fbpx
BerandaGaya Hidup SehatDiet GM: Variasi Pola Makan Selama 7 Hari

Ada beragam jenis diet di luar sana yang dengan pengaplikasian pola makan yang berbeda-beda. Strategi diet tersebut kebanyakan bertujuan untuk mengurangi berat badan. Sebagian diet begitu populer, termasuk di antaranya diet GM dengan target waktu 7 hari. Lalu, seberapa efektifkah diet ini dan apakah aman bila dipraktekkan?

diet-gm

Apa Itu Diet GM?

Dilansir dari laman GM Diet, diet GM (General Motors) adalah pengendalian pola makan untuk menurunkan berat badan dalam waktu 7 hari atau seminggu. Diet ini juga disebut sebagai diet rendah karbohidrat paling dikenal di seluruh dunia. Situs tersebut juga mengatakan bila pakar fitnes dan ahli diet telah membenarkan manfaat diet GM untuk mengurangi berat badan serta detoks tubuh.

Diet GM sendiri punya sejarah yang unik. Strategi pola makan ini pertama kali diciptakan oleh produsen mobil Amerika Serikat General Motors Corp pada 1987. Tujuan dibentuknya diet ini adalah untuk menghadapi isu berat badan serta kesehatan yang melanda para pekerja di perusahaan otomotif tersebut. Diet ini tidak memaksa pelakunya membatasi makan hingga kelaparan, melainkan memilah makanan tertentu dalam hari yang berbeda-beda.

Diet ini diyakini baik untuk mengurangi berat badan secara cepat dan menyehatkan fisik dalam waktu yang lama. Cara kerja diet ini terletak pada nutrisi sederhana yang ditawarkan sehingga tubuh membakar kalori lebih banyak dari yang didapatnya sendiri. Rentang waktu 7 hari akan membantu proses menurunkan berat badan hingga 4,5-7 kg selain fungsi detoks tubuh dan efek pembersihan dalam tubuh.

Strategi diet GM mulanya dilakukan para karyawan dan keluarga General Motor Corp. Diet GM juga diklaim penerapannya berdasarkan standar FDA dan USDA serta pernah diuji oleh John Hopkins Research Centre dan disetujui oleh jajaran direktur GM Corp.

Apa Saja Menu Diet GM Dalam 7 Hari?

Sebelum memulai program diet GM, kamu perlu menyediakan semua bahan makanan agar dietmu berjalan lancar. Air putih merupakan salah satu komponen penting yang harus ada setiap harinya. Kamu pun perlu meminum air sesering mungkin setiap satu atau dua jam.

Selain itu, menu khusus wonder soup atau sup diet GM perlu disajikan pada hari yang telah ditentukan. Jangan makan sup tersebut lebih dari 2-3 mangkuk per hari karena bisa menyebabkan kembung. Berikut rangkuman dari diet GM selama 7 hari.

Hari Ke-1: Buah Selain Pisang

Awal diet GM cukup mudah. Kamu bebas mengonsumsi semua buah dengan rasa yang manis dan tajam pada hari pertama. Kamu tidak diperbolehkan menyantap pisang. Di sisi lain, kamu dianjurkan memakan buah yang seratnya tinggi seperti melon, jeruk, stroberi, dan apel. Dengan buah-buahan tersebut, kamu bisa merasa kenyang lebih lama.

Semangka dan blewah merupakan beberapa buah yang baik untuk mempercepat penurunan berat badan. Meski tidak ada batasan, sebaiknya kamu berhenti makan sesaat perut sudah terisi. Asupan makanan yang cukup dan tidak berlebih akan membuat perut lebih rileks dan siap untuk besoknya. Selain makan, kamu juga harus minum air setidaknya 6-8 gelas per hari.

Hari Ke-2: Sayur

Mulailah dengan menyantap ubi atau kentang panggang kecil. Selama sehari itu, kamu bisa mengonsumsi berbagai sayuran tanpa ada batasan. Namun, hindari worter, kacang polong, dan jagung.

