fbpx
BerandaGaya Hidup SehatDampak Resistensi Antibiotik: Penyebab, Gejala, Cara Mencegah

Disebut juga dengan silent pandemic, resistensi antibiotik terjadi karena penggunaan obat antibiotik yang tidak sesuai dengan dosis dan aturan pakai. Mungkin terlihat sepele, namun sebenarnya ini adalah kondisi yang berbahaya loh Jovians. Bahkan, dalam 20 tahun terakhir jumlah penderita resistensi antibiotik meningkat seperti dilansir melalui WHO.

dampak-resistensi-antibiotik

Antibiotik telah digunakan sejak lama untuk mencegah dan mengatasi infeksi bakteri sejak tahun 1940. Namun, penggunaan antibiotik yang tidak tepat menjadikan obat ini menjadi tidak efektif. Lalu, apa dampak resistensi antibiotik? Apakah resistensi antibiotik dapat diobati?

Mengenal Antibiotik

Antibiotik adalah obat yang membantu mengobati sejumlah infeksi bakteri dan dapat menyelamatkan nyawa jika digunakan dengan benar. Fungsinya hanya dua, yakni menghentikan produksi bakteri, atau menghancurkan bakteri itu sendiri.

Sebelum bakteri berkembang biak dan memunculkan gejala, umumnya sistem kekebalan tubuh akan menyerang bakteri jahat ini. Namun, terkadang bakteri berkembang lebih banyak dan lebih cepat sehingga sistem imun tidak dapat membasmi bakteri secara keseluruhan.

Di sinilah fungsi antibiotik, untuk menghambat pertumbuhan dan membantu imun untuk menghancurkan bakteri parasit. Beberapa jenis antibiotik yang sering digunakan antara lain:

  • Amoxicillin
  • Zithromax
  • Ciprofloxacin, dll.

Resistensi Antibiotik, Apa Dampaknya?

Penggunaan antibiotik memerlukan pengawasan dokter, dan dikonsumsi sesuai dosis dan aturan pakai. Penggunaan obat sembarangan inilah yang akan mengembangkan resistensi antibiotik. Resistensi antibiotik terjadi saat bakteri parasit sudah kebal terhadap obat, sehingga antibiotik sudah tidak efektif lagi dalam menghambat dan membasmi bakteri.

Apa dampak resistensi antibiotik? Para ahli menyebutkan resistensi antibiotik dapat memberikan beberapa efek samping seperti berikut:

  • Kondisi gejala yang lebih buruk, karena bakteri sudah kebal terhadap antibiotik
  • Pengurangan efektivitas obat
  • Peningkatan risiko terinfeksi penyakit menular, seperti Infeksi Saluran Kemih (ISK), Penyakit Menular Seksual (PMS), meningitis, pneumonia, dll.

Inilah mengapa resistensi antibiotik menjadi salah satu tantangan kesehatan terbesar di dunia. Saat tubuh sudah resisten terhadap suatu antibiotik, penyembuhan akan menjadi lebih lama mengingat bakteri parasit sulit untuk dihambat perkembangannya.

Dampak resistensi antibiotik ini sulit diatasi. Bahkan, pada beberapa kasus, resistensi antibiotik tidak dapat diatasi. Dalam pengobatan resistensi antibiotik, lama durasi perawatan dapat berbeda-beda, tergantung tipe infeksi dan area tubuh yang terinfeksi.

Gejala Resistensi Antibiotik

Gejala yang muncul dapat berbeda-beda pada setiap orang. Kondisi ini dapat memunculkan gejala ringan seperti radang tenggorokan dan infeksi telinga, hingga gejala yang membahayakan nyawa seperti meningitis. Hal ini ditandai dengan gejala yang tidak berkurang serta proses penyembuhan yang lama bahkan setelah diberi antibiotik tahap awal.

Oleh sebab itu, kenali perubahan yang terjadi pada anggota tubuh. Segera konsultasikan pada dokter jika mengalami gejala tidak biasa, dan beritahukan antibiotik apa yang pernah dikonsumsi untuk mendukung proses diagnosis.

Jika dicurigai adanya resistensi antibiotik, kamu mungkin akan diminta untuk menjalankan beberapa pemeriksaan seperti tes darah, urin, atau yang lainnya, dan menulis seluruh riwayat penggunaan obat.

Cara Mencegah

Sama seperti penyakit lainnya, resistensi antibiotik tentunya dapat dicegah. Dilansir dari berbagai sumber, kamu bisa mencegah resistensi antibiotik dengan melakukan hal-hal berikut:

  • Hindari meminta obat jenis antibiotik saat konsultasi ke dokter jika tidak disarankan, mengingat antibiotik hanya diperuntukkan pada penyakit tertentu.
  • Gunakan antibiotik sesuai rekomendasi dokter. Taati penggunaan jumlah dosis dan aturan pakai.
  • Jangan berikan antibiotik yang diresepkan untuk kamu pada siapa pun.
  • Jangan pernah mengonsumsi kembali obat antibiotik sisa
  • Jangan gunakan antibiotik untuk mengatasi penyakit yang disebabkan oleh virus, misalnya flu
  • Hindari infeksi bakteri dan virus dengan menerapkan hidup bersih dan cuci tangan.
  • Konsumsi makanan yang bersih
  • Penuhi wajib vaksin pada anak dan balita
  • Lakukan seks yang aman untuk mencegah penyakit menular seksual
  • Jaga kesehatan saat bepergian
  • Segera obati luka terbuka

Itulah penjelasan lengkap mengenai resistensi antibiotik. Ingatlah untuk selalu menggunakan obat sesuai rekomendasi dokter, dan juga mematuhi dosis dan anjuran pakai yang tertera pada kemasan obat. Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Menu Puasa untuk Bentuk Tubuh Ideal

Gaya Hidup Sehat   30/03/2023

Tips Menjaga Kulit Saat Berpuasa

Kesehatan Kulit   27/03/2023

Buah yang Bagus untuk Ibu Menyusui

Gaya Hidup Sehat   27/02/2023

Bye Bye Acne, Ini Dia Rekomendasi Sabun untuk Jerawat Punggung

Kesehatan Kulit   31/01/2023
gejala-kanker-ovarium

Kanker Ovarium: Pahami Gejala dan Penyebabnya

Gaya Hidup Sehat   23/11/2022