fbpx
BerandaVitamin & SuplemenHal Penting Terkait Vitamin E yang Harus Dipahami

Ada banyak sumber baik alami maupun suplemen mengandung vitamin E yang tersedia di pasaran. Asupan vitamin ini dalam jumlah mencukupi sangat penting sebagai nutrisi harian tubuh. Vitamin satu ini merupakan salah satu senyawa lemak yang mudah larut di dalam air. Selain itu, vitamin yang dikenal sebagai vitamin untuk kecantikan kulit ini ternyata berperan penting sebagai antioksidan.

HAL PENTING TERKAIT VITAMIN E YANG HARUS DIPAHAMI

Meski dikenal berperan penting terhadap kecantikan kulit, namun apakah hal merupakan fakta atau klaim saja harus dipastikan. Oleh karena itu sangat penting agar kita mempelajari hal terkait vitamin E secara menyeluruh. Vitamin ini sendiri lebih umum ditemukan dari berbagai produk minyak seperti minyak kelapa sawit, minyak zaitun, minyak kelapa dan minyak nabati. Anda juga bisa mendapatkan vitamin ini dari produk tumbuh-tumbuhan seperti sayur dan kacang-kacangan.

Dimanakah Bisa Menemukan Sumber Vitamin E?

Di alam, vitamin ini hadir secara alami dalam delapan bentuk ikatan kimia. Delapan bentuk ikatan kimia tersebut adalah beta tocopherol, alpha tocopherol, delta-tocopherol, gamma tocopherol, alpha tokotrienol, gamma tocotrienol, beta tokotrienol, dan delta tokotrienol. Meski memiliki delapan jenis bentuk kimia, nyatanya hanya ikatan alpha tokoferol saja yang sesuai dengan tubuh manusia.

Sumber vitamin E bisa Anda dapatkan dari asupan sayur mayur sehari-hari seperti brokoli, mangga, bayam dan juga tomat mentah. Jumlah kandungan alpha tokoferol di dalam brokoli yang telah dipotong serta diolah dengan cara direbus mencapai 1,2 mg. Sementara kandungan pada tomat mentah mencapai 0.7 mg. Pada sayur bayam sebanyak 1 cangkir mencapai 0,6 mg. Pada buah mangga, kandungannya mencapai 0.7 mg.

Sumber utama makanan ini berasal dari berbagai jenis minyak. Misalnya saja minyak bibit gandum atau wheat germ oil mengandung alpha tocopherol mencapai 20,3 mg pada setiap 1 sendok makan. Kandungan alpha tokoferol pada kacang almond sebanyak 6,6 mg per ons dan biji bunga matahari mencapai 7,4 mg per ons. Sementara biji bunga matahari yang telah dijadikan minyak mengandung alpha tocopherol mencapai 5,6 mg setiap satu sendok makan.

Aturan dalam Mengkonsumsi Vitamin E

Vitamin E yang sangat baik untuk tubuh harus dikonsumsi dalam dosis yang tepat dan tidak berlebih. Untuk menentukan dosis konsumsi yang tepat, harus disesuaikan dengan kondisi tubuh seseorang maupun usia orang tersebut. Konsumsi alpha tokoferol untuk mereka yang mengalami masalah defisiensi vitamin ini adalah mencapai 40 hingga 50 mg. Konsumsi dosis ini secara rutin setiap hari bagi orang dewasa.

Kelompok orang yang membutuhkan alpha tokoferol sangat tinggi adalah penderita Cystic fibrosis. Cystic fibrosis adalah penyakit genetik yang menyebabkan terbentuknya lendir lengket dan kental di dalam tubuh. Karena seorang penderita Cystic fibrosis rentan terinfeksi penyakit menular, maka penderita kelompok anak-anak harus mengkonsumsi alpha tokoferol sebanyak 50 – 200 mg, sementara dewasa sebanyak 100 – 200 mg.

Sementara dosis untuk anak-anak yang juga mengalami masalah defisiensi alpha tokoferol adalah mencapai 2 hingga 20 mg yang dihitung per kg berat badan mereka. Konsumsi vitamin ini hanya sebanyak satu kali saja setiap harinya. Jumlah dosis alpha tokoferol yang harus dikonsumsi bagi mereka yang sehat didasarkan terhadap usia orang tersebut.

