fbpx

Copper Adalah Zat Penting, Yuk Kenali Perannya untuk Tubuh

by | May 13, 2020 | Vitamin & Suplemen | 0 comments

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Tubuh manusia terdiri dari banyak sel, saraf dan otot yang membentuk jaringan serta organ. Tentu saja, semua jaringan pembentuk tubuh ini membutuhkan berbagai nutrisi penting untuk menjaga kesehatannya. Jika asupan nutrisi ini tak terpenuhi, maka membuat kinerja sel tubuh menjadi tak optimal. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan ini adalah copper atau zat tembaga. 

Mungkin tak banyak orang yang tahu jika ternyata tubuh juga membutuhkan zat tembaga ini sebagai nutrisi. Padahal, walaupun hanya sedikit copper ini tetap dibutuhkan untuk melengkapi nutrisi lain sehingga kesehatan Anda pun dapat ditunjang dengan baik. Maka dari itu, Anda pun wajib mengetahui seputar zat yang satu ini agar tahu dalam pemanfaatannya.

Apa itu Copper?

Bagi Anda yang belum tahu, copper adalah mineral mikro yang cukup penting bagi tubuh selain zat besi dan zinc. Zat tembaga ini merupakan salah satu bagian dari enzim dan berperan aktif untuk menjaga kesehatan sel darah Anda.

Copper ini sendiri memiliki peran yang sangat aktif untuk memelihara jaringan di dalam tubuh. Walaupun zat ini dibutuhkan dalam jumlah yang relatif sedikit di dalam tubuh, namun bila Anda mengonsumsi zat tembaga ini secara berlebihan ini justru dapat mengganggu kesehatan Anda. Bahkan, akibat paling buruk adalah mengakibatkan terjadinya keracunan.

Maka dari itu, dalam pemanfaatanya ini pun harus benar dan sesuai dengan porsi yang cukup. Sebagian besar dari zat tembaga atau copper berada di tulang dan otot tubuh Anda, serta disimpan dalam hati/liver, lalu sebagian kecil di jaringan tubuh lainnya. Dengan demikian, zat mineral ini akan sangat membantu kerja organ dalam tubuh Anda tersebut.

Fungsi Copper

Zat tembaga atau copper memiliki beberapa fungsi yang penting untuk tubuh. Tembaga berfungsi sebagai zat pembangun banyak enzim dalam tubuh, terlebih enzim yang berkaitan dengan oksigen. Salah satu fungsi tembaga ialah membantu pembentukan hemoglobin. Tembaga membantu pembentukan transferin, yakni plasma darah berbentuk protein yang menjadi salah satu bahan utama pembentukan hemoglobin untuk darah. 

Selain itu, copper ini berperan penting untuk proses produksi kolagen dan elastin pada jaringan kulit Anda. Tanpa asupan zat tembaga yang cukup, maka tubuh tidak dapat memperbaiki dan jaringan ikat atau kolagen yang rusak karena goresan atau luka. Hal ini bisa menyebabkan timbulnya infeksi pada luka tersebut akibat virus dan bakteri yang masuk.

Tak hanya baik untuk kulit, copper juga sangat bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang Anda. Bagi Anda yang mendapatkan asupan zat tembaga cukup ini, maka dapat terhindar dari osteoporosis atau pengeroposan tulang. Jadi, bagi Anda yang sudah berusia di atas 30 tahun dapat memenuhi asupan zat tembaga agar tulang Anda tetap kuat.

Selain itu, juga disebutkan bahwa copper ini sangat bermanfaat untuk menjaga sistem imun Anda. Hal ini karena zat tembaga ini sendiri dapat memelihara jaringan tubuh, sehingga berbagai penyakit pun tidak akan mudah masuk ke tubuh Anda dan dijamin Anda pun tidak akan mudah jatuh sakit.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Peran Molybdenum Bagi Kesehatan Tubuh
Kenali Efek Manganese Bagi Kesehatan Tubuh
Peran dan Fungsi Zinc Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan Tubuh dan Dosisnya
Vitamin B12: Manfaat dan Sumber Vitamin
Dampak Jika Tubuh Kekurangan Vitamin B7
Intip Peran dan Manfaat Magnesium Bagi Tubuh

Hal yang Wajib Anda Ketahui

Meskipun memiliki manfaat yang sangat besar untuk tubuh, tapi Anda pun juga harus mengerti beberapa hal sebelum mengonsumsi copper ini. Kelebihan zat copper dapat berdampak buruk bagi kesehatan, salah satunya adalah meningkatkan resiko kerusakan liver. 

Anda pun bisa mendapatkan asupan copper ini dari beberapa sumber makanan seperti kerang, hati, kacang-kacangan, sayur hijau, gandum, serta kuaci. Jika Anda kesulitan mendapatkan makanan itu, Anda pun juga bisa mengkonsumsi obat dan suplemen yang mengandung mineral tembaga ini, serta konsumsilah sesuai dengan anjuran dari dokter.

Nah, jika Anda ingin mendapatkan asupan copper yang cukup dan memiliki suplemen dari bahan berkualitas serta herbal, maka Anda bisa mendapatkannya lewat Jovee. Bagi Anda yang belum tahu, Jovee adalah layanan kesehatan berbasis online yang dapat Anda unduh aplikasinya melalui smartphone. Jovee menyediakan berbagai suplemen kesehatan berkualitas.

Tak perlu khawatir, ketika Anda sudah mengunduh aplikasi Jovee ini nantinya Anda akan mendapat berbagai layanan kesehatan. Suplemen yang nantinya ingin Anda dapatkan pun juga sesuai dengan keluhan Anda. Pasalnya, Anda akan mengisi beberapa pertanyaan yang diajukan agar dalam pemilihan suplemen ini tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Harga yang ditawarkan pun juga yang paling murah, pakai suplemen Jovee terbuat dari herbal berkualitas tinggi termasuk suplemen copper. Bahkan, dalam setiap paket suplemen Anda akan mendapatkan barang menarik. Jovee juga melayani pengiriman ke seluruh Indonesia. Jadi tunggu apalagi, segera dapatkan suplemen Jovee sekarang juga untuk investasi kesehatan Anda!  Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Referensi:

J.Y. Uriu-Adams, C.L. Keen Copper, oxidative stress, and human health Mol. Aspects Med., 26 (4–5) (2005), pp. 268-298

Bost, M., Houdart, S., Oberli, M., Kalonji, E., Huneau, J.-F., & Margaritis, I. (2016). Dietary copper and human health: Current evidence and unresolved issues. Journal of Trace Elements in Medicine and Biology, 35, 107–115. doi: 10.1016/j.jtemb.2016.02.006

Brands