fbpx
BerandaVitamin & SuplemenCurcuma Xanthorrhiza Extract: Penjelasan dan Manfaat

Curcuma xanthorrhiza extract merupakan ekstrak temulawak yang memiliki manfaat sangat luas bagi kesehatan tubuh. Dibuat dari ekstrak rempah temulawak, obat herbal ini mampu menjaga daya tahan tubuh dan juga memperbaiki fungsi tubuh yang menurun. Konsumsi ekstrak temulawak secara rutin mampu untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak karena didalamnya terkandung ekstrak antioksidan yang cukup tinggi.

CURCUMA XANTHORRHIZA EXTRACT: PENJELASAN DAN MANFAAT

Temulawak sendiri merupakan salah satu herbal khas tanah air yang sering Anda temukan pada produk-produk jamu herbal. Rasanya yang sedikit pahit membuat tidak semua orang senang untuk mengkonsumsinya. Padahal, manfaatnya yang sangat luas untuk kesehatan tentu sangat sayang jika dilewatkan.

Mengonsumsi Curcuma xanthorrhiza Extract Dengan Benar

Meski disinyalir sangat baik untuk kesehatan tubuh, ternyata tidak semua orang diizinkan untuk mengkonsumsi curcuma xanthorrhiza extract. Ada beberapa efek samping yang mungkin dapat timbul dan tidak tepat apabila dikonsumsi oleh mereka dengan kondisi seperti berikut ini:

1. Pasien dengan Gangguan Liver dan juga Empedu

Mereka yang menderita gangguan pada fungsi liver termasuk juga pada kandung empedu sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi ekstrak temulawak. Pasalnya, konsumsi ekstrak temulawak sangat berisiko merangsang kandung empedu untuk memproduksi lebih banyak cairan empedu. Akibat dari produksi cairan empedu yang berlebihan maka dikhawatirkan akan menyebabkan kondisi pasien semakin memburuk.

2. Wanita yang Tengah Hamil dan Menyusui

Untuk kelompok satu ini memang masih dibutuhkan penelitian medis lebih lanjut. Hal ini dikarenakan efek sampingnya belum diketahui secara pasti. Meski begitu, disarankan untuk sebaiknya menghindari konsumsi temulawak terutama yang berbentuk curcuma xanthorrhiza extract atau ekstrak temulawak dalam suplemen karena jumlahnya yang tentu lebih tinggi ketimbang minuman dengan campuran rempah temulawak biasa.

Untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan dari konsumsi temulawak dengan dosis yang tidak tepat, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan petugas kesehatan seperti dokter untuk dosis yang lebih tepat. Selain itu, sebaiknya hindari konsumsi ekstrak temulawak dalam jangka waktu terlalu lama. Beberapa menyarankan cukup konsumsi selama 18 minggu saja.

Manfaat Curcuma xanthorrhiza Extract Bagi Tubuh

Menurut penelitian yang telah dipublikasikan di jurnal kesehatan internasional, menunjukkan bahwa temulawak memiliki beragam manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh seperti berikut ini:

1. Berperan Sebagai Agen Antibiotik

Dalam ekstrak temulawak terkandung zat berupa xanthorrhizol yang memiliki manfaat sangat luas sebagai agen biologis berupa antiseptik, antibacterial dan juga antibiotik. Karena itu konsumsi ekstrak temulawak dapat membantu menurunkan jumlah atau kadar bakteri jahat di dalam tubuh karena sifatnya yang antibacterial dan juga antibiotik. Menariknya, keberadaan zat xanthorrhizol ini hanya dapat ditemukan pada temulawak saja dan tidak pada spesies curcuma lainnya.

2. Bersifat antioksidan

Rempah temulawak mengandung zat yang berperan sebagai antioksidan untuk tubuh. Karena itu konsumsi temulawak sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh dari serangan penyakit seperti radikal bebas. Zat antioksidan di dalam temulawak juga dapat memelihara kesehatan tubuh dan mempercepat penyembuhan penyakit karena dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh.

3. Sebagai anti-inflamasi

Di dalam ekstrak temulawak terkandung zat yang berperan sebagai agen anti inflamasi sehingga sangat baik untuk mengatasi rasa nyeri dan juga demam pada tubuh. Keberadaan zat anti inflamasi di dalam ekstrak temulawak dapat membantu untuk mengatasi peradangan yang muncul pada tubuh. Peradangan atau inflamasi sendiri dapat muncul karena berbagai macam penyebab.

Penyebab umumnya seperti infeksi akibat mikroorganisme patogen seperti bakteri, virus dan jamur akan menimbulkan efek inflamasi pada tubuh. Konsumsi ekstrak temulawak dalam kadar yang mencukupi dapat membantu menurunkan gejala inflamasi.

4. Efek Antifungal

Selain memiliki efek anti bakteri. ternyata ekstrak rempah temulawak juga memiliki fungsi sebagai agen anti fungi atau agen anti jamur pada tubuh. Infeksi yang disebabkan oleh jamur pada tubuh dapat menimbulkan berbagai macam gangguan fungsi tubuh. Konsumsi ekstrak temulawak dalam dosis yang tepat dapat membantu membasmi gangguan akibat jamur.

5. Memiliki Efek Anti Diuretik

Temulawak juga memiliki sifat sebagai anti diuretic. Anti-diuretik sendiri merupakan kondisi dimana laju urinasi menurun. Beberapa pengobatan akan memberikan pasien dengan bahan antidiuretic untuk pengobatan diabetes insipidus agar keseimbangan air dalam tubuh lebih terjaga. Karena memiliki sifat sebagai anti diuretic, sebaiknya konsumsi curcuma xanthorrhiza extract dalam jumlah banyak harus mengikuti rekomendasi dokter.

Nah bagi kamu punya aktivitas padat, bisa coba konsumsi paket vitamin spesial dari Jovee ini. Jovee For Your Liver (Rp449.000) mengandung Omega Minyak Ikan, Multivitamin + Mineral, dan Extract Curcuma untuk menjaga kesehatan jantung hati, meningkatkan daya tubuh energi, menjaga kesehatan persendian meningkatkan kualitas tidur.

Unduh juga aplikasi Jovee yang tersedia di App Store dan Play Store, untuk ikuti kuis dan dapatkan personalisasi suplemen yang cocok untuk kamu. Download sekarang di sini.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

vitamin-caviplex

Mengenal Vitamin Caviplex: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Vitamin & Suplemen   04/05/2022
info-pengiriman-2022

Info Pengiriman Pesanan Selama Lebaran 2022

Vitamin & Suplemen   29/04/2022
vitamin-untuk-daya-tahan-tubuh-saat-puasa

7 Rekomendasi Vitamin Terbaik untuk Daya Tahan Tubuh Saat Puasa

Vitamin & Suplemen   28/03/2022
vitamin-puasa

11 Rekomendasi Vitamin untuk Puasa agar Tetap Sehat & Kuat

Vitamin & Suplemen   24/03/2022
vitamin-kulit

7 Rekomendasi Vitamin Terbaik untuk Kulit Cerah & Sehat

Vitamin & Suplemen   02/03/2022