fbpx
BerandaVitamin & SuplemenFosfor Adalah Komponen Penting Tubuh, Pelajari Mengapa

Jika Anda kupas lebih dalam, pasti akan mengetahui berbagai zat penyusun tubuh, salah satunya fosfor. Fosfor, bersama zat-zat lainnya berperan penting bagi tubuh untuk menunjang sistem keseimbangannya. Oleh karena itu, meskipun kadarnya kecil, tetap harus dipenuhi dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Khususnya fosfor ini, tahukah Anda perannya bagi tubuh?

Fosfor, Komponen Penting Tubuh yang Harus Dijaga Keseimbangannya

Mungkin, Anda sudah tidak asing lagi peran fosfor bagi tubuh seperti menjaga kesehatan tulang dan gigi. Jika dikalkulasi, sekitar 85% fosfor dalam tubuh ini tersimpan dalam tulang dan gigi. Ada juga sebagian kecil yang tersimpan dalam sel dan jaringan tubuh.

Fosfor adalah salah satu zat mineral dalam tubuh yang menjalankan peranan penting selain menunjang kesehatan tulang dan gigi, seperti membantu tubuh dalam mengurangi rasa nyeri saat olahraga, membantu menyimpan dan menggunakan energi, dan masih banyak lagi. Yuk kita simak satu per satu fungsi fosfor bagi tubuh pada penjelasan berikut ini!

Ikut Serta Membantu Kinerja Ginjal

Jika selama ini Anda hanya mengetahui fungsi fosfor untuk kesehatan tulang dan gigi, kini mari kita update pengetahuan terkait fungsi fosfor. Ya, mineral fosfor ini mampu membantu kerja ginjal dalam menyaring zat sisa yang sudah dibutuhkan lagi oleh tubuh.

Meski demikian, apabila kadar fosfor dalam tubuh terlalu banyak, juga akan mengganggu kerja ginjal. Dengan kata lain, ginjal harus membuang kelebihan fosfor yang tidak dibutuhkan oleh tubuh supaya tidak mengganggu keseimbangannya. Jadi, perlu diperhatikan bagi para penderita ginjal untuk membatasi konsumsi fosfor supaya tidak memberatkan kinerja ginjal.

Pembentukan DNA

Selain mendukung kerja ginjal dalam proses penyaringan, peran fosfor juga penting untuk proses pembentukan DNA dan RNA. Tubuh Anda tidak akan bisa melakukan proses pembentukan DNA dan RNA guna penyimpanan informasi genetik, apabila kekurangan fosfor.

Oleh karena itu, fosfor adalah mineral penting dan dibutuhkan pada hampir setiap sel dalam tubuh. Disamping itu, fosfor juga diperlukan untuk membentuk sel-sel baru dan memperbaiki kerusakan jaringan dalam tubuh. Bisa dibayangkan bukan, bagaimana jadinya jika kandungan fosfor dalam tubuh kurang?

Mempertahankan Keseimbangan Asam Basa Tubuh

Fungsi lain dari fosfor adalah untuk mempertahankan keseimbangan asam-basa atau pH dalam tubuh. Perlu Anda tahu, keseimbangan asam-basa dalam tubuh ini sangat penting untuk mendukung seluruh bagian tubuh supaya bisa bekerja sesuai fungsinya. Keberadaan fosfor lainnya yaitu membantu tubuh dalam menggunakan vitamin dan mineral.

Membantu Fungsi Otot dan Saraf

Bersama dengan kalsium, fosfor ini berperan dalam membantu kerja otot, termasuk otot jantung sehingga keberadaan fosfor sangat penting untuk menjaga jantung supaya berdetak secara teratur. Hal ini menjelaskan mengapa fosfor bisa membantu mengurangi nyeri otot usai berolahraga. Selain itu, fosfor juga berperan dalam komunikasi saraf, proses pengiriman sinyal menuju otak, serta reaksi otah terhadap rangsangan dari luar.

Apa yang Terjadi Jika Kadar Fosfat dalam Tubuh Tidak Seimbang

Sebelumnya, telah disinggung jika keseimbangan fosfat dalam tubuh sangat penting. Dalam artian, kadar fosfat tidak boleh berlebihan dan kekurangan. Beberapa kondisi berikut ini dapat terjadi jika kadar fosfat dalam tubuh tidak seimbang

1. Hypophosphatemia

Kondisi ini terjadi apabila kadar fosfat dalam tubuh terlalu rendah sehingga menimbulkan beberapa gejala seperti nyeri tulang, hilang nafsu makan, kesemutan, tubuh terasa kelelahan, otot terasa lemas, bahkan patah tulang tanpa alasan.

2. Hyperphosphatemia

Sebaliknya, apabila kadar fosfat dalam tubuh terlalu tinggi akan mengakibatkan terjadinya hyperphosphatemia. Jika hal ini terjadi, maka bisa menyebabkan kadar kalsium dalam tubuh turun. Jika kadar kalsium dalam tubuh turun, maka muncul gejala seperti nyeri pada sendi dan tulang, kesemutan di area mulut, gatal, ruam pada kulit, melemahnya otot, tulang, kram, hingga kejang otot. Lebih lanjut, tingginya kadar fosfat dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan harus diperbaiki dengan cuci darah. Sebab, diet saja tidak akan cukup untuk mengembalikan kadar fosfat seperti semula.

Meski kita tahu bahwa kadar fosfor dalam tubuh harus terkontrol. Namun, ada beberapa hal yang menyebabkan fosfor dalam tubuh menjadi tidak seimbang seperti menumpuk. Salah satunya karena organ ginjal mengalami gagal ginjal, diabetes yang tidak terkontrol, dan hipoparatiroid.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mewaspadai tanda-tanda penumpukan fosfor dalam tubuh supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satu vitamin yang dapat membantu dalam penyerapan penyerapan kalsium dan fosfor di dalam tubuh adalah D Vit Ft 3 Strip – 30 tablet (Rp 28.050).

Saat ini, sudah tersedia aplikasi untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda sekaligus memberikan rekomendasi suplemen yang tepat sesuai kondisi yang dialami sekarang yaitu Jovee. Dengan instal Jovee, Anda bisa mendapatkan beberapa pilihan suplemen seperti vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi atau multivitamin untuk memelihara kesehatan tubuh. Tenang saja, paket suplemen yang Anda pilih bisa dikirimkan langsung ke rumah lho oleh Jovee. Jadi, ketika ada keluhan sakit tiba-tiba, bisa minta bantuan Jovee terlebih dulu ya!

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

blackmores untuk kulit

Ini 6 Kandungan Blackmores untuk Kulit yang Perlu Kamu Tahu

Vitamin & Suplemen   20/05/2022
vitamin-caviplex

Mengenal Vitamin Caviplex: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Vitamin & Suplemen   04/05/2022
info-pengiriman-2022

Info Pengiriman Pesanan Selama Lebaran 2022

Vitamin & Suplemen   29/04/2022
vitamin-untuk-daya-tahan-tubuh-saat-puasa

7 Rekomendasi Vitamin Terbaik untuk Daya Tahan Tubuh Saat Puasa

Vitamin & Suplemen   28/03/2022
vitamin-puasa

11 Rekomendasi Vitamin untuk Puasa agar Tetap Sehat & Kuat

Vitamin & Suplemen   24/03/2022