fbpx
BerandaKesehatan LainnyaHari Ginjal Sedunia dan Berbagai Penyakit Ginjal

Tiap Kamis kedua di bulan Maret, dunia memperingati Hari Ginjal Sedunia guna meningkatkan kepedulian dan kesadaran akan pentingnya kesehatan ginjal serta menurunkan angka penderita penyakit ginjal. Kenali lebih mendalam seputar gejala penyakit ginjal dan cara penanganannya serta bagaimana Hari Ginjal ini lahir. 

Sejarah Hari Ginjal Sedunia

Hari Ginjal Sedunia diperingati tiap Kamis kedua di bulan Maret. Peringatan ini dibentuk atas inisiasi International Society of Nephrology (ISN) dan International Federation of Kidney Foundations (IFKF) pada 2006. Pada tahun pertamanya pula, Hari Ginjal Sedunia diikuti hingga 66 negara dan jumlah tersebut naik menjadi 88 negara dalam kurun waktu 2 tahun. 

Sejak peringatan pertamanya hingga sekarang, Hari Ginjal Sedunia telah membawa banyak topik seputar sepasang organ tubuh penyaring darah tersebut. Peringatan pertamanya diangkat dengan tema “Are your kidneys OK?” sebagai langkah untuk lebih memahami betapa vitalnya organ ginjal. Peringatan ini juga telah berangkat dengan topik penyakit ginjal kronik, kaitan ginjal dengan jantung dan kontrol diabetes, hingga tindakan pencegahan dan deteksi dari penyakit ginjal. 

Pada tahun ini, tepat pada tanggal 11 Maret 2021, Hari Ginjal Sedunia mengangkat tema “Living Well with Kidney DIsease”. Tema ini membicarakan tantangan besar yang dihadapi oleh para pengidap penyakit ginjal dan bagaimana hal tersebut berdampak pada kegiatan sehari-hari mereka. 

Sekilas Tentang Ginjal dan Fungsinya

Kita mengenal ginjal sebagai sepasang organ dengan bentuk menyerupai biji kacang merah seukuran kepalan tangan. Keduanya terletak di bawah tulang rusuk, di samping tulang belakang. Ginjal yang sehat menyaring sekitar setengah cangkir darah tiap menitnya. Penyaringan tersebut dilakukan guna menyingkirkan zat sisa dan kelebihan air lewat urin. Dalam sehari, ginjal menyaring sekitar 142 liter darah yang beredar. Dari jumlah yang banyak tersebut, hanya sekitar 1 sampai 2 liter yang diproses menjadi urin.

Ginjal juga membuang asam yang dilepaskan oleh sel tubuh serta menjaga keseimbangan air, garam, dan mineral di dalam darah. Lewat peran tersebut, ginjal membuat saraf, otot, dan jaringan tubuh lainnya bekerja dengan optimal. Organ ini punya andil lainnya dalam mengontrol tekanan darah, membentuk sel darah merah, serta melindungi kesehatan dan kekuatan tulang.

Berbagai Penyakit Ginjal, Gejala, dan Perawatannya

Hari Ginjal Sedunia mengajak kita untuk lebih peduli dalam menjaga kesehatan ginjal kita. Di sisi lain, peringatan ini juga mencoba memunculkan kesadaran kita akan adanya penyakit ginjal dan bagaimana pentingnya usaha pengidap penyakit ginjal dan orang-orang di sekitarnya dalam menghadapi gangguan organ vital tersebut. 

Ada berbagai jenis penyakit yang terjadi karena adanya gangguan fungsi ginjal. Beberapa penyebab di antaranya adalah diabetes, hipertensi, serta kondisi kronis lainnya. Penyakit ginjal kronik, misalnya, dapat diakibatkan oleh tekanan darah tinggi. Masalah kesehatan bisa muncul bila seseorang mengidap penyakit ginjal, mulai dari malnutrisi sampai kerusakan tulang dan saraf. 

Berikut beberapa penyakit ginjal yang Tim Jovee rangkum dari berbagai sumber.

Batu Ginjal

Definisi: Batu ginjal adalah kondisi terbentuknya endapan keras seperti batu dari mineral dan garam di dalam ginjal. Umumnya, endapan batu itu terbuat dari urin yang terkonsentrasi sehingga mineral-mineral mengkristal dan menyatu. Penyakit ini dapat memengaruhi bagian-bagian saluran kemih. 

Faktor risiko seperti keturunan, dehidrasi, pola makan tinggi sodium, dan obesitas dapat menyebabkan batu ginjal. Sering kali penyakit ini timbul karena lebih dari satu faktor.

