fbpx
BerandaMakanan SehatHari Vegetarian Sedunia: Yuk, Kenali Apa Itu Vegetarian!

Hari Vegetarian Sedunia diperingati pada tanggal 1 Oktober setiap tahunnya. Perayaan Hari Vegetarian Sedunia ini ditujukan untuk meningkatkan dan memupuk kesadaran akan manfaat dari makan tanpa daging.

hari-vegetarian-sedunia

Diharapkan, dengan adanya perayaan ini semakin banyak orang-orang yang beralih ke gaya hidup sehat dan ramah lingkungan, mengingat pola makan vegetarian ditemukan bermanfaat bagi kesehatan, menyelamatkan nyawa hewan, dan membantu melestarikan bumi.

Namun, tahukah kamu? Vegetarian dan vegan ternyata dua hal yang berbeda loh Jovians! Apa sih perbedaannya, dan bagaimana awal mula diadakannya perayaan tahunan ini? Baca uraian lengkap dari Jovee berikut ini yuk!

Sejarah

Hari Vegetarian Sedunia pertama kali diadakan pada tahun 1977, oleh masyarakat vegetarian Amerika Utara (NAVS) dan disahkan oleh Persatuan Vegetarian Internasional pada tahun 1978 untuk membantu mempromosikan cara hidup vegetarian sekaligus mendidik masyarakat tentang manfaat dari tidak konsumsi daging.

Semenjak itu, bulan Oktober dirayakan sebagai bulan kesadaran vegetarian, dengan perayaan yang dilaksanakan pada tanggal 1 Oktober tiap tahunnya.

Pada Hari Vegetarian Sedunia, kita merayakan semua hal yang baik dari menjadi seorang vegetarian. Bahkan, kamu juga dapat merayakan Hari Vegetarian meski kamu bukan seorang vegetarian loh!

Kamu bisa mencoba makanan vegetarian seperti burger hingga pizza vegetarian khusus hari ini, ataupun berbelanja di pasar sayur lokal. Faktanya, cara makan vegetarian ini banyak melibatkan hal baik untuk kesehatan, karena dapat membantu menurunkan berbagai risiko penyakit seperti jantung dan kolesterol.

Apa itu vegetarian?

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan vegetarian? Menurut Vegetarian Society, seorang vegetarian adalah individu yang tidak mengonsumsi jenis daging apa pun, termasuk ayam, seafood, sapi, maupun produk lainnya yang diproduksi dari penyembelihan hewan.

Pola makan vegetarian biasanya merupakan gabungan dari berbagai macam buah, sayuran, kacang-kacangan, hingga biji-bijian. Sementara, susu, madu, dan telur dikonsumsi tergantung dari tipe vegetarian yang dianut.

Dilansir dari Healthline, ada berbagai macam tipe vegetarian, yang meliputi:

  • Lacto-ovo vegetarian. Vegetarian yang menghindari semua daging hewan, tetapi mengonsumsi produk susu dan telur
  • Lacto vegetarian. Vegetarian yang menghindari daging dan telur hewani, tetapi mengonsumsi produk susu
  • Flexitarian/semivegetarian. Individu yang masih mengkonsumsi daging sesekali (satu minggu sekali), atau menghindari daging merah namun mengkonsumsi daging putih.
  • Vegan. Vegetarian yang menghindari semua produk hewani dan turunannya.

Individu yang tidak konsumsi daging atau unggas tetapi konsumsi ikan dianggap pescatarian. Meskipun begitu, secara teknis sebenarnya pescatarian tidak termasuk ke dalam definisi vegetarian karena masih memakan daging hewan.

Perbedaan vegetarian dan vegan

Sebenarnya, vegan dan vegetarian adalah kedua hal yang sama. Hanya saja, vegan merupakan jenis vegetarian yang paling ketat. Menurut Vegan Society, vegan adalah cara hidup yang berusaha untuk menyingkirkan segala bentuk eksploitasi dan kekejaman terhadap hewan sebanyak mungkin.

Sehingga, seorang vegan tidak hanya menghindari konsumsi daging, tetapi juga produk susu, telur, dan segala macam bahan makanan yang berasal dari hewan, termasuk:

  • Gelatin
  • Madu
  • Pepsin
  • Beberapa bentuk dari vitamin D3

Vegetarian menentang membunuh hewan untuk dimakan, tetapi umumnya tetap mengonsumsi produk sampingan yang berasal dari hewan seperti susu dan telur selama hewan diternak dalam kondisi yang memadai.

Di sisi lain, vegan percaya bahwa hewan memiliki hak untuk bebas dari kebutuhan manusia, baik makanan, pakaian, ilmu pengetahuan, atau hiburan. Dengan begitu, mereka berusaha menghindari segala produk yang berasal dari hewan, terlepas dari kondisi di mana hewan diternakkan atau ditempatkan.

Bagaimana vegetarian dapat mempengaruhi kesehatan?

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics dan berbagai studi,baik vegetarian maupun vegan dianggap baik untuk kesehatan selama pola makan tersebut direncanakan dengan baik.

Pola makan ini juga telah terbukti dapat meningkatkan kualitas hidup serta tidur, menurunkan kejadian penyakit kronis, kecemasan, depresi, bahkan penyakit autoimun.

Baik vegetarian maupun vegan akan memiliki asupan beberapa nutrien yang lebih rendah seperti vitamin B12 (yang hanya dapat diperoleh dari makanan hewani), vitamin D, zat besi , zinc, Kalsium, iodine, omega-3, dan beberapa jenis protein. Namun, penelitian menunjukkan bahwa vegetarian cenderung mengonsumsi sedikit lebih banyak kalsium dan vitamin B12 daripada vegan.

Sehingga, baik vegetarian maupun vegan harus memberi perhatian khusus pada strategi nutrisi untuk meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan nabati. Mungkin asupan nutrisi dari suplemen juga diperlukan, terutama nutrisi seperti omega 3 serta vitamin D dan vitamin B12.

Dengan begitu, baik vegetarian maupun vegan dapat dianggap sebagai pilihan pola makan yang sehat, selama direncanakan dengan baik agar tidak menyebabkan kekurangan nutrisi.

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Baca juga: Cara Melakukan Diet Vegan yang Fleksibel

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

buah-jujube-adalah

Buah Jujube, Buah Merah Kaya Manfaat untuk Kesehatan

Makanan Sehat   17/11/2022
manfaat-sirih-cina

6 Manfaat Sirih Cina untuk Kesehatan

Makanan Sehat   15/11/2022
contoh-makanan-vegetarian

7 Contoh Makanan Vegetarian untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Makanan Sehat   04/10/2022
manfaat-temu-ireng

7 Manfaat Temu Ireng untuk Kesehatan

Makanan Sehat   30/06/2022
manfaat-daun-salam

Ketahui 10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Makanan Sehat   12/06/2022