fbpx
BerandaVitamin & SuplemenDampak Jika Tubuh Kekurangan Vitamin B7

Penting untuk diketahui bahwa tubuh kita membutuhkan berbagai macam vitamin yang digunakan untuk bisa mengendalikan metabolisme tubuh, salah satunya seperti asupan vitamin B7. Vitamin B7 adalah nama lain dari biotin atau vitamin H yang punya fungsi dalam membantu metabolisme lemak serta karbohidrat yang kemudian menjadi energi.

DAMPAK JIKA TUBUH KEKURANGAN VITAMIN B7

Selain itu juga, vitamin B7 bisa melakukan pengontrolan kolesterol yang ada pada gula darah dalam tubuh. Vitamin B7 juga sangat bagus untuk membantu pembentukan keratin supaya kondisi rambut dan kulit tetap terjaga dengan baik.

Jika kamu mengonsumsi makanan yang bergizi secara rutin, kamu pun tidak perlu mengkhawatirkan tubuh yang kekurangan biotin. Sebab, biotin tersedia di hampir berbagai jenis makanan bahkan yang bisa kamu temukan di rumah.

Beberapa sumber kandungan biotin yang baik bisa ditemukan di dalam hati ayam atau sapi, kuning telur, golongan beras dan serealia seperti gandum utuh dan beras utuh, kacang kedelai, hingga ikan atau makanan laut lainnya. Selain itu, vitamin B7 juga diproduksi oleh bakteri pada saluran pencernaan.

Sayangnya, biotin juga dapat dihambat dengan protein pengikat berupa avidin yang terdapat di telur. Kekurangan vitamin B7 dapat terjadi pula dengan mengonsumsi terlalu banyak telur mentah atau putih telur yang tidak dimasak dalam jangka waktu yang lama. Hal ini disebabkan kandungan putih telur mentah berupa avidin bisa menumpuk karena konsumsinya yang terlalu sering dan terlalu banyak.

Dampak Kekurangan Vitamin B7 Bagi Tubuh

Defisiensi atau kekurangan vitamin B7 sangat jarang sekali terjadi, terlebih karena kebanyakan makanan sudah mengandung vitamin jenis ini. Namun, ada beberapa kasus orang yang menderita kurangnya biotin di dalam tubuh mereka. Melansir dari laman Healthline, gejala yang mungkin timbul dari kekurangan biotin adalah:

  • Ruam merah di kulit, terutama muka
  • Kulit kering dan bersisik
  • Mata kering
  • Rambut rapuh dan rontok
  • Letih
  • Insomnia atau sulit tidur
  • Kurang nafsu makan
  • Mual
  • Depresi
  • Rasa seperti terbakar atau menusuk di tangan atau kaki
  • Nyeri otot
  • Pergeseran di saluran usus yang ditandai dengan sering sakit perut
  • Tanda seperti kulit pecah di bagian ujung mulut
  • Kejang-kejang
  • Kesulitan berjalan

Kelainan Bawaan Defisiensi Biotin

Kekurangan biotin atau BTD (biotinidase deficiency) juga dapat terjadi karena kelainan bawaan. Kondisi yang langka ini disebabkan tubuh tidak dapat menggunakan biotin dengan semestinya. Antara 25 hingga 50 persen bayi yang lahir dengan kondisi kekurangan vitamin B7 mengalami masalah ataxia atau lemah koordinasi tubuh, konjungtivitis atau mata merah, sulit mendengar, serta lesu dan mengantuk.

Bayi dengan BTD di minggu-minggu atau bulan-bulan pertama kelahirannya dapat menunjukkan gejala hipotonia atau lemah otot, kejang-kejang, alopecia atau rambut rontok, eksim kulit, dan pertumbuhan yang terhambat.

Pada sedikit kasus atau sekitar 10-25 persen, bayi dengan BTD dapat mengalami hilang kesadaran, muntah-muntah, diare, dan infeksi jamur. Dalam kasus yang lebih sedikit lagi atau sekitar 10 persen, anak-anak yang menderita BTD dapat mengalami hepatomegali atau pembesaran liver, splenomegali atau pembesaran limpa, dan kesulitan bicara.

Kelainan bawaan BTD yang tidak segera ditangani bisa berujung pada kondisi koma atau bisa lebih fatal lagi. Dan, walaupun gejala yang ditimbulkan dari kelainan ini umumnya terlihat di awal-awal kelahiran anak, bukannya tidak mungkin bila gejala malah terlihat kemudian di masa kanak-kanak.

Manfaat Bila Kekurangan Vitamin B7 Dapat Diatasi

Berikut ini daftar manfaat yang bisa didapatkan apabila kebutuhan biotin atau vitamin B7 yang kurang dapat terpenuhi dengan baik.

Kehamilan terjaga dengan sehat

Bagi ibu hamil yang mengonsumsi vitamin ini secara rutin, kehamilannya dapat terjaga dengan sehat. Ibu menyusui juga bisa mendapatkan manfaat vitamin melalui biotin atau B7 tersebut. Kekurangan vitamin B7 pada ibu hamil sangatlah beresiko terhadap bayi yang dikandungnya karena ada kemungkinan ia bisa mengalami cacat saat lahir.

Ibu hamil sebaiknya mengonsumsi berbagai jenis makanan yang punya kandungan biotin lebih tinggi, terutama untuk perkembangan dan pertumbuhan janin yang berada di dalam kandungan. Jika kebutuhan vitamin B7 terpenuhi dengan baik, ini tidak akan membuat ibu hamil merasa khawatir terhadap kondisi janin yang ada di kandungannya.