Gejala: Pada kebanyakan kasus, penyakit batu ginjal tidak menunjukkan gejala hingga endapan tersebut bergerak di dalam ginjal atau masuk ke dalam jalur ureter yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih. Jika batu ginjal tersendat di area ureter, urin yang ingin keluar akan terhambat sehingga ginjal membengkak dan memicu kejang pada ureter. Beberapa gejala mungkin timbul dari gangguan fungsi ginjal tersebut, di antaranya:

  • Rasa perih hebat di bagian samping belakang, di bawah tulang rusuk. 
  • Rasa sakit yang menjalar ke bawah perut dan selangkangan.
  • Rasa sakit yang datang dalam beberapa gelombang dan naik turun secara intens.
  • Sensasi terbakar saat buang air kecil.

Perawatan: Lazimnya, endapan batu ginjal tidak menimbulkan kerusakan permanen bila diagnosis cepat dilakukan. Namun, penyembuhan dengan cara mengeluarkan batu ginjal itu bisa sangat menyakitkan. Untuk memaksa batu ginjal keluar, tindakan seperti konsumsi obat-obatan dan minum banyak air perlu dilakukan. Jika kondisi serius terjadi, seperti batu ginjal yang tersendat di saluran kandung kemih, tindakan operasi mungkin dibutuhkan. 

Jika mengalami gejala-gejala penyakit batu ginjal, sebaiknya kamu langsung menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan ahli lebih lanjut. Pengetahuan seputar tipe-tipe batu ginjal (seperti tipe batu kalsium dan asam urat) dapat membantu dalam penanganan penyakit ini. Bila memungkinkan, kamu juga bisa menyimpan batu ginjal yang kamu keluarkan untuk dijadikan bahan analisis dokter nantinya. 

Penyakit Ginjal Kronik

Definisi: penyakit ginjal kronik, atau penyakit gagal ginjal kronis, adalah kondisi fungsi ginjal yang mengalami penurunan secara bertahap. Penyakit ini bisa dibilang penyakit “silent killer” karena penyakit ini muncul dan berkembang secara diam-diam tanpa disertai gejala. Perkembangannya pun bisa berlangsung dari beberapa bulan hingga tahun. 

Ada beberapa kondisi atau penyakit yang dapat menyebabkan penyakit ginjal kronik. Di antaranya adalah diabetes tipe 1 dan 2, glomerulonefritis (inflamasi pada unit penyaring di ginjal bernama glomerulus), dan infeksi ginjal berulang. Selain itu, penyakit hipertensi, penyakit kardiovaskular, obesitas, merokok, keturunan, dan umur tua bisa menjadi faktor yang menaikkan risiko penyakit ini. 

Gejala: Adapun beberapa gejala dari penyakit ginjal kronik adalah mual, muntah, nafsu makan hilang, letih, sulit tidur, perubahan intensitas kencing, hingga kedut dan keram otot. Tanda gejala penyakit ini sering kali tidak spesifik. 

Ginjal termasuk organ yang unik karena dapat beradaptasi dan mengimbangi fungsinya yang hilang. Tetapi, karena itu pula gejala gangguan fungsi ginjal ini bisa tidak terlihat hingga kerusakan permanen pun terjadi. 

Perawatan: Karena sifat penyakit ginjal kronik atau penyakit gagal ginjal kronis yang berkembang secara diam-diam, ada baiknya kamu melakukan pemeriksaan untuk mengetahui adanya tanda-tanda penyakit ginjal kronik. Diagnosis biasa dilakukan dengan melakukan tes darah, urin, scan ultrasound, dan biopsi ginjal. 

Perawatan penyakit serius ini dapat dilakukan dengan beberapa metode. Ada yang berupa obat untuk mengontrol komplikasi seperti anemia dan hipertensi, metode pengobatan regeneratif, hingga dialisis (pengeluaran zat sisa dari darah menggunakan alat) dan transplantasi ginjal. 

Dialisis maupun transplantasi dilakukan pada orang yang sepenuhnya atau hampir sepenuhnya menderita gagal ginjal stadium akhir. Jika opsi tindakan konservatif dilakukan ketimbang dua metode tersebut, seseorang bisa saja hanya punya harapan hidup beberapa bulan jika ia menderita gagal ginjal stadium akhir. 

Infeksi Saluran Kemih

Definisi: Kondisi ini terjadi ketika sistem saluran kencing terserang infeksi, entah itu ginjal, kandung kemih, atau uretra yang menghubungkan keduanya. Walau kebanyakan kasus infeksi terjadi pada kandung kemih dan uretra, masalah serius seperti gagal ginjal bisa muncul jika infeksi telah menyebar ke organ ginjal. 

Infeksi saluran kemih disebabkan bakteri yang masuk ke saluran kemih melalui uretra dan kemudian berkembang di kandung kemih. Penyakit ini lebih berisiko menyerang perempuan karena anatomi tubuhnya, di mana jarak uretra ke anus dan bukaan uretra ke kandung kemih lebih dekat sehingga bakteri bisa mudah masuk dan menyebabkan infeksi kandung kemih (sistitis). Hal tersebut juga serupa pada infeksi uretra (uretritis), di mana uretra perempuan dekat dengan vagina sehingga bakteri lebih mudah menyebar. 

