunjukkan bahwa kulitmu sedang meradang dan teriritasi. Namun, sebagian besar benjolan tidak menunjukkan alergi terhadap suatu bahan skincare.

Biasanya timbulnya benjolan kecil pada kulit wajah lebih condong ke arah dermatitis. Segera hentikan penggunaan produk skincare yang dicurigai tidak cocok. Biasanya skincare yang mengandung vitamin A atau vitamin C yang berisiko lebih besar mengiritasi kulit.

Kulit terasa gatal

Wewangian adalah salah satu pemicu utama dalam beberapa produk kecantikan yang mengiritasi kulit. Jika kamu merasakan gatal-gatal setelah menggunakan produk skincare tertentu, segera konsultasikan dengan dokter mengenal alergen potensial yang mungkin kamu alami.

Sebaiknya hindari produk skincare yang mengandung tambahan wewangian untuk mencegah terjadinya reaksi alergi.

Demikianlah ciri wajah yang tidak cocok skincare yang penting untuk kamu ketahui. Jika kamu mengalami satu atau dua reaksi di atas, segera hentikan pemakaian produk skincare. Konsultasikan dengan dokter mengenai kondisi kulit wajahmu agar mendapatkan perawatan dan pilihan produk skincare yang lebih cocok.

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

hydroquinone

Mengenal Apa Itu Hydroquinone dan Efeknya Bagi Kulit

Kesehatan Kulit   27/05/2023
skincare untuk menghilangkan urat di wajah

Skincare untuk Menghilangkan Urat di Wajah

Kesehatan Kulit   26/05/2023
manfaat masker beras untuk wajah

Manfaat Masker Beras untuk Wajah, Yuk Bikin Sendiri di Rumah

Kesehatan Kulit   25/05/2023
kenapa wajah jadi kusam setelah pakai skincare

Kenapa Wajah Jadi Kusam Setelah Pakai Skincare?

Kesehatan Kulit   23/05/2023
kenapa wajah gatal saat memakai skincare

Kenapa Wajah Gatal Saat Memakai Skincare?

Kesehatan Kulit   23/05/2023