fbpx
BerandaKesehatan KulitDikenal Sebagai Penyebab Jerawat, Apa Manfaat Sebum untuk Kulit?

Produksi sebum yang berlebih seringkali jadi penyebab masalah kulit seperti jerawat, komedo, hingga bruntusan. Meski begitu, ternyata peran sebum untuk kulit sangat penting loh, Jovians! Apa sih manfaat sebum untuk kulit dan bagaimana cara ‘mengontrol’ sebum? Yuk, simak selengkapnya di artikel di bawah ini!

manfaat-sebum

Apa itu sebum?

manfaat-sebum

Dilansir dari Medical News Today, sebum adalah suatu zat lengket dan berminyak, yang diproduksi oleh kelenjar sebasea. Kelenjar ini terletak di lapisan tengah kulit, di dekat folikel rambut. Di area tubuh, kelenjar ini paling banyak ditemukan di wajah, kulit kepala, dan dada.

Kelenjar sebasea menghasilkan sebum melalui sekresi holokrin (jenis sekresi yang merusak sel serta memproduksi lipid). Kemudian, sel sebosit akan melarutkan dan melepaskan sebum ke dalam kelenjar sebasea.

Sebum berjalan melalui saluran folikel yang menghubungkan kelenjar sebasea ke folikel rambut. Rambut yang tumbuh, kemudian menarik sebum ke permukaan kulit.

Fluktuasi pada produksi sebum merupakan respons terhadap perubahan kadar hormon, salah satunya adalah hormon seks terutama hormon testosteron yang memainkan peran besar dalam mengatur aktivitas kelenjar sebasea.

Makanya, pada masa pubertas kebanyakan orang akan mengalami jerawat. Ini karena selama masa pubertas hormon testosteron akan membanjiri tubuh yang memicu lonjakan produksi sebum. Tapi tak perlu cemas, karena tingkat testosteron dan sebum secara alami akan menurun seiring bertambahnya usia.

Manfaat sebum untuk kulit

manfaat-sebum

Nah, berdasarkan penjelasan di atas, sebum yang jadi penyebab jerawat itu dikarenakan produksi yang berlebihan ya, Jovians! Dalam kadar yang normal, sebum sebenarnya punya fungsi yang sangat penting bagi kulit. Apa saja manfaat sebum untuk kulit?

1. Melembabkan permukaan kulit

Fungsi sebum yang paling utama adalah melembabkan kulit. Tentunya, fungsi sebum ini bekerja saat kadar sebum seimbang ya, Jovians. Dengan kulit yang terjaga kelembapannya, elastisitas kulit ikut terjaga sehingga kulit tidak cepat memunculkan tanda penuaan seperti garis halus.

2. Mencegah infeksi bakteri dan benda asing

Meski dikenal sebagai penyebab jerawat, sebum ternyata punya peran penting dalam menghadang infeksi bakteri, virus, dan benda asing ke kulit loh! Ini karena sebum bersifat asam (pH sekitar 4.5 hingga 6). Berkat sifat asamnya ini, sebum dapat mencegah bakteri dan virus menembus kulit.

3. Sebagai ‘alat transportasi’ vitamin ke kulit

Selain melembabkan kulit dan mencegah infeksi, peran sebum lainnya yakni untuk menyalurkan vitamin, salah satunya adalah vitamin E yang baik untuk kulit serta antioksidan ke permukaan kulit. Dengan begitu, kulit jadi terlindungi dari paparan radikal bebas yang bersifat merusak sel.

4. Melindungi kulit dari sinar UV matahari

Sebum mengandung squalene, yang ditemukan dapat melindungi kulit dari kerusakan kulit yang dapat disebabkan oleh sinar ultraviolet matahari. Inilah mengapa pada saat cuaca panas, wajah jadi terlihat mengkilap.

Hanya saja, komponen squalene merupakan komponen lemak yang tidak stabil. Karena mudah mengalami perubahan, inilah alasan mengapa menggunakan sunscreen sangat perlu untuk mencegah kerusakan akibat paparan sinar UV dari matahari.

Bahkan, sebum juga ditemukan mendukung kesehatan jantung loh, Jovians! Dilansir dari Verywell Health, para peneliti percaya bahwa manfaat utama dari sekresi sebum adalah proses menghilangkan kelebihan lemak kolesterol, yang dapat menyumbat arteri dan menyebabkan penyakit jantung

Cara mengontrol produksi sebum

Produksi sebum berlebihan bisa memicu masalah kulit, seperti jerawat dan komedo. Terutama pada kulit berminyak, perlu dilakukan beberapa cara agar produksi sebum dapat dikurangi. Ini sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengontrol produksi sebum berlebih.

  • Hindari konsumsi makanan berminyak dan tinggi gula. Perbanyak makanan tinggi serat dan vitamin, seperti sayuran dan buah-buahan.
  • Banyak konsumsi air putih
  • Gunakan skincare dengan kandungan glycolic atau salicylic acid
  • Lakukan eksfoliasi 2 kali seminggu, agar pori-pori tidak tersumbat
  • Kandungan sampo dapat meningkatkan produksi sebum. Pilihkan sampo dengan kandungan bebas sulfat, karena sampo dengan kandungan ini dapat membuat kulit kering.
  • Cuci wajah dua kali sehari
  • Gunakan pelembab dan sunscreen setiap hari

Jika produksi sebum dirasa tidak berkurang, kamu dapat lakukan konsultasi dengan dokter kulit. Dokter mungkin akan memberikan obat yang sesuai dengan kondisi kulit wajahmu.

Baca juga: 20 Cara Menghilangkan Minyak di Wajah

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat sebum untuk kulit. Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

panthenol-untuk-wajah

Mengenal 5 Manfaat Panthenol untuk Kulit Wajah

Kesehatan Kulit   07/10/2022
wajah-cerah

7 Tips untuk Dapatkan Kulit Wajah Cerah Alami

Kesehatan Kulit   06/10/2022
contoh-makanan-vegetarian

7 Contoh Makanan Vegetarian untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Makanan Sehat   04/10/2022
jus-buah-untuk-kesehatan-kulit-wajah

5 Jus Buah untuk Kesehatan Kulit Wajah

Kesehatan Kulit   30/09/2022
kacang-kacangan-yang-bagus-untuk-kesehatan-kulit

Tak Bikin Jerawat, Ini 5 Jenis Kacang yang Baik bagi Kulitmu

Kesehatan Kulit   29/09/2022