Sayur-sayuran lain yang bisa kamu makan, termasuk selada, tomat, kubis, bawang, kale, artichoke, bayam, dan brokoli. Kentang atau umbi-umbian hanya kamu santap ketika sarapan. Dengan begitu, kamu akan memperoleh pasokan karbohidrat selama sehari yang menghindarkanmu dari rasa letih.

Hari Ke-3: Buah dan Sayur

Menu diet GM di hari ketiga adalah gabungan dari menu dua hari sebelumnya, yaitu sayur dan buah. Tetap hindari buah pisang dan kamu tetap bisa memperoleh karbohidrat kompleks dari buah lainnya. Buah juga membantu kamu tetap berenergi dan fokus sepanjang hari. Sayur-sayuran dan air yang cukup akan menjagamu dari dehidrasi. Pada hari ketiga ini, penurunan lemak dalam tubuh dimulai.

Hari Ke-4: Sup Diet GM, Pisang, dan Susu

Variasi makanan hari keempat mulai sedikit beragam bagi pelaku diet GM. Sebab pada hari keempat diet GM, menu tambahan berupa sup khusus mulai ditambahkan. Selain itu, makanan hari keempat hanyalah pisang dan susu. Takaran penyajian pun mulai dibatasi. Sekarang, kamu harus makan delapan pisang ukuran sedang dan tiga gelas susu skim selama satu hari tersebut.

Bahan membuat sup diet GM adalah sebagai berikut:

  • Bawang: ¼
  • Kubis: ¼
  • Tomat kecil: 2
  • Paprika hijau: ½
  • Seledri: 1 tangkai
  • Wortel: 1 ukuran sedang
  • Lemon: ½ potong untuk perasa
  • Air secukupnya
  • Minyak zaitun: 1 sendok teh
  • Cabai merah
  • Garam

Sedangkan, penyajian sup diet GM adalah sebagai berikut:

  • Potong semua sayur dan sisihkan sementara
  • Masukkan minyak zaitun ke dalam wajan lalu panaskan
  • Tambahkan bawang dan goreng sampai warnanya kecoklatan
  • Tambahkan semua sayur yang telah dipotong kemudian aduk
  • Tambahkan garam dan cabai merah
  • Tambahkan air dan tutup wajan selama 15 menit
  • Matikan api dan taruh di mangkuk
  • Berikan perasan lemon dan sup diet GM siap dihidangkan

Hari Ke-5: Daging dan Tomat

Hari kelima diet GM merupakan saat makan besar untuk kamu yang non-vegetarian karena kamu bisa makan setengah kilogram daging dalam dua menu utama, baik itu daging sapi, ayam, atau ikan. Selain itu, kamu dianjurkan mengonsumsi enam tomat dalam satu hari. Serat yang tinggi pada tomat akan membantu pencernaan selagi kamu menerima asupan zat besi dan protein dari daging.

Tambahkan pula empat gelas air karena tubuhmu memerlukan banyak air untuk menjalankan fungsi metabolik. Bagi vegetarian, menu daging di atas bisa diganti dengan keju cottage atau beras merah.

Hari Ke-6: Daging dan Sayur

Pada hari keenam, kamu bisa memakan daging dan sayur tanpa memasukkan tomat ke menu sama sekali. Santaplah sebanyak setengah kilogram daging dan sayur-sayuran selama sehari serta hindari kentang.

Vegetarian bisa mengonsumsi keju cottage sebagai pengganti daging. Jangan lupa untuk tetap memenuhi kebutuhan airmu. Pada tahap ini, kamu akan mulai terbiasa dengan diet GM sebelum hari terakhir.

Hari Ke-7: Buah, Sayur, dan Beras Merah

Di hari terakhir ini, tubuhmu sudah terasa ringan dari sebelumnya. Menu hari ketujuh ini menambahkan banyak buah dan sayuran ke dalam pola makanmu. Kamu bisa mengonsumsi jus buah tanpa gula dengan tambahan beras merah dan banyak sayur.

