fbpx
BerandaKesehatan LainnyaGatal Karena Tungau, Atasi dengan Cara Ini

Tungau merupakan salah satu serangga yang berukuran mikro (sangat kecil), sehingga tidak dapat dilihat dengan mata secara langsung. Berkat ukurannya yang sangat kecil ini, tak jarang banyak orang yang tidak menyadari telah tergigit tungau sampai bekas gigitan muncul di kulit.

gatal-karena-tungau

Tanda-tanda kamu digigit oleh tungau juga sangat mudah terlihat, biasanya akan muncul ruam yang terasa sangat gatal, perih, bahkan iritasi. Umumnya, tungau suka menggigit di area leher, punggung, lengan, atau area betis. Pada banyak kasus, rasa gatal dan perih yang timbul bisa sangat mengganggu aktivitas. Lalu, bagaimana cara mengatasi gatal karena tungau? Simak artikel berikut sampai akhir yuk!

Cara mengobati gatal karena tungau

Tungau terdiri dari berbagai macam jenis. Cara mengobati gatal karena tungau pun disesuaikan dengan jenisnya. Berikut ini sejumlah jenis tungau yang paling umum dijumpai, beserta cara mengatasinya.

Tungau debu

Tungau debu merupakan serangga mikro yang masih satu keluarga dengan spesies laba-laba. Tungau jenis ini tinggal di debu yang ada di sudut-sudut rumah atau kolong tempat tidur, dan memakan sel-sel kulit mati yang berjatuhan setiap harinya. Tungau debu dapat hidup di semua iklim, dan tumbuh subur di lingkungan yang hangat dan lembab.

Berbeda dengan tungau lainnya, reaksi ruam yang muncul akibat tungau debu bukanlah karena gigitan, melainkan karena reaksi alergi yang dihasilkan oleh sistem imun.

Saat kamu tak sengaja menghirup tungau debu ini, sistem imun akan bekerja keras untuk menghasilkan antibodi. Respon imun yang berlebihan inilah yang menyebabkan gejala alergi, seperti bersin dan pilek.

Selain itu, tungau debu juga dapat memicu kambuhnya gejala asma. Cara mengobati gatal akibat tungau debu dapat dilakukan dengan obat-obatan, seperti:

  • Antihistamin, yang tersedia dalam bentuk salep untuk mengurangi rasa gatal
  • Kortikosteroid, untuk mengurangi peradangan
  • Dekongestan, untuk mengecilkan jaringan di saluran hidung agar lebih mudah bernapas
  • Obat anti alergi lainnya

Tungau debu biasanya juga dikenal sebagai tungau kasur. Ini dikarenakan tempat tidur adalah tempat berkembang biak yang ideal untuk tungau debu. Agar rumah dan tempat tidur terbebas dari tungau jenis ini, kamu bisa coba lakukan langkah-langkah berikut.

  • Gunakan lapisan penutup tempat tidur, bersihkan dan rapikan tempat dan kamar tidur setiap hari.
  • Rutin mengganti sprei, sarung bantal & guling, juga selimut dan bed cover setidaknya seminggu sekali.
  • Jika memungkinkan, gunakan AC atau dehumidifier untuk menjaga kelembaban relatif di rumah
  • Sering-sering membersihkan debu dengan handuk atau kain yang dibasahkan. Ini membantu meminimalkan jumlah debu dan mencegahnya menumpuk
  • Vakum rumah secara teratur

Scabies

Scabies adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh gigitan tungau Sarcoptes scabiei. Jika tidak diobati, tungau mikroskopis ini dapat hidup di kulitmu selama berbulan-bulan. Tungau jenis ini berkembang biak di permukaan kulitmu dengan menggali lapisan terluar, kemudian masuk ke dalamnya untuk bertelur. Hal inilah menyebabkan gatal dan ruam pada kulit.

Setelah terpapar tungau scabies, setidaknya gejala akan muncul dalam waktu dua hingga lima minggu. Gejala akan muncul lebih cepat pada orang yang pernah terkena scabies sebelumnya. Gejala umum dari tungau di kulit ini yakni ruam yang terasa gatal, dan memburuk di malam hari. Menggaruk terus menerus pada area gigitan dapat membuat luka infeksi.

Tungau scabies juga sangat menular, kontak langsung kulit ke kulit merupakan cara penularan scabies yang paling umum. Tungau juga dapat menular melalui:

  • Furnitur rumah, seperti sofa dan karpet
  • Baju
  • Tempat tidur

Nah, perlu diketahui scabies pada hewan dan manusia berbeda ya, Jovians. Scabies pada hewan tidak dapat berkembang biak di kulitmu, hanya saja mereka tetap bisa menggigit dan menimbulkan ruam dan gatal yang sama.

Pengobatan untuk scabies biasanya dengan resep salep, krim, dan losion yang bisa dioleskan langsung ke kulit yang bertujuan untuk membasmi tungau. Kamu bisa gunakan salep gatal untuk tungau yang dijual bebas di apotek. Jika ingin mengurangi rasa gatal, obat antihistamin juga bisa didapatkan dengan resep dokter.

Cara mencegah gigitan tungau scabies umumnya sama seperti tungau debu. Rajinlah mengganti sprei, pakaian, dan handuk dengan rutin, lebih baik lagi jika dicuci dengan air panas. Lalu, pastikan semua baju, sprei, dan handuk yang sudah dicuci kering dengan sempurna sebelum digunakan.

Demodex

Demodex adalah jenis tungau di kulit yang hidup di folikel rambut dan wajah. Sama halnya dengan tungau jenis lainnya, tungau ini tidak dapat dilihat tanpa mikroskop. Gigitan tungau ini sering kali tidak menimbulkan gejala, namun pada beberapa orang bisa sebabkan ruam yang terasa gatal dan perih.

Jika kamu punya masalah kulit lainnya seperti rosacea atau punya sistem imun yang lemah, maka potensi untuk terkena tungau ini akan semakin besar. Cara mematikan tungau di kulit ini dapat dilakukan dengankrim, gel, atau sabun pencuci wajah yang mengandung bahan aktif berikut:

  • Benzyl benzoate
  • Asam salisilat
  • Selenium sulfide
  • Sulfur

Demikianlah sejumlah cara mengobati gatal akibat gigitan tungau di kulit. Menjaga kebersihan rumah menjadi langkah paling penting untuk membasmi tuntas tungau. Jika gigitan tungau tidak membaik setelah beberapa minggu, sebaiknya segera periksakan diri pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Simak informasi seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin & suplemen personalmu. Temukan berbagai macam suplemen kesehatan dengan harga hemat dan gratis ongkir hanya di Jovee.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

eosinofil-tinggi

Mengenal Eosinofil dan Fungsinya Bagi Tubuh

Kesehatan Lainnya   28/06/2022
minyak-esensial

4 Tips Membeli Minyak Esensial

Kesehatan Lainnya   27/06/2022
dna-fragmentation-index

Mengenal DNA Fragmentation Index (DFI)

Kesehatan Lainnya   26/06/2022
bahaya-klorin-di-pembalut

Ketahui Bahaya Klorin pada Pembalut Wanita

Kesehatan Lainnya   25/06/2022
bahaya-lsd

Kenali Bahaya LSD, Narkotika Penyebab Halusinasi

Kesehatan Lainnya   24/06/2022