fbpx
BerandaKesehatan LainnyaDarah Haid Berwarna Hitam, Apa Penyebabnya?

Saat haid, alih-alih darah merah, tak jarang warna darah yang keluar adalah darah berwarna hitam. Darah haid berwarna hitam biasanya muncul pada masa awal dan akhir siklus haid. Meski terlihat mengkhawatirkan, darah haid hitam di hari pertama ataupun akhir umumnya bukanlah kondisi serius, kok.

penyebab-darah-haid-hitam-di-hari-pertama

Penyebab darah haid hitam

penyebab-darah-haid-hitam-di-hari-pertama

Darah haid hitam di hari pertama mungkin terlihat mengkhawatirkan, namun umumnya darah hitam yang muncul pada awal dan akhir siklus haid adalah hal yang normal. Menurut American Academy of Obstetricians and Gynecologists, haid atau menstruasi dapat menjadi penanda kesehatan reproduksi yang vital. Sehingga, lama periode haid dan warna darah yang dikeluarkan bisa menjadi petunjuk tentang kondisi kesehatanmu.

Darah haid berubah warna menjadi lebih gelap karena teroksidasi saat proses keluar dari rahim. Bahkan, dalam beberapa kasus, darah haid yang teroksidasi bisa menyerupai bubuk kopi.

Apa penyebab darah haid hitam muncul di hari pertama? Ini dikarenakan laju darah haid yang dikeluarkan pada masa awal dan akhir haid dapat lebih lambat. Hasilnya, darah di uterus membutuhkan waktu lebih lama untuk keluar dari tubuh. Jika darah haidmu berwarna hitam, bisa juga itu merupakan darah sisa dari siklus haid sebelumnya.

Penyebab darah haid berwarna hitam lainnya di antaranya:

1. Adanya benda asing

Darah haid yang kehitaman bisa menandakan adanya benda asing yang terjebak di dalam vagina, seperti tampon, kondom, maupun sex toys. Benda asing ini akan membuat lapisan vagina iritasi, yang kemudian menyebabkan infeksi. Hanya saja, kemungkinan besar benda tidak akan hilang atau berpindah ke rahim atau perut.

2. Penyakit radang panggul atau infeksi lainnya

Penyakit infeksi menular seksual seperti gonore atau klamidia, dapat sebabkan pendarahan dan keputihan yang tidak biasa. Selain itu, keputihan berat dengan warna apa pun dengan bau busuk juga merupakan gejala dari adanya infeksi.

3. Keguguran

Keluarnya darah berwarna hitam juga bisa menjadi tanda kamu alami keguguran. Antara 10 sampai 20 persen kehamilan berisiko alami keguguran. Sebagian besar keguguran terjadi sebelum janin mencapai usia kehamilan 10 minggu. Faktanya, banyak wanita yang tidak menyadari hal ini sampai mereka melakukan USG.

Namun, pendarahan di awal kehamilan adalah hal yang umum terjadi. Darah haid hitam dapat menjadi bagian dari proses implantasi, yaitu saat di mana sel telur menempel pada lapisan rahim setelah terjadinya pembuahan. Konsultasikan pada dokter untuk mengetahui penyebab pasti dari darah haid hitam saat kehamilan.

4. Menstruasi yang tertahan

Menstruasi tertahan atau hematocolpos terjadi saat darah menstruasi tersumbat. Umumnya, penderita akan mengeluhkan tidak terjadinya haid, bahkan hingga rasa nyeri di bagian perut. Penyebab penyumbatan dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari masalah selaput dara, septum vagina, dll. Akibatnya, darah teroksidasi dan berubah warna menjadi hitam.

Baca juga: Darah Haid Berwarna Hitam, Apakah Pertanda Hamil?

Kapan harus periksakan diri ke dokter?

Warna darah haid dapat berubah dari masa awal hingga akhir siklus haid. Pada banyak kasus, variasi warna darah haid dari merah terang ke merah tua hingga cokelat berhubungan dengan derasnya aliran darah dan berapa lama darah ada di dalam rahim.

Perlu diperhatikan tidak semua perubahan darah adalah normal. Jika darah haid hitam disertai dengan beberapa hal di bawah ini, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab yang lebih akurat.

  • Siklus haid yang tidak teratur, dengan durasi haid lebih dari 7 hari yang berubah secara dramatis dari satu bulan ke bulan berikutnya.
  • Siklus haid lebih pendek dari 21 hari atau lebih lama dari 37 hari
  • Tidak haid selama 3 bulan atau lebih
  • Pendarahan yang disertai rasa nyeri hebat
  • Telah menopause dan mulai haid kembali
  • Bau vagina yang tidak sedap
  • Keputihan kental berwarna abu-abu atau putih
  • Gatal di dalam atau di sekitar vagina
  • Demam

Demikian penyebab dari darah haid berwarna hitam. Jagalah kesehatan reproduksi dan kenali perubahan-perubahan pada tubuh. Bila perlu, kamu juga bisa minum suplemen seperti Vitahealth CoQ10 Plus Lecithin dan Vitamin E (Rp467.619) untuk bantu menjaga kesehatan tubuh, termasuk organ reproduksi.

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

pakai-koyo-saat-hamil

Bolehkah Pakai Koyo Saat Hamil?

Kesehatan Lainnya   29/08/2022
ciri-ciri-jerawat-akan-sembuh

Seperti Apa Ciri-ciri Jerawat Akan Sembuh?

Kesehatan Lainnya   26/08/2022
sakit-kepala-di-bagian-belakang

Sakit Kepala Bagian Belakang: Penyebab & Cara Mengatasi

Kesehatan Lainnya   24/08/2022
mimisan-saat-hamil

Sering Mimisan Saat Hamil? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kesehatan Lainnya   23/08/2022
toxic-relationship-adalah

Kenali Penyebab Utama dan Cara Penularan HIV/AIDS

Kesehatan Lainnya   22/08/2022