fbpx

Fungsi Vitamin E untuk Rambut dan Sumber Alaminya

by | Sep 16, 2020 | Vitamin & Suplemen | 0 comments

Memiliki rambut yang sehat mungkin menjadi idaman semua orang. Tidak hanya kaum hawa, namun kaum adam pun tentu mendambakan rambut yang sehat dan tidak mudah rontok. Agar bisa tumbuh sehat dan kuat, pastinya rambut membutuhkan dukungan nutrisi yang baik, termasuk vitamin. Salah satu vitamin yang dikenal bagus untuk rambut adalah vitamin E. Selama ini, fungsi dan manfaat vitamin E mungkin lebih dikenal untuk merawat kulit. Namun, siapa sangka vitamin satu ini ternyata sangat baik bagi kesehatan rambut. Anda bisa memperoleh manfaat yang sangat besar dari vitamin E bagi rambut baik dari sumber alami maupun suplemen kesehatan.

 

Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan Rambut

vitamin e untuk rambut

Vitamin E merupakan salah satu jenis antioksidan yang memiliki berbagai fungsi bagi tubuh, termasuk menguatkan imunitas tubuh. Untuk mendapatkan manfaat vitamin E yang besar bagi rambut, Anda sebaiknya memenuhi asupan hariannya. Lantas, apa saja manfaat vitamin E bagi rambut?

 

1. Membuat Rambut Berkilau Alami

Jika melihat iklan produk-produk sampo, Anda tentu sudah tidak asing bukan dengan manfaat mendapatkan rambut berkilau alami? Ya, ternyata untuk mendapatkan rambut berkilau alami tidak terlalu sulit karena manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan mengaplikasikan vitamin E secara rutin ke rambut serta kulit kepala. 

Vitamin E bekerja dengan memperbaiki jaringan pada rambut sehingga membuat rambut tampil lebih sehat dan berkilau alami. Efek kilau rambut yang sehat bisa diperoleh dari sumber vitamin E alami serta minyak rambut yang mengandung mikronutrien tersebut. Pijat kulit kepala hingga ke ujung rambut untuk memperoleh hasil terbaik.

 

2. Memperlambat Penuaan pada Rambut

Bukan cuma kulit yang bisa mengalami tanda-tanda penuaan, rambut juga bisa mengalami yang namanya aging. Sifat antioksidan pada vitamin E memiliki manfaat yang sangat baik untuk menyehatkan dan menguatkan kembali jaringan rambut. Jaringan di sekitar kulit rambut yang sehat memiliki manfaat untuk mencegah penuaan dini. Penuhi juga asupan vitamin D guna memperlambat tumbuhnya uban rambut.

 

3. Menstimulasi Rambut Tumbuh Lebih Lebat

Salah satu mitos yang banyak berkembang di masyarakat adalah pemberian minyak kelapa yang kaya vitamin E pada rambut bayi akan membuat rambut bayi tumbuh lebih lebat. Tidak heran jika banyak ibu-ibu yang suka mengoleskan sedikit minyak kelapa pada rambut anaknya dengan harapan agar tumbuh lebat. 

Ternyata, fungsi vitamin E untuk merangsang pertumbuhan rambut bukanlah mitos semata. Vitamin E merupakan antioksidan yang memiliki kemampuan untuk melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk kulit kepala. Hal tersebut akan membuat kulit kepala lebih sehat dan rambut menjadi lebih lebat. Karenanya, vitamin E populer sebagai salah satu vitamin rambut yang bagus.

 

4. Memperbaiki Rambut Bercabang

Penggunaan vitamin E yang rutin dan dalam waktu lama diyakini memiliki khasiat dalam mengatasi kerapuhan pada rambut, juga rambut bercabang. Rambut bercabang sendiri merupakan ciri-ciri rapuhnya rambut. 

Anda bisa mencampurkan minyak kelapa yang kaya vitamin E dengan minyak zaitun untuk memperbaiki rambut bercabang. Pijatkan campuran minyak tersebut pada kulit kepala secara perlahan. Pemijatan memiliki pengaruh yang baik untuk meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala.

Disamping keempat fungsi di atas, mikronutrien ini pun dikatakan sebagai vitamin untuk rambut kering karena mampu membantu melembabkannya. Biasanya, jenis vitamin E ini ditemukan dalam bentuk kapsul. Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskannya langsung ke rambut Anda. Nah, Anda yang memiliki rambut berminyak pun tetap dapat menggunakannya dengan tipis-tipis.

 

Dosis Vitamin E yang Direkomendasikan

Konsumsi ataupun penggunaan suplemen vitamin E tentu tidak boleh berlebihan. Pasalnya, segala yang berlebih-lebihan tentu akan mendatangkan efek samping untuk tubuh. Jumlah asupan vitamin E yang sebaiknya dikonsumsi harian adalah 8 sampai 15 IU atau 4 sampai 7 mg perhari untuk anak-anak. 

Sementara jumlah vitamin E yang boleh dikonsumsi harian oleh orang dewasa sebanyak 20 hingga 35 IU setiap hari atau 15 hingga 19 mg. Penggunaan produk perawatan rambut dengan kandungan vitamin E bergantung kepada anjuran penggunaan pada kemasan. 

 

Sumber Vitamin E Alami

Nutrisi terbaik berasal dari sumber makanan alami. Walaupun begitu, kini Anda sudah bisa mendapatkan manfaat vitamin E dari berbagai produk rambut ataupun suplemen. Beberapa makanan yang kaya akan vitamin E berupa:

 

1. Biji-Bijian

Biji-bijian memang sudah lama dikenal menjadi sumber vitamin E yang sangat baik untuk rambut dan kulit kepala. Contoh biji-bijian yang memiliki kandungan vitamin E tinggi seperti jagung dan biji bunga matahari. Oleh karena itu, Anda bisa mencari produk perawatan rambut dengan kandungan biji bunga matahari.

 

2. Kacang-kacangan

Selain biji-bijian, kacang-kacangan juga menjadi sumber alami vitamin E yang sangat baik. Kacang yang dikenal mengandung vitamin E cukup tinggi adalah kacang kedelai dan almond. 

 

3. Sayuran Hijau

Kandungan vitamin E dalam sayuran hijau sangat bervariasi. Namun, sayuran hijau dengan kandungan vitamin E paling tinggi adalah bayam dan brokoli. Dalam sayuran hijau juga terkandung vitamin lain seperti vitamin C, A dan K.

 

4. Buah-buahan Segar

Buah segar sangat kaya akan multivitamin dan mineral. Salah satu buah yang mengandung tinggi vitamin E adalah mangga dan kiwi.

Demikianlah informasi tentang manfaat serta sumber makanan vitamin E. Dikenal mampu menyehatkan kulit, vitamin E juga termasuk vitamin rambut kering yang sekaligus dapat membuatnya halus bersinar. Oleh karena itu, penuhilah asupan hariannya, baik dari makanan ataupun suplemen kesehatan. Anda pun bisa menggunakan produk untuk rambut yang mengandung vitamin E untuk menjaga kesehatannya. Pastikan untuk memilih produk vitamin rambut yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika perlu, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi.

Dapatkan suplemen sesuai kebutuhanmu dengan Jovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.