Gejala: Gejala yang dapat terjadi pada infeksi kandung kemih dan uretra adalah adanya sensasi tekanan di panggul, ketidaknyamanan perut bawah, nyeri saat kencing, darah di urin, serta rasa terbakar saat kencing dan keluarnya cairan asing. Pada infeksi ginjal, kemungkinan gejala bisa berupa nyeri di sekitar bagian atas belakang dan samping, demam tinggi, mual dan muntah, serta menggigil. 

Perawatan: Dalam diagnosis infeksi saluran kemih, pemeriksaan pada sampel urin, analisis lab, pemindaian, dan sistoskopi mungkin dilakukan. Adapun dalam hal perawatan, dokter dapat memberikan antibiotik sebagai cara pertama penanganan penyakit ini. Pada kondisi serius, penanganan antibiotik intravena (pemberian antibiotik langsung ke pembuluh darah) mungkin dilakukan. 

Gagal Ginjal Akut

Penyakit gagal ginjal akut dapat terjadi ketika ginjal telah kehilangan kemampuannya dalam menyaring zat buangan dari darah. Hal ini berbahaya karena zat buangan dapat terkumpul dan susunan kimia darah bisa tidak seimbang. Gagal ginjal akut dapat berkembang dalam waktu singkat, umumnya dalam beberapa hari. Kasus penyakit ini lebih sering dijumpai pada pasien rawat inap yang membutuhkan perawatan intensif.

Penyebab dari penyakit ini bisa berasal dari ginjal yang rusak, kondisi yang memperlambat aliran darah ke ginjal, atau terhalangnya ureter. Penyakit seperti serangan jantung, gagal hati, dan dehidrasi parah bisa pula menjadi pemicunya. 

Gejala: orang yang terkena penyakit gagal ginjal akut bisa mengalami gejala berupa penurunan pengeluaran urin, mual, retensi atau kelebihan cairan yang menyebabkan kaki bengkak, badan letih, dan detak jantung tidak beraturan. 

Perawatan: Pemeriksaan untuk diagnosa penyakit gagal ginjal akut dilakukan dengan menggunakan tes perhitungan intensitas kencing, tes urin, tes darah, pemindaian, dan pengambilan sampel jaringan ginjal. 

Adapun perawatan untuk penyakit ini didasarkan pada penyebabnya. Dokter juga akan melakukan tindakan pencegahan dari komplikasi yang dapat terjadi. Tindakan bisa berupa pemberian cairan IV, resep obat, hingga dialisis. 

Itulah informasi seputar Hari Ginjal Sedunia dan fungsi serta penyakit yang dapat menyerang organ vital tersebut. Sudah menjadi keharusan bagi kita untuk merawat ginjal dan organ tubuh lainnya agar terhindar dari penyakit-penyakit serius. Terapkanlah gaya hidup yang sehat dan hindari kebiasaan yang dapat memicu kerusakan ginjal, seperti merokok, kurang minum, dan makan makanan yang tidak sehat. 

Jika perlu, kamu bisa mengonsumsi suplemen untuk kesehatan ginjal dari brand terkenal dan paket personal Jovee seperti Liver Help – Omega, Mulltivitamin & Mineral – Menjaga Kesehatan Hati (Rp378.000). Selain menjaga liver, paket vitamin ini juga dapat membantu memaksimalkan fungsi kerja ginjal.

Download aplikasi Jovee atau konsultasikan dengan nutrisionis untuk mendapatkan rekomendasi vitamin sesuai kebutuhanmu, tentunya dengan keaslian dan harga murah yang terjamin. 

Baca juga:

17 Makanan Harus Dihindari agar Ginjal Sehat

Inilah Manfaat Kalium bagi Tubuh dan Bahaya Defisiensinya

8 Kebiasaan Buruk yang Dapat Mempengaruhi Kesehatanmu

 

Bahagia dan Sehat Bareng Jovee

Ingin gaya hidup sehat dengan suplemen yang cocok denganmu? Unduh aplikasi Jovee di Play Store atau App Store dan dapatkan vitamin personalmu! Dengan Jovee, kamu juga bisa melihat rekomendasi suplemen dari tim nutrisionis Jovee. Temukan berbagai vitamin asli dan terbaik, dari A ke Z(inc), hanya di Jovee.

Penulis: Arofah Hafizh A.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Telinga Bengkak

Mempelajari Penyebab Dan Cara Mengatasi Telinga Bengkak

Kesehatan Lainnya   24/09/2021
Jari tangan bengkak

Beberapa Penyebab Jari Tangan Bengkak

Kesehatan Lainnya   24/09/2021
Langit langit mulut bengkak

Penyebab Langit-Langit Mulut Bengkak Dan Cara Mengatasinya

Kesehatan Lainnya   20/09/2021
cara-meluruskan-rambut-keriting

Beberapa Cara Meluruskan Rambut Keriting

Kesehatan Lainnya   06/09/2021
manfaat-minyak-tawon

Manfaat Minyak Tawon untuk Atasi Keluhan Kesehatan

Kesehatan Lainnya   30/08/2021