Jumlah kebutuhan seorang wanita yang tengah menyusui terhadap alpha tokoferol lebih tinggi yaitu mencapai 19 mg dari AKG harian. Sementara bagi wanita yang tengah hamil maka kebutuhan alpha tokoferol hariannya adalah 15 mg berdasarkan AKG. Bagi anak kecil pada usia 0 sampai 6 bulan, kebutuhan alpha tokoperolnya adalah 4 mg AKG setiap harinya.

Setiap tahapan usia si anak akan membutuhkan tambahan alpha tokoferol secara bertahap 1 mg. Pada orang dewasa tanpa kebutuhan khusus, maka asupan ideal alpha tokoferol harian adalah 15 mg.

Fungsi Vitamin E Bagi Kesehatan Tubuh

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan mengkonsumsi alpha tokoferol secara maksimal seperti berikut:

1. Sumber Antioksidan

Vitamin alpha tokoferol memang sudah luas dikenal sebagai sumber antioksidan yang baik untuk tubuh. Konsumsi vitamin ini mampu menghindarkan seseorang dari sumber penyakit. Hal ini karena antioksidan memiliki kemampuan untuk menangkal serangan radikal bebas pada tubuh. Jumlah antioksidan secara tepat juga baik untuk mencegah penuaan dini karena kerusakan sel. Anda dapat memperoleh kandungan vitamin E dari Frozen Collagen 2 in 1 Powder Drink (Rp87.134) sebagai suplemen yang dapat menangkal radikal bebas sumber penyakit jahat.

– – – – – –Editorial Pick– – – – – –
Vitamin B6 HCl: Sumber Terbaik, Kegunaan, dan Dosisnya
Peran Extract Huperzine A untuk Meningkatkan Daya Ingat
Jenis Makanan Mengandung Betakaroten Tinggi
Konsumsi makanan mengandung zat besi untuk Tubuh Lebih Sehat
Manfaat Putih Telur untuk Kesehatan Tubuh
Pentingnya manfaat Elektrolit Chloride bagi Tubuh
7 Buah dengan Kandungan Vitamin C Tinggi

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Konsumsi alpha tokoferol juga sangat baik untuk menunjang kesehatan jantung. Vitamin E merupakan salah satu vitamin yang digunakan untuk menjaga lemak agar tidak teroksidasi, selain itu vitamin E juga terkandung dalam makanan dengan kandungan asam omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung.

3. Memperbaiki Kesehatan Mata

Konsumsi alpha tokoferol juga sangat baik untuk menunjang kesehatan organ mata. Konsumsi secara rutin dalam jangka waktu lama sangat baik untuk memperbaiki kesehatan mata. Hal ini didasarkan oleh penelitian Universitas Qingdao.

Asisten Kesehatan Pribadi Hanya di Jovee

Anda tidak perlu bingung lagi mencari suplemen vitamin E karena kini telah hadir Jovee sebagai solusi tuntas untuk kesehatan Anda. Di aplikasi ini Anda juga bisa menemukan rekomendasi suplemen yang disesuaikan dengan kondisi tubuh, usia dan jenis kelamin. Dengan begitu rekomendasi akan sesuai dengan setiap individu.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

blackmores untuk kulit

Ini 6 Kandungan Blackmores untuk Kulit yang Perlu Kamu Tahu

Vitamin & Suplemen   20/05/2022
vitamin-caviplex

Mengenal Vitamin Caviplex: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Vitamin & Suplemen   04/05/2022
info-pengiriman-2022

Info Pengiriman Pesanan Selama Lebaran 2022

Vitamin & Suplemen   29/04/2022
vitamin-untuk-daya-tahan-tubuh-saat-puasa

7 Rekomendasi Vitamin Terbaik untuk Daya Tahan Tubuh Saat Puasa

Vitamin & Suplemen   28/03/2022
vitamin-puasa

11 Rekomendasi Vitamin untuk Puasa agar Tetap Sehat & Kuat

Vitamin & Suplemen   24/03/2022