fbpx

Curcuma Xanthorrhiza Extract: Penjelasan dan Manfaat

by | Apr 22, 2020 | Vitamin & Suplemen | 0 comments

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Curcuma xanthorrhiza extract merupakan ekstrak temulawak yang memiliki manfaat sangat luas bagi kesehatan tubuh. Dibuat dari ekstrak rempah temulawak, obat herbal ini mampu menjaga daya tahan tubuh dan juga memperbaiki fungsi tubuh yang menurun. Konsumsi ekstrak temulawak secara rutin mampu untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak karena didalamnya terkandung ekstrak antioksidan yang cukup tinggi. 

Temulawak sendiri merupakan salah satu herbal khas tanah air yang sering Anda temukan pada produk-produk jamu herbal. Rasanya yang sedikit pahit membuat tidak semua orang senang untuk mengkonsumsinya. Padahal, manfaatnya yang sangat luas untuk kesehatan tentu sangat sayang jika dilewatkan.  

Mengonsumsi Curcuma xanthorrhiza Extract Dengan Benar

Meski disinyalir sangat baik untuk kesehatan tubuh, ternyata tidak semua orang diizinkan untuk mengkonsumsi curcuma xanthorrhiza extract. Ada beberapa efek samping yang mungkin dapat timbul dan tidak tepat apabila dikonsumsi oleh mereka dengan kondisi seperti berikut ini:

1. Pasien dengan Gangguan Liver dan juga Empedu

Mereka yang menderita gangguan pada fungsi liver termasuk juga pada kandung empedu sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi ekstrak temulawak. Pasalnya, konsumsi ekstrak temulawak sangat berisiko merangsang kandung empedu untuk memproduksi lebih banyak cairan empedu. Akibat dari produksi cairan empedu yang berlebihan maka dikhawatirkan akan menyebabkan kondisi pasien semakin memburuk.

2. Wanita yang Tengah Hamil dan Menyusui

Untuk kelompok satu ini memang masih dibutuhkan penelitian medis lebih lanjut. Hal ini dikarenakan efek sampingnya belum diketahui secara pasti. Meski begitu, disarankan untuk sebaiknya menghindari konsumsi temulawak terutama yang berbentuk curcuma xanthorrhiza extract atau ekstrak temulawak dalam suplemen karena jumlahnya yang tentu lebih tinggi ketimbang minuman dengan campuran rempah temulawak biasa.

Untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan dari konsumsi temulawak dengan dosis yang tidak tepat, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan petugas kesehatan seperti dokter untuk dosis yang lebih tepat. Selain itu, sebaiknya hindari konsumsi ekstrak temulawak dalam jangka waktu terlalu lama. Beberapa menyarankan cukup konsumsi selama 18 minggu saja. 

Manfaat Curcuma xanthorrhiza Extract Bagi Tubuh

Menurut penelitian yang telah dipublikasikan di jurnal kesehatan internasional, menunjukkan bahwa temulawak memiliki beragam manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh seperti berikut ini:

1. Berperan Sebagai Agen Antibiotik

Dalam ekstrak temulawak terkandung zat berupa xanthorrhizol yang memiliki manfaat sangat luas sebagai agen biologis berupa antiseptik, antibacterial dan juga antibiotik. Karena itu konsumsi ekstrak temulawak dapat membantu menurunkan jumlah atau kadar bakteri jahat di dalam tubuh karena sifatnya yang antibacterial dan juga antibiotik. Menariknya, keberadaan zat xanthorrhizol ini hanya dapat ditemukan pada temulawak saja dan tidak pada spesies curcuma lainnya. 

2. Bersifat antioksidan

Rempah temulawak mengandung zat yang berperan sebagai antioksidan untuk tubuh. Karena itu konsumsi temulawak sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh dari serangan penyakit seperti radikal bebas. Zat antioksidan di dalam temulawak juga dapat memelihara kesehatan tubuh dan mempercepat penyembuhan penyakit karena dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh.

3. Sebagai anti-inflamasi

Di dalam ekstrak temulawak terkandung zat yang berperan sebagai agen anti inflamasi sehingga sangat baik untuk mengatasi rasa nyeri dan juga demam pada tubuh. Keberadaan zat anti inflamasi di dalam ekstrak temulawak dapat membantu untuk mengatasi peradangan yang muncul pada tubuh. Peradangan atau inflamasi sendiri dapat muncul karena berbagai macam penyebab. 

Penyebab umumnya seperti infeksi akibat mikroorganisme patogen seperti bakteri, virus dan jamur akan menimbulkan efek inflamasi pada tubuh. Konsumsi ekstrak temulawak dalam kadar yang mencukupi dapat membantu menurunkan gejala inflamasi. 

4. Efek Antifungal

Selain memiliki efek anti bakteri. ternyata ekstrak rempah temulawak juga memiliki fungsi sebagai agen anti fungi atau agen anti jamur pada tubuh. Infeksi yang disebabkan oleh jamur pada tubuh dapat menimbulkan berbagai macam gangguan fungsi tubuh. Konsumsi ekstrak temulawak dalam dosis yang tepat dapat membantu membasmi gangguan akibat jamur.

5. Memiliki Efek Anti Diuretik

Temulawak juga memiliki sifat sebagai anti diuretic. Anti-diuretik sendiri merupakan kondisi dimana laju urinasi menurun. Beberapa pengobatan akan memberikan pasien dengan bahan antidiuretic untuk pengobatan diabetes insipidus agar keseimbangan air dalam tubuh lebih terjaga. Karena memiliki sifat sebagai anti diuretic, sebaiknya konsumsi curcuma xanthorrhiza extract dalam jumlah banyak harus mengikuti rekomendasi dokter.

Jovee Asisten Kesehatan Pribadi

Anda mungkin sering bingung mencari tahu suplemen apa yang paling tepat untuk tubuh. Mengunjungi dokter hanya untuk bertanya suplemen rasanya sangat malas apalagi di tengah kesibukan harian Anda. Mengapa tidak mencoba menginstal aplikasi Jovee saja? 

Jovee adalah aplikasi kesehatan pribadi yang bisa Anda install dengan mudah di smartphone. Jovee akan memberikan rekomendasi suplemen yang paling tepat dengan kondisi tubuh. Anda bisa mendapatkan suplemen mengandung curcuma xanthorrhiza extract yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Referensi:

Effects of Curcuma xanthorrhiza Extracts and Their Constituents on Phase II Drug-metabolizing Enzymes Activity

(PDF) The Curcuminoids Extract of Curcuma xanthorrhiza RoxB. Loaded Solid Lipid Nanoparticles

Beli di Aplikasi Jovee

Aplikasi Jovee berbasis data science.
Cukup jawab beberapa pertanyaan, dan Jovee akan merekomendasikan beberapa paket sesuai kebutuhan dan gaya hidup Anda

Belanja di Jovee Shop

Jovee Shop menawarkan paket suplemen dalam bentuk sachet untuk konsumsi 30 hari atau 7 hari. Suplemen dari Jovee adalah suplemen terbaik, asli dan berlisensi dari partner domestik dan internasional