fbpx

Coenzyme Q10

Vital Victory

Substansi yang dibutuhkan untuk sel – sel tubuh terutama untuk organ vital seperti jantung, hati, ginjal dan pankreas. Bisa ditemukan di berbagai macam makanan, tetapi perlu dikonsumsi dalam bentuk suplemen jika mengalami defisiensi.

Apa itu Coenzyme Q10?
Coenzyme Q10 (CoQ10) dikenal juga dengan nama ubiquinone. CoQ10 ini merupakan substansi mirip vitamin yang bisa ditemukan di dalam tubuh, khususnya di organ-organ yang membutuhkan energi paling banyak seperti jantung, hati, ginjal, dan pankreas. Substansi ini dapat menghasilkan energi yang dibutuhkan tubuh untuk pengembangan serta pemeliharaan sel-sel di dalamnya.

Coenzym Q10 ini dibuat dan disimpan di dalam mitokondria sel yang berperan dalam produksi energi serta melindungi sel dari kerusakan serta penyakit. Kadar substansi ini akan terus berkurang seiring dengan bertambahnya usia.
abad ke-20.

Manfaat Coenzyme Q10
Salah satu fungsi utamanya adalah membantu menghasilkan energi untuk sel-sel tubuh. CoQ10 bersifat antioksidan yang mampu melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Kandungan antioksidan yang tinggi pada CoQ10 memiliki fungsi utama dalam menjaga struktur dan fungsi jantung serta pembuluh darah.

Selain sel tubuh, zat antioksidan ini pun dapat mencegah kerusakan pada sel sperma, sel telur, dan organ reproduksi akibat radikal bebas. CoQ10 juga dipercaya mampu mengurangi frekuensi migrain, mencegah serangan jantung, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain itu, manfaat lain yang bisa didapatkan dari konsumsi Coenzyme Q10 ini adalah mengurangi gejala penyakit jantung, menurunkan tekanan darah, meredakan nyeri otot, meningkatkan kualitas sperma, memperlambat perjalanan penyakit Alzheimer.

Dimana kamu dapat menemukan Coenzyme Q10?
Coenzyme Q10 bisa ditemukan dalam makanan, termasuk:

  • Organ jantung, hati, ginjal
  • Ikan tuna, salmon, makarel, sarden
  • Sayuran: bayam, kembang kol, brokoli
  • Buah: jeruk dan stroberi
  • Kacang tanah dan kedelai, pistachio, serta wijen
  • Minyak kedelai dan kanola

Meskipun begitu, kandungan CoQ10 dalam makanan masih lebih rendah dibandingkan dengan kadar CoQ10 yang terdapat dalam bentuk suplemen.

Defisiensi Coenzyme Q10
Coenzyme Q10 diproduksi oleh tubuh, namun produksinya akan berkurang seiring usia. Biasanya CoQ10 akan mulai berkurang produksinya pada usia dewasa awal/tengah hingga lansia. Kekurangan coenzyme Q10 dapat mempengaruhi berbagai organ dalam tubuh, terutama otak, otot, dan ginjal.

Defisiensi CoQ10 bervariasi pada tiap orang dan bisa menyebabkan gangguan keseimbangan (ataksia), kejang, disabilitas intelektual, melemahnya otot, kontraksi otot involunter (distonia), kekakuan otot, hingga kehilangan penglihatan dan pendengaran.

Kekurangan CoQ10 juga berisiko membuat sel reproduksi menjadi rentan terhadap radikal bebas. Lansia rentan terkena penyakit jantung juga dipicu dari menurunnya elastisitas sel jantung dan pembuluh darah karena produksi CoQ10 yang berkurang.
Kerusakan ginjal yang menyebabkan kadar protein di dalam urin meningkat (sindrom nefrotik) dan kondisi penebalan otot jantung (hipertrofi kardiomiopati) juga bisa terjadi akibat tubuh kekurangan CoQ10.

Overdosis & Efek Samping Coenzyme Q10
Pada beberapa orang, konsumsi CoQ10 bisa menimbulkan efek samping tertentu, termasuk sakit perut, hilang nafsu makan, mual, muntah, diare, hingga reaksi alergi.

Khusus untuk penderita penyakit kronis seperti gagal jantung, masalah hati atau ginjal, dan diabetes dianjurkan untuk berhati-hati dalam mengonsumsi suplemen CoQ10 ini. Suplemen CoQ10 yang dikonsumsi berlebihan juga bisa menyebabkan ruam pada kulit, tekanan darah dan kadar gula darah menurun, bahkan mempengaruhi kadar enzim pada organ hati.

Tetapi Anda tidak perlu khawatir karena Jovee bisa membantu merekomendasikan suplemen CoQ10 sesuai dengan keluhan penyakit, riwayat kesehatan, dan gaya hidup Anda setiap harinya. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan manfaat terbaik dari CoQ10 tanpa perlu takut akan mengonsumsinya secara berlebihan.

Dapatkan suplemen sesuai kebutuhanmu dengan Jovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store sekarang.

Ingin rekomendasi khusus atau cari suplemen lain?

Beli di Aplikasi Jovee

Aplikasi Jovee berbasis data science.
Cukup jawab beberapa pertanyaan, dan Jovee akan merekomendasikan beberapa paket sesuai kebutuhan dan gaya hidup Anda

Belanja di Jovee Shop

Jovee Shop menawarkan paket suplemen dalam bentuk sachet untuk konsumsi 30 hari atau 7 hari. Suplemen dari Jovee adalah suplemen terbaik, asli dan berlisensi dari partner domestik dan internasional