Pertumbuhan rambut lebih cepat

Kekurangan vitamin ini dapat menimbulkan terjadinya kerusakan pada rambut. Hal ini ditemukan pada beberapa temuan terkait kekurangan biotin atau vitamin B7 yang ditandai dengan rambut rontok dan kondisi rambut yang tidak prima. Dengan mengonsumsi biotin vitamin B7 sesuai kebutuhan, risiko kerusakan rambutmu dapat berkurang dan kesehatan rambutmu akan terjaga. Oleh karena itu, biotin dapat dijadikan sebagai solusi dalam mengatasi rambut rontok.

Kuku menjadi lebih kuat

Selain itu, kekurangan biotin akan menjadikan kuku menjadi rapuh. Oleh sebab itu, bagi kamu yang memiliki kuku mudah patah disarankan untuk mengonsumsi vitamin biotin atau B7 secara rutin. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin B7 mampu dijadikan sebagai suplemen yang tepat supaya kuku jadi lebih kuat dan tidak rapuh.

Jika vitamin atau suplemen biotin ini dikonsumsi secara rutin, akan ada peningkatan pada kekebalan tubuh dengan kisaran 25% pada orang yang mengonsumsi biotin. Untuk orang yang kekurangan B7 akan memiliki kuku yang mudah patah. Di sisi lain, hal ini juga menunjukkan tanda kuku yang tidak sehat.

Dapat mengatasi kerusakan kulit

Kerusakan pada kulit biasanya disebabkan beberapa faktor. Salah satunya yaitu kekurangan vitamin biotin. Kerusakan kulit tersebut bisa saja menimbulkan kelainan tertentu pada kulit atau sering kali disebut sebagai dermatitis seboroik. Tidak hanya itu, kekurangan suplemen biotin juga dapat berpengaruh pada proses pemecahan lemak seseorang. Tubuh juga membutuhkan proses pemecahan lemak. Hal ini jadi proses yang sangat penting bagi kesehatan kulit.

Kadar gula pada darah dapat terkontrol

Kadar gula pada darah juga bisa terkontrol melalui biotin. Manfaat vitamin B7 juga terdapat dalam fungsinya membantu mencerna zat gizi yang terdapat di dalam tubuh. Kandungan pada biotin bisa mendukung pengendalian kadar gula darah, terutama bagi penderita diabetes. Hal ini dilihat dari fungsi vitamin B7 sebagai enzim pensintesis glikogen (glukosa otot) dan perannya dalam membantu proses metabolisme gula dan karbohidrat. Selain itu, biotin ini bekerja dengan mengoptimalkan bagian sistem pencernaan asam lemak. Dengan begitu, penyimpanan penuhnya juga bisa ditingkatkan. Salah satu Salah satu suplemen anak yang mengandung vitamin B7 yang berfungsi untuk menambah darah anak adalah Sangobion Kids 100 ML (Rp 37.800).

Kandungan dalam vitamin biotin ternyata juga mampu memberikan perlindungan pada kerusakan saraf yang terjadi bagi seseorang yang memiliki riwayat diabetes. Tidak hanya itu, untuk penderita penyakit ginjal yang sedang melakukan cuci darah juga bisa mendapatkan manfaat dari penggunaan vitamin biotin.

Sekarang kamu sudah mengerti bukan vitamin B7 untuk apa saja? Banyak kegunaan yang ditawarkan vitamin ini. Namun, sebelum merasakan manfaat vitamin B7 dengan mengonsumsinya, ada baiknya jika kamu mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter.

Jumlah Vitamin B7 yang Diperlukan per Harinya

Jumlah biotin yang dibutuhkan per harinya sangatlah bergantung pada umur seseorang. Berdasarkan National Institutes of Health, rata-ratanya adalah sebagai berikut:

  • 0-6 bulan: 5 mkg
  • 7-12 bulan: 6 mkg
  • 1-3 tahun: 8 mkg
  • 4-8 tahun: 12 mkg
  • 9-13 tahun: 20 mkg
  • 14-18 tahun: 25 mkg
  • 19 tahun ke atas: 30 mkg
  • Wanita hamil: 30 mkg
  • Wanita menyusui: 35 mkg

Sumber Makanan Mengandung Vitamin B7

Makanan yang termasuk sebagai sumber vitamin B7 di antaranya adalah daging, ikan, telur, jeroan, biji-bijian, dan beberapa sayur-sayuran dan umbi-umbian (ubi, bayam, dan brokoli).

Bahagia dan Sehat Bareng Jovee

Temukan vitamin terlengkap dari A ke Z(inc) serta konsultasi nutrisionis gratis hanya di Jovee. Dapatkan pula rekomendasi suplemen yang paling cocok denganmu lewat aplikasi Jovee. Unduh sekarang di Play Store atau App Store!

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

vitamin-untuk-paru-paru

4 Vitamin untuk Memelihara Kesehatan Paru-paru

Vitamin & Suplemen   28/11/2022
vitamin-untuk-anak-telat-bicara

5 Jenis Vitamin untuk Anak Telat Bicara

Vitamin & Suplemen   27/09/2022
vitamin-untuk-anak-terlambat-jalan

4 Rekomendasi Vitamin untuk Anak Terlambat Jalan

Vitamin & Suplemen   23/09/2022
vitamin-untuk-anak-yang-sering-batuk-pilek

7 Vitamin untuk Anak yang Sering Batuk Pilek

Vitamin & Suplemen   12/09/2022
vitamin-untuk-anak-yang-susah-buang-air-besar

Bantu Atasi Sembelit, Ini 3 Vitamin untuk Anak yang Susah BAB

Vitamin & Suplemen   07/09/2022