Tetap perhatikan kebutuhan airmu. Air berperan besar di hari terakhir ini karena ia bermanfaat untuk memperpanjang dampak positif terhadap kesehatan kulit dan penurunan berat badan yang telah kamu dapatkan sekarang.

Apakah Diet GM Aman?

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang didapat dari mengikuti diet GM ini. Mengutip dari Healthline, pola makan yang diaplikasikan diet tersebut mengandung banyak buah dan sayur yang memang bagus untuk mempercepat penurunan berat badan.Manfaat tersebut berasal dari kandungan kalori yang rendah sehingga defisit kalori memudahkan proses penurunan berat badan. Hal ini juga didukung dari pembatasan makanan dengan gula yang dapat menambah berat badan.

Meski begitu, belum ada riset yang meneliti diet GM maupun seberapa aman pola makan yang diaplikasikan di dalamnya. Namun, menu diet GM sendiri terbilang belum seimbang karena sedikitnya pilihan jenis makanan dalam satu hari, begitu juga dengan nutrisi yang ditawarkannya.

Banyak hari dalam diet GM yang menyediakan buah dan sayur tapi dengan sedikit sumber protein. Padahal, beberapa studi menjelaskan kalau protein yang tercukupi malah dapat mengurangi nafsu makan dan membantu proses penurunan berat badan.

Pendapat lainnya juga menyebutkan kalau efek jangka panjang dari diet GM bisa berdampak buruk bagi tubuh meskipun diet ini efektif membantu menurunkan berat badan. Apalagi jika seseorang kembali ke pola makan normalnya. Berat badannya mungkin bisa bertambah lebih banyak ketimbang penurunan yang didapatnya setelah diet GM.

Bagi kamu yang sedang menjalani diet, kamu bisa mengonsumsi Interbat Vitazet (Rp 311.438) untuk memastikan kebutuhan vitamin dan mineral harian tetap terpenuhi. Vitazet adalah multivitamin dan mineral untuk membantu memelihara daya tahan tubuh

Sejatinya, berat badan yang ideal didapatkan dengan menjalankan pola makan teratur yang memenuhi seluruh nutrisi harian yang diperlukan tubuh. Selain itu, gaya hidup juga memengaruhi kondisi fisik seseorang.

Terlepas dari kekurangan yang muncul di balik diet GM, pola makan yang ditawarkannya mengandung beberapa kebaikan nutrisi yang diperlukan tubuh. Kamu pun bisa menerapkan sebagian dari menu diet GM dan membuat versi yang lebih baik dengan nutrisi yang teratur serta cocok dengan pola makanmu.

Baca juga:

Diet Rendah Kalori: Manfaat dan Cara Melakukannya

Menu Diet Keto untuk Pemula Selama Seminggu

Tips Diet Sehat untuk Golongan Darah O

Cari tahu informasi kesehatan lainnya di Jovee. Unduh juga aplikasinya sekarang untuk melihat rekomendasi suplemen sesuai kebutuhan personalmu. Dapatkan vitamin harian personal kamu, dari A ke Z(inc) hanya di Jovee.

 

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

chinese-restaurant-syndrome

Chinese Restaurant Syndrome, Apa Itu?

Gaya Hidup Sehat   14/06/2022
cara-mengontrol-berat-badan-saat-hamil

6 Cara Mengontrol Berat Badan Saat Hamil

Gaya Hidup Sehat   07/06/2022
damapk-kurang-tidur-pada-perkembangan-otak-anak

Dampak Kurang Tidur pada Perkembangan Otak Anak

Gaya Hidup Sehat   06/06/2022
tips-anak-rajin-membaca

8 Tips Agar Anak Lebih Rajin Membaca

Gaya Hidup Sehat   02/06/2022
apakah-begadang-menyebabkan-jerawat

Begadang Bikin Jerawat? Ini Dia 7 Efek Begadang

Gaya Hidup Sehat   23